Tanggapan Pedagang Pasar Tradisional MMTC Medan Terhadap Penjualan Secara Dalam Jaringan (Online) Dalam Meningkatkan Pendapatan di Era Pandemi

Ketry Setya Wardani

Abstract


Di zaman serba teknologi apalagi pada masa Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, sudah seharusnya masyarakat menyesuaikan diri agar dapat bertahan pada masa sulit akibat terbatasnya kegiatan dikarenakan pengaruh pembatasan sosial akibat dari pandemi. Pasar tradisional merupakan salah satu yang terkena imbas dari pandemi, dimana pedagang mengaku kesulitan dalam menjual barang dagangan dikarenakan pembeli yang datang berkurang sejak pemerintah mengimbau warga mengurangi aktivitas di luar rumah. Topik yang diangkat dalam penelitian ini adalah berdasarkan fenomena yang terjadi bahwasanya dengan berkurangnya pendapatan pedagang pasar tradisional, apakah pedagang tertarik untuk bergabung dengan marketplace dalam meningkatkan pendapatan mereka. Tujuan utama dari penelitian ini adalah melakukan analisa untuk mengetahui persepsi pedagang pasar tradisional MMTC terhadap marketplace dalam meningkatkan pendapatan dimasa pandemi. Data yang digunakan adalah data primer yaitu bersumber kuesioner dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pedagang pasar tradisional di pasar MMTC mau untuk bergabung di marketplace dengan alasan karena mereka percaya bahwa bergabung kedalam marketplace untuk meningkatkan pendapatan, mempertahankan usaha dimasa pandemi, memberikan kemudahan, dan menjadi solusi belanja yang aman di masa pandemi Covid-19.

Kata Kunci: Pasar Tradisional, Pedagang Pasar Tradisional, Marketplace


Full Text:

PDF

References


Amanusa, A.K., dkk. 2015. Pengaruh Kemudahan serta Kualitas Informasi Terhadap Minat dan Penggunaan Situs Jual Beli Online (Studi Pada Pegguna Situs Jual Beli Berniaga.Com). Jurnal Administrasi Bisnis. 3(1). 1-8

Arsyad, Lincolin. 1999. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. (1st ed.). Yogyakarta: BPFE-UGM.

Az. Nasution, Revolusi Teknologi Dalam Transaksi Bisnis Melalui Internet, (Jurnal Keadilan Volume I No.3 September 2001), hal 28.

Badan Pusat Statistik Kota Medan. Kota Medan Dalam Angka 2021

Badan Pusat Statistik, Indonesia. 2020

Dedi Mulyana. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar

Febriaty, H., Rahayu, S. E., & Nasution, E. Y. (2021, March). PENGARUH INKLUSI KEUANGAN PADA ERA DIGITAL ECONOMI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA. In Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora) (pp. 223-234).

Gultom, D. K., Arif, M., Azhar, M. E., & Mukmin, M. (2021). Peran Mediasi Brand Satisfaction Pada Pengaruh Self Congruity Terhadap Brand Loyalty. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 72-85.

Hafni, R., Hanum, Z., & Hasibuan, L. S. (2021, November). Students Perceptions of Operations Research Learning During the Covid-19 Pandemic with Realistic Mathematics Educations Approach. In Journal of International Conference Proceedings (JICP) (Vol. 4, No. 2, pp. 465-473).

Handoko, Dwi. 2019. Analisis Dampak Relokasi Pasar terhadap Pendapatan Pedagang Buah di Pasar Raya MMTC.

Hasibuan, L. S., Hariani, P., & Pratiwi, A. S. (2021). Poverty Development Post Fiscal Decentralization Policy In Otsus Fund Receiving Province In Indonesia (Case Study: Province Of Papua, West Papua, And Aceh). International Journal of Economic, Technology and Social Sciences (Injects), 2(2), 562-574.

Hasibuan, Nurmansyah. 1993. Ekonomi Industri: Persaingan, Monopoli, dan Regulasi. Jakarta: LP3ES.

Indonesia, Undang-Undang Perdagangan, UU No. 7 tahun 2014, LN No. 45 Tahun 2014, TLN No. 5512., Pasal 65 ayat (4)

Irfan, I., Muhyarsyah, M., Marpaung, A. P., & Liswanty, I. (2020). Reconstruction from the aspects of Islamic law in corporate zakat accounting. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 24(2), 139-147.

Januri, J. (2021). Global Prices of Crude Oil and the Stock Market Nexus in Indonesia. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(1), 551.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga

Kuncoro, Mudrajad, 2007. Ekonomika Industri Indonesia : Menuju Negara Industri Baru 2030. Yogyakarta: Andi Offset.

Leavitt Harold J. (1978). Psikologi Manajemen. (Edisi Ke Empat Alih Bahasa Oleh Muclichah Zarkasi). Jakarta : Erlangga

Lincolin Arsyad, Ekonomi Pembangunan, STIE YKPN, Yogyakarta, 1999, hlm. 12.

Mankiw, N. Gregory. 2006. Pengantar Teori Ekonomi Makro. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat

NASUTION, S. R., Sonhaji, S., & Azhar, M. (2021). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBATASAN MODA TRANSPORTASI OLEH PT GOJEK INDONESIA DALAM PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR DI KOTA MEDAN.-027 HAN 2021 (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Noeraini, A.A. 2015. Ekonomi Informal Di Indonesia, Suatu Tinjauan Pustaka. Jawa Barat.

Nurmalia, L, dkk. 2020. Upaya Meningkatkan Perekonomian Warga Durenseribu Depok dalam Menggunakan Aplikasi Wahatsapp Business. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ

P. Tommy, H. Dhyah. 2013. Modal Sosial Pengusaha Mikro dan Kecil Sektor Informal dan Hubungannya dengan Kinerja Bisnis di Wilayah Jawa Timur. Vol 1(3).

Rahman, A. Dewantara, R.Y. 2017. Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Jual Beli Z). Jurnal Administrasi Bisnis. 52 (1). 1-7

Robbins P, dkk. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks Gramedia

Sarlito W Sarwono . 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers

Satgas Covid-19, Indonesia. 2021

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sutrisni. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Penjualan Berbasis Online Di Bali. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis. Vol 5 No 2

Teguh, Muhammad. 2010. Ekonomi Industri. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tirtayasa, S., Akrim, A., Gunawan, A., Sulasmi, E., & Hastin, U. A. (2021). Significance of Economic Activities in Environmental Protection: Evidence from a Panel of 4-ASEAN Economies. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(2), 420.

Todaro, Pembangunan Ekonomi Di dunia Ketiga, Erlangga, Jakarta, 2000, hlm.44

Todaro, Smith. 2005. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Walgito, B. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Andi

Williams, Colin C. 2007. The Nature of Entrepreneurship in the Informal Sector : Evidence from England, Vol. 12, No. 2

Yolanda, A. 2014. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahaan, Persepsi Kenyamanan, dan Norma Subjektif terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce (E-commerce).1-20


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ketry Setya Wardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats