Dampak Analisis Manajemen Aset Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kabupaten Langkat

Annisa Rizky Nabila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengelolaan aset Barang Milik Negara (BMN) pada Madrasah Ibtidiyah Negeri (MIN) Kabupaten Langkat dalam melaksanakan pengelolaan aset sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yang bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang menekankan pada indikator aset yaitu: inventarisasi aset, legal audit, penilaian aset serta pengawasan dan pengendalian aset. Teknik pengumpulan data dengan data primer berupa observasi langsung ke lapangan dan data sekunder yang bersumber dari MIN Kabupaten Langkat melalui Satuan Kerja di Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Langkat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan manajemen aset di MIN Kabupaten Langkat telah dilakukan namun belum mencapai optimalisasi. Hal ini dikarenakan masih kurangnya sumber daya manusia dalam bidang pengelolaan aset untuk menjadi operator pada madrasah yang salah satu tugasnya menginventaris aset serta diselaraskan pada aplikasi SIMAK BMN sebagai indikator pengawasan dan pengendalian BMN.

Keywords


Manajemen Aset, Inventarisasi, Legal Audit, Penilaian Aset, Pengawasan dan Pengendalian.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. (2020). Pengaruh Likuiditas dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Makanan dan Minuman. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(1), 16-22.

Abdullah, I., & Nainggolan, E. P. (2018). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Motivasi Membayar Pajak Dengan Penerapan UU Tax Amnesty Sebagai Variabel Moderating Pada KANWIL DJP SUMUT I MEDAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 181-191.

Antoh, A. E. (2017). Pengaruh Manajemen Aset dalam Optimalisasi Aset Tetap (Tanah dan Bangunan) Pemerintah Daerah (Studi di Kabupaten Paniai). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1, 3747.

Ardila, I., & Fadhila, N. F. N. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderating. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Ardila, I., & Christiana, I. (2020). Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Sektor Kuliner Di Kecamatan Medan Denai. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(3), 158-167.

Asman, A., Akram, H., & Mataram, P. U. (n.d.). Faktor-faktor yang mempengaruhi optimalisasi pengelolaan aset tetap pada pemerintah daerah kabupaten sumbawa.

Halim, A. 2001. (2001). Jurnal Keuda Vol. 2 No. 3. Keuda, 2(3), 117.

Hani, S. (2021). [Prosiding] MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENGUKUR. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Hani, S. (2021). [MODUL] PETUNJUK DAN TATA CARPELAKSANAAN PAJAK RESTORAN. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Harahap, S. H., & Nurjannah, N. (2020). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Plastik Dan Kemasan Yang Terdaftardi Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(2), 234-246.

Harahap, S. H., & ALPI, M. F. (2018). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIDALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Hartati, S., Martini, R., & Winarko, H. (2019). Manajemen Aset Bagi Optimalisasi Pengelolaan Aset Tetap. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, Vol 3(1), Hal 40-51. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jrtap/issue/view/318

Lesmana, S., & Lufriansyah, L. (2019). Pengaruh Sistem Pengendalian Akuntansi dan Pengendalian Dewan Pengawas Syariah Terhadap Kinerja Bank Syariah (Studi Empiris pada Bank Syariah Kantor Wilayah Sumatera Utara). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(1), 1-13.

LUFRIANSYAH, L., &SIREGAR, S. A. (2018). DUE PROFESSIONAL CARE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, DAN MOTIVASI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Masyhuri. (2014). Dalam Laporan Barang Milik Negara Pada Stain Watampone Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri ( Uin ) Alauddin Makassar.

Mujiatun, S., Jufrizen, J., & Ritonga, P. (2020). [JURNAL MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN] MODEL KELELAHAN EMOSIONAL: ANTASEDEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI DOSEN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.Ningsih, S. S., & Saragih, F. (2020). Pemahaman wajib pajak pelaku UMKM mengenai Peraturan Pemerintah tentang PP No. 23 Tahun 2018 tentang Ketentuan Pajak UMKM. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(1), 38-44.

Ritonga, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Pengantar Akuntansi dan Pemanfaatan Konten Dokumen dengan Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia sebagai Variabel intervening. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(3), 213-221.

Sinambela, E., & Saragih, F. (2018). Model Penyaluran Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah Bagi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Pada Baznas Sumatera Utara. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sanjaya, S., & WAHYUDI, H. (2018). Peran Moderasi Kepemilikan Institusional Terhadap Determinan Return on Equity Di Bursa Efek Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Wahyudi, H., & SANJAYA, S. S. S. (2018). Efek Mediasi Kepatuhan Wajib Pajak Pada Pengaruh Pemahaman Dan Kesadaran WAjib Pajak Terhadap Keberhasilan Penerimaan Pajak Penghasilan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Zurriah, R. (2021). Pengaruh Free Cash Flow Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 21(1), 101-106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Annisa Rizky Nabila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats