Pengaruh Diskon dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Adinda Putri Agustianti

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Diskon terhadap Keputusan Pembelian, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian, dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Diskon dan Impulse Buying terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee baik secara parsial maupun simultan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sebanyak 4.562 orang dari tahun 2015-2018 yang masih aktif sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan berjumlah 98 orang dengan menggunakan Teknik accidental sampling atau sampel kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 22.00. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara Parsial Diskon berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan Impulse Buying ada pengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Secara Simultan Diskon dan Impulse Buying berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian sehingga terdapat pengaruh signifikan antara diskon dan impulse buying dengan keputusan pembelian.

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Diskon, Impulse Buying


Full Text:

PDF

References


Amanto, O., Hamzah, M. I., & Rapani, A. (2016). Pengaruh Biaya Direct Marketing, Biaya Personal Selling, dan Biaya Pemberian Diskon Terhadap Nilai Penjual Pada PT. Trijaya Makmur Cemerlang. Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 11(1), 1-18.

Antonia, W., & Lutfie, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan Electronic Word of Mouth Melalui Media Beauty Vlog Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik La Tulipe Cosmetiques Pada Tahun 2018. e- Proceeding of Applied Science, 4(2), 1-8.

Dewi, I. K., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan bisnis Online (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013/2014 Konsumen Traveloka). Jurnal administrasi bisnis, 56(1), 155-163.

Faridha, A. (2016). Pengaruh Promosi, Diskon, dan Impulse buying Terhadap Keputusan Pembelian Hypermarket PTC Surabaya . Jurnal ilmu dan riset Manajemen, 5(7), 1-15.

Fatimah, M. H. (2017). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying (Studi kasus pada konsumen Janu Putra Swalayan di Yogyakarta). 1(1), 1-20.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: UMSU PRESS.

Kacen, J. J., & Lee, J. A. (2002). The Influence of Culture on Consumer Impulsive Buying Behavior. Jurnal Of Consumer Psychology, 12(2), 163176.

Kosyu, D. A., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal administrasi bisnis, 14(2), 1-7.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principle of Marketing. Pearson Education. England: Prentice hall.

Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2), 1-11.

Maruf, B. (2006). Manajemen Ritel. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2013). Kualitas Produk, Strategi Promosi dan harga Pengauhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel di Kota Manado. jurnal EMBA, 1(4), 2336-2346.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Putra, E. W., & Kumadji, S. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2), 184-193.

Putri, Y. T., & Edwar, M. (2015). Pengaruh Bonus Pack dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Giant Hypermaket Diponegoro Surabaya. Jurnal pendidikan tata niaga, 3(2), 1-7.

Ratnasari, V. A., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value (Survei Pada Konsumen Hypermart Malang Town Square). Jurnal adinistrasi bisnis, 1(1), 1-5.

Remaja Rosdakarya.

Saladin, D. (2003). Manejemen Pemasaran "Analisa, Perencanaan, Pe;aksanaan dan Pengendalian". Bandung: Linda karya.

Sani, F. (2016). Metodelogi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish.

Satyo & Suprihhadi (2013). Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk dan Layanan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Garmen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 2(8), 1-19.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kulitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2001). Manajemen Pemasaran Di Indonesi. Jakarta: Salemba Empat.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.

Temaja, I. K., Rahanatha, G. B., & Yasa, N. N. (2015). Pengaruh Fashion Involvement, Atmosfer Toko dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying PAda Matahari Departement Store di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(6), 1466-1482.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Tanjung, B. N. (2021). Management Citizenship Education in Elementary Schools The forerunner of the Community in Facing the Challenges of Smart Cities. Indonesian Journal of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 2(2), 13-18.

Iskandar, D., & Yusnandar, W. (2021, August). Peranan Kinerja Karyawan: Berpengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 99-110).

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 1-19.

Arda, M., Andriany, D., & Manurung, Y. H. (2021, October). Peningkatan Kapasitas Entrepreneurship Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Tenant. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 8-15).

Firman, D., & Harahap, E. J. (2021, November). STUDI RETURN ON ASSETS: PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, CURRENT RATIO DAN GROSS PROFIT MARGIN. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Chandra, D. S. (2022). Determinan Kinerja Karyawan Bank Swasta Di Kota Medan. Balance Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 1(1), 31-42.

Hasanah, U., & Kurnia, E. (2020, January). Marketing Strategy By Rice Craps As A Culinary Tourism In Digital Era In Economic Development Creative Based Local Wisdom. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 51-54).

Febriaty, H., Rahayu, S. E., & Nasution, E. Y. (2022). Peran Inklusi Keuangan dalam Mengatasi Ketimpangan Pendapatan di Indonesia. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 125-135.

Astuty, W., Anindya, D. A., Ovami, D. C., & Pasaribu, F. (2022). THE IMPACT OF DUE PROFESSIONAL CARE, TIME BUDGET PRESSURE AND DYSFUNCTIONAL BEHAVIOR ON AUDIT QUALITY. Academy of Entrepreneurship Journal, 28(1), 1-10.

Rambe, M. F., & Anisah, N. (2022, March). CURRENT RATIO, QUICK RATIO, DEBT TO ASET RASIO AND DEBT TO EQUITY RATIO TO RETUR ON EQUITY IN FOOD AND BEVERAGE COMPANIES LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 3, No. 1, pp. 522-540).

Tanjung, H., Handoko, Y., Tanjung, I. S., & Yuniarsa, S. O. (2022, March). CREATIVITY AND INNOVATION IN SMALL BUSINESS: A DIGITAL SYSTEM LITERATURE REVIEW WITH ROUND MAP NEW NORMAL. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 3, No. 1, pp. 795-802).

Sitepu, J. H., Khair, H., & Pasaribu, F. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen EDC (Electronic Data Capture) Yokke yang Dimediasi Oleh Keputusan Pembelian(Studi Kasus Pengguna EDC Yokke PT. Mitra Transaksi Indonesia). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(1), 200-214.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Adinda Putri Agustianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats