Return On Equity Dan Return On Asset Terhadap Price Book Value Dengan Dividend Payout Ratio Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia

Maysita M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Return On Equity Dan Return On Asset Terhadap Price Book Value Dengan Dividend Payout Ratio Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan asosiatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 7 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji f), Koefisien Determinasi, Analisis Jalur dan Uji Moderasi Residual. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS (Statistic Package For the Social Sciences) versi 23,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial diketahui Return On Equity berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap price book value,secara parsial Return On Asset berpengaruh terhadap price book value. Dividend Payout Ratio memediasi pengaruh tetapi tidak signifikan pada pengaruh Return On Equity terhadap Price Book Value dan Dividend Payout Ratio mampu memediasi pengaruh pada pengaruh Return On Asset terhadap Price Book Value perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


Full Text:

PDF

References


BUKU

Fauzi, M., Gunawan, A., Julita, J., Parlindungan, R., & Kurniawan, D. (2015). Manajemen keuangan. Citapustaka Media.

Hani, S. (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan. UMSU PRESS.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. UMSU PRESS.

Kasmir, K. (2015). Analisis laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sinaga, S. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufatur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia. Universitas Sumatera Utara.

Situmeang, C. (2014). Manajemen Keuangan Internasional. Citaputaka Media Perintis.

Sudana, I. M. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penellitian Pendidikan. Alfabeta.

JURNAL

Erina, I. F., Tjandrakirana, R., & Ismail, I. (2015). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2009-2013). Jurnal Akuantikaa, 2(1), 5266.

Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019, October). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 128-137).

Khairani, Y. (2019). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013 -2017. Jurnal Bisnis Dan Akutansi, 3(2), 3358.

Mahendra, M. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(2), 130138.

Pertiwi, T. K. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahann Food and Beverage. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 03(01), 118128.

Radiman, R. (2018). Pengaruh Debt To Equity Ratio dan Debt To Asset Ratio terhadap Price Book Value dengan Return On Asset sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Finansial Bisnis, 2, 99110.

Radiman, R., & Wahyuni, S. F. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas (ROE) Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar di

Bursa Efek Indonesia 2013-2017. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 2(1), 7684.

Sari, M., & Jufrizen, J. (2019). Pengaruh Price Learning Ratio dan Return On Asset terhadap Price Book Value. Jurnal Kumpulan Riset Akuntansi, 10(2), 196203.

Wahyuni, S. F., Sanjaya, S., & Sari, M. (2019). Variabel anteseden dan Konsekuensi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Finansial Bisnis, 2(3), 111122.

Wahyuni, S. F., & Syahreza, M. H. (2018). Pengaruh CR, DER, dan ROA Terhadap DPR. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 1(2), 2534.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis [JIMEIS]




Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats