Dampak Laba Dan Arus Kas Akuntansi Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Konstruksi Dan Bangunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Yurki Prastika

Abstract


Permasalahan dalam penelitian Apakah ada pengaruh laba bersih dan arus kas terhadap harga saham pada perusahaan Konstruksi dan Bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk mengetahui pegaruh laba bersih dan arus kas terhadap haraga saham pada perusahaan Konstruksi dan Bangunan yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan konstruksi dan bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan selama empat tahun dan sebanyak delapan perusahaan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh secara simultan terhadap Nilai Perusahaan. Sementara pengujian secara parsial membuktikan variabel Laba Bersih tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham Perusahaan sedangkan secara parsial membuktikan variabel Arus Kas berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham pada perusahaan konstruksi dan bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


Keywords


Laba Bersih, Arus Kas, Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I., & Nainggolan, E. P. (2018). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Motivasi Membayar Pajak Dengan Penerapan UU Tax Amnesty Sebagai Variabel Moderating Pada KANWIL DJP SUMUT I MEDAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 181-191.

Ammy, B., & Ramadhan, P. R. (2021). Determinan Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 103-110.

Ardila, I., & Fadhila, N. F. N. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderating. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Dana, K. S., Purnami, A., & Giri, N. R. (2018). Pengaruh Komponen Arus Kas, Laba Perusahaan dan Return On Assets terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur (Costomer Goods) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016. Warmadewa Economic Development Journal, 42.

Darmadji dan Fahrudin. (2012). Pasar Modal di Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

Gultom, D. K., Arif, M., Azhar, M. E., & Mukmin, M. (2021). Peran Mediasi Brand Satisfaction Pada Pengaruh Self Congruity Terhadap Brand Loyalty. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 72-85.

Hafiz, M. S., & Wahyuni, S. F. (2021). Analisis Kesiapan Penganggaran Household Atas Dampak Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 21(1), 63-78.

Hani, S. (2021). [MODUL] PETUNJUK DAN TATA CARPELAKSANAAN PAJAK RESTORAN. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Harahap, S. H., & Nurjannah, N. (2020). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Plastik Dan Kemasan Yang Terdaftardi Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(2), 234-246.

Juliandi, dkk (2014). Metodelogi Penelitian Bisnis. Medan : UMSU Press

Kalsum, U. (2021). Factors Affecting the Disclosure of Corporate Social Responsibility. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(2), 113-120.

Lesmana, S., & Lufriansyah, L. (2019). Pengaruh Sistem Pengendalian Akuntansi dan Pengendalian Dewan Pengawas Syariah Terhadap Kinerja Bank Syariah (Studi Empiris pada Bank Syariah Kantor Wilayah Sumatera Utara). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(1), 1-13.

LUFRIANSYAH, L., & SIREGAR, S. A. (2018). DUE PROFESSIONAL CARE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, DAN MOTIVASI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Mujiatun, S., Jufrizen, J., & Ritonga, P. (2020). [JURNAL MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN] MODEL KELELAHAN EMOSIONAL: ANTASEDEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI DOSEN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Ningsih, S. S., & Saragih, F. (2020). Pemahaman wajib pajak pelaku UMKM mengenai Peraturan Pemerintah tentang PP No. 23 Tahun 2018 tentang Ketentuan Pajak UMKM. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(1), 38-44.

Pulungan, K. A., & Harahap, R. U. (2018). ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM PENANGGULANAN KEMISKINAN PADA PEMERINTAH KOTA TANJUNG BALAI. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Putri, Ayu Utami Sutisna, Willy Sri Yuliandhari, dan Vaya Juliana Dillak. 2017. Perngaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Terhadap Harga Saham ( Studi Empiris Pada Perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015 ). Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen 4(3):2605.

Sanjaya, S., & WAHYUDI, H. (2018). Peran Moderasi Kepemilikan Institusional Terhadap Determinan Return on Equity Di Bursa Efek Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Zurriah, R. (2021). Pengaruh Free Cash Flow Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 21(1), 101-106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yurki Prastika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats