Analisis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Makanan Cepat Saji Pada Market Place Grab-Food dan Go-Food di Kota Medan Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19

Mutia Hilda Hasibuan

Abstract


Pandemi Corona Virus Disease atau lebih dikenal dengan istilah Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga telah menimbulkan economic shock yang salah satunya berpengaruh terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya makanan cepat saji. Perkembangan ekonomi digital turut berpengaruh terhadap kegiatan perekonomian saat ini yaitu adanya aplikasi marketplace seperti Gojek dengan fitur Go-food dan Grab dengan fitur Grab-food yang memiliki hubungan erat dengan perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) makanan cepat saji khususnya pada saat pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Usaha Kecil Menengah (UKM) makanan cepat saji yang terdapat di marketplace Grab-food dan Go-food sebelum dan saat pandemic Covid-19 di Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui bagaimana variable harga promosi dan minat beli yang dapat mempengaruhi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga dapat memperoleh pendapatan (omset) sedangkan metode penelitian komparatif digunakan untuk menguji kebenaran adanya perbedaan pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebelum dan selama pandemic Covid-19. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat perbedaan pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) makanan cepat saji yang bermitra dengan marketplace sebelum dan selama pandemi Covid-19 di Kota Medan.

Kata Kunci: Usaha Kecil Mikro Menengah, Pandemi Covid-19, Go-food, Grab-food


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2020). DampakPandemi Covid-19 Bagi UMKM Serta Strategi E-Marketing UMKM Di Indonesia (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Anggar, K. P., & Sugiono, S. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Konsumen di Kota Semarang). (Doctoral dissertation, FakultasEkonomikadanBisnis).

Atmanti, H. D. (2017). Kajian Teori Pemikiran Ekonomi Mazhab Klasik dan Relevansinya pada Perekonomian Indonesia. JEB17: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(02).

Bismala, L., Handayani, S., &Andriany, D. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah. Bandung : AQLI.

Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., &Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pancemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4), 275-282.

Djaslim, S., &Yevis, M. O. (2002). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran , (Ce-takanKedua). Bandung: Penerbit Linda Karya.

Faruq, U. A., &Mulyanto, E. (2017). Sejarah Teori Teori Ekonomi. Jakarta : Erlangga.

Febriaty, H., & Winda, W. T. A. (2022). Pelestarian Lingkungan Dengan Penanaman Tumbuhan Dan Pembuatan Tempat Sampah Dari Bahan Daur Ulang Di Desa Medang Kabupaten Batu Bara. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 3(1), 124-135.

Firdaus, S. A., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., &Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untukMeningkatkanPerekonomianselamaPandemi Covid-19 padasaat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46-62.

Hafni, R., Hanum, Z., & Hasibuan, L. S. (2022, March). Strategy for Utilizing Quantity Method Software in the Development of Operations Research Course with Realistic Mathematics Educations Approach. In 7th Sriwijaya Economics, Accounting, and Business Conference (SEABC 2021) (pp. 205-210). Atlantis Press.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid19 terhadap Prekonomian Indone-sia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146-153.

Hasibuan, L. S., Handayani, S., & Bismala, L. (2022). ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN PELAKU UKM. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 86-93.

Hasibuan, L. S., Hariani, P., & Pratiwi, A. S. (2021). Poverty Development Post Fiscal Decentralization Policy In Otsus Fund Receiving Province In Indonesia (Case Study: Province Of Papua, West Papua, And Aceh). International Journal of Economic, Technology and Social Sciences (Injects), 2(2), 562-574.

Jazirah Ekonomi (2017). Teori Jean Baptiste Say. http://jazirahekonomi.blogspot.com/2017/08/teori-jean-baptiste-say-1767-1832.html. Diakses 13 Juni 2021 .

Jufrizen, J., Mukmin, M., Nurmala, D., & Jasin, H. (2021). Effect of Moderation of Work Motivation on the Influence of Organizational Culture On Organizational Commitment and Employee Performance. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(2), 86-98.

Kompasiana (2017). Mengenal Tentang Makanan Siap Saji https://www.kompasiana.com/irfaan23/54f92c3ba3331135028b4a19/mengenaltentang-makanan-siap-saji-fast-food. Diakses 06 juni 2021.

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021, November). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Micha?owska, M., Kotylak, S., &Danielak, W. (2015). Forming relationships on the e-commerce market as a basis to build loyalty and create value for the customer. Empirical findings. Management, 19(1), 57-72.

Nasution, S. M. A., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Efek Mediasi Customer Engagement pada Pengaruh Brand Performance Terhadap Repeat Purchase Pengguna Sepeda Motor Yamaha di Kota Medan. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum, 4(2), 11-22.

Pindyck, Robert S dan Daniel L Rubinfeld. (2001). Microeconomics. New York : Prentice Hall

Purnomo, A. S. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Ayam Uleg Cak Abit Kota Malang Melalui Aplikasi GrabFood (Doctoral dissertation, UniversitasBrawijaya).

Rahayu, S. E., & Febriaty, H. (2020). Analysis of the Development of Indonesian Palm Oil (cpo) Export Before and After Traders of the United States of America-China. International Journal of Economic, Technology and Social Sciences (Injects), 1(1), 106-116.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. JURNAL LENTERA BISNIS, 9(2), 109-120.

Sabrina, R. (2021, October). Bertahan Di Tengah Badai Pandemi Covid-19 Dengan Rehabilitasi Mangrove Dan Pemanfaatan Ekonominya. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Simamora, B. (2007). Panduan Riset Dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Swastha, B., &Handoko, T. H. (2005). Manajemen Pemasaran Modern . Yogyakarta : Liberty.

Tirtayasa, S., Khair, H., & Januri, J. (2021). Peran Teknologi Di Dalam Memoderasi Pengaruh Internal Networking Terhadap Kinerja Usaha Industri Kecil dan Menengah Pada Saat Pendemi Covid-19. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(1), 57-63.

Wardani, D. A. K. (2020). Strategi Penjualan Online Bagi Pelaku Usaha Pasca Pandemi Covid-19 (Universitas Atma Jaya Yogyakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mutia Hilda Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats