Dampak Analisa Anggaran Sebagai Alat Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah Pada Pemerintah Kota Medan

Sonia Novita Ahmad

Abstract


Penelitian yang dilakukan di Pemerintahan Kota Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis anggaran sebagai alat pengendalian retribusi daerah pada pemko medan. Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya realisasi pendapatan retribusi daerah tidak mencapai target anggaran yang telah ditetapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif, berupa hasil wawancara dan anggaran dan realisai retribusi daerah dari tahun 2015 sampai tahun 2019, teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan observasi ketempat penelitian untuk memperoleh data serta menganalisis data untuk menarik kesimpulan dan membandingkan masalah dengan teori-teori untuk mendukung masalah. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu anggaran pendapatan asli daerah terkhusus pada retribusi daerah Pemerintahan Kota Medan belum sesuai dengan Kepmendagri No. 690.900.327 tahun 1996. Untuk meningkatkan pengendalian retribusi daerah agar dapat efektif dalam pencapaian target retribusi daerah maka memberi saran agar Pemerintahan Kota Medan dapat mengambil tindakan konkrit terhadap penyimpangan yang terjadi, harus lebih selektif dalam menggali potensi retribusi daerah serta melakukan sosialisasi intensif kepada wajib retribusi.


Keywords


Anggaran, Pengendalian, Pendapatan Asli Daerah, Retribusi Daerah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. (2020). Pengaruh Likuiditas dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Makanan dan Minuman. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(1), 16-22.

Abdullah, I., & Nainggolan, E. P. (2019). Kualitas Laporan Keuangan Daerah Ditinjau Dari Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dan Tata Kelola Aset Daerah (Study Pada Kantor Badan Tata kelola Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(1), 118-126.

Ardila, I., & Fadhila, N. F. N. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderating. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

AZHAR, M. E., & JUFRIZEN, J. (2018). MODEL STRUKTURAL PENGEMBANGAN LOYALITAS WISATAWAN DI KAWASAN DANAU TOBA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Gultom, D. K., Arif, M., Azhar, M. E., & Mukmin, M. (2021). Peran Mediasi Brand Satisfaction Pada Pengaruh Self Congruity Terhadap Brand Loyalty. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 72-85.

Halim, A. (2012). Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. (4th ed.). Salemba Empat.

Hamdani, R., Rahimah, I., & Hafiz, M. S. (2020). Exploring the professionalism and dysfunctional behavior of public accountants on audit quality. Review of Integrative Business and Economics Research, 9, 9-19.

Hani, S. (2021). [Prosiding] MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENGUKUR. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Harahap, S. H., & Nurjannah, N. (2020). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Plastik Dan Kemasan Yang Terdaftardi Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(2), 234-246.

Lubis, H. Z., & Pulungan, P. R. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell Dengan Bantuan Media Video Dalam Pembelajaran Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 156-167.

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021, November). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Mujiatun, S., Jufrizen, J., & Ritonga, P. (2020). [JURNAL MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN] MODEL KELELAHAN EMOSIONAL: ANTASEDEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI DOSEN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Munandar, M. (2014). Budgeting (kedua). BPFE-YOGYAKARTA.

Nainggolan, E. P., & Abdullah, I. (2019). Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Bank Milik Pemerintah tahun 20152018. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 151-158.

Ritonga, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Pengantar Akuntansi dan Pemanfaatan Konten Dokumen dengan Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia sebagai Variabel intervening. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(3), 213-221.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen. Erlangga.

Sembiring, M. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Dagang Di Bursa Efek Indonesia. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(1), 59-68.

Sanjaya, S., & Sipahutar, R. P. (2019). Pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return on Asset pada Perusahaan Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 136-150.

Siahaan, M. (2016). Pajak Daerah Retribusi Daerah (Revisi 2). Rajagrafindo Persada.

Sinambela, E., & Saragih, F. (2018). Model Penyaluran Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah Bagi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Pada Baznas Sumatera Utara. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sipahutar, R. P., & Sanjaya, S. (2020). Pengaruh Current Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Restoran, Hotel Dan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 200-211.

Supriyono. (2000). Sistem Pengendalian Manajemen. BPFE.

Wahyudi, H., & Arditio, N. (2018). Pengaruh Tax Amnesty dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Realisasi Penerimaan Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 18(2), 100-111.

Zurriah, R., & Sembiring, M. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Praktek Manajemen Laba Rill. Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 6(2), 174-183.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sonia Novita Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats