Efektivitas Manajemen Dana Kelurahan Dalam Mewujudkan Good Governance Di Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai Kota Medan

Nurmala Zulaida

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengelolaan dana kelurahan di Kelurahan Denai apakah sudah menerapkan prinsip good governance dan apakah tahapan pengelolaan dana kelurahan di Kelurahan Denai sudah sesuai dengan Permendagri No.130 Tahun 2018, serta bagaimana sisa anggaran yang tidak terpakai dalam pengelolaan dana kelurahan di Kelurahan Denai pada tahun 2019 terebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, berupa hasil wawancara dan data pendukung laporan pengguna angaran kegiatan pembangunan sarana dan prasarana dan pemberdayaan masyarakat tahun 2019. Teknik analisis data yang digunakan dengan pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperolah yaitu dalam Pengelolaan Dana Kelurahan di Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai, Pemerintah Kelurahan sudah melaksanakan Pengelolaan Dana Kelurahan sesuai dengan prinsip Good Governance yaitu dimana pemerintah kelurahan melaksanakan transparansi kepada masyarakat kelurahan dalam pengelolaan dana kelurahan dan Akuntabilitas dalam mengelola dana kelurahan serta partisipatif dengan mengikut sertakan masyarakat dalam musrembang kelurahan. Adapun tahap-tahap pengelolaan dana keluranhan yang prosesnya cukup baik karena disesuaikan dengan Permendagri No.130 Tahun 2018 diantaranya yaitu tahap perencanaan dilihat dari transparansi pemerintah kelurahan dalam menyusun Renja dengan melibatkan LPM dan masyarakat melalui musrembang kelurahan di Kelurahan Denai, tahap pelaksanaan adanya transparansi pelaksanaan dalam pengelolaan dana kelurahan dimana pelaksanaan yang dilaksanakan juga usulan daei mayarakat, tahap penatausahaan pemerintah kelurahan tidak ada keterlambatan dalam pelaporan pertanggungjawaban, tahap pelaporan dalam pertanggungjawaban administrasi kelurahan selalu membuat laporan pertanggungjawaban tepat waktu dan tahap pertanggungjawaban karena sudah adanya pembagian tanggungjawab kepada setiap kelembagaan yang telah dibentuk di Kelurahan Denai dan kelembagaan tersebut berjalan sesuai tupoksinya. Dan sisa dari anggaran yang tidak terpakai menjadi SILPA yang akan diperhitungkan pada alokasi untuk Kegiatan tahun anggaran selanjutnya.

Keywords


Pengelolaan Dana Kelurahan, Good Governance

Full Text:

PDF

References


Alpi, M. F., & Batubara, S. S. (2021). Studi Profitabilitas: Antaseden dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 46-53.

Ammy, B., & Ramadhan, P. R. (2021). Determinan Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 103-110.

Azuar Juliandi, Irfan & Saprizal Manurung. (2014). Metode Penelitian Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU PRESS

Dwiyanto, Agus (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Eka Nurmala Sari, Heny Triastuti Kurnia Ningsih & Yuswar Effendy. (2015) Akuntansi sektor publik : suatu pengantar. Medan : Perdana Publishing

Fahmi, M., & Syahputra, M. R. (2019). Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan (Fraud). LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 24-36.

Hani, S. (2021). [TURNITIN] Entrepreneurs Understanding on MSME (Micro Small Medium Enterprises) on Concept of Sharia Financial Statements. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Harahap, S. H., & Nurjannah, N. (2020). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Plastik Dan Kemasan Yang Terdaftardi Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(2), 234-246.

Harahap, R. U., & Pulungan, K. A. (2019). Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Profesionalisme terhadap Salah Saji Material pada Kantor Akuntan Publik di Kota Medan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 183-199.

Harahap, S. H., & ALPI, M. F. (2018). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIDALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen

Irsan, M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan Daging Sapi (Studi Kasus: Pusat Pasar Kota Medan) (Doctoral dissertation).

Kalsum, U. (2021). Factors Affecting the Disclosure of Corporate Social Responsibility. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(2), 113-120.

Lesmana, S., & Lufriansyah, L. (2019). Pengaruh Sistem Pengendalian Akuntansi dan Pengendalian Dewan Pengawas Syariah Terhadap Kinerja Bank Syariah (Studi Empiris pada Bank Syariah Kantor Wilayah Sumatera Utara). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(1), 1-13.

Lubis, H. Z., Syahputri, D., Adelia, N. D., & Maherza, W. (2019, October). Tingkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Menabung Sejak Dini di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 194-199).

Lubis, H. Z., & Ismaya, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(3), 206-215.

LUFRIANSYAH, L., &SIREGAR, S. A. (2018). DUE PROFESSIONAL CARE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, DAN MOTIVASI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Prayogi, M. A., & Fahmi, M. (2021). Job Outcome: Job Involment, Job Characteristics Dan Work Engagement Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 121-139.

Pulungan, K. A., & Harahap, R. U. (2018). ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM PENANGGULANAN KEMISKINAN PADA PEMERINTAH KOTA TANJUNG BALAI. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sari, Eka Nurmala. (2021) Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Lobu Rampah Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Sembiring, K. F. (2020). Strategi Pemasaran Salak Pondoh (Salacca Edullis) CV Sinar Ponti (Doctoral dissertation).

Setiawan, Ade.(2019) Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Mewujudkan Good Governance.

SIREGAR, S. A., & LUFRIANSYAH, L. (2018). ANALISIS DETERMINAN PROFITABILITAS DI BURSA EFEK INDONESIA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurmala Zulaida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats