Analisa Implementasi Sistem Keuangan Desa (Studi Kasus Pada Desa Perkebunan Tanjung Kasau)

Tias Autdry Permehi Shiella

Abstract


Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas penerapan sistem keuangan desa (SISKEUDES) dalam pengelolaan keuangan di Desa Perkebunan Tanjung Kasau, untuk mengetahui dan menganalisis kendala penerapan sistem keuangan desa (SISKEUDES) dalam pengelolaan keuangan di Desa Perkebunan Tanjung Kasau Jenis penelitian menggunakan jenis deskriptif, dengan obyek penelitian yang dilihat dari Siskeudes: RPJM dan RKP Pemerintah Desa, data anggaran pendapatan pemerintah desa, data anggaran belanja desa, data anggaran penerimaan pembiayaan desa, data anggaran pengeluaran pembiayaan desa. Dokumendokumen output siskuedes: Laporan Penganggaran dan Laporan Penatausahaan, dan Laporan Pembukuan tahun 2018 sampai tahun 2020. Dimana pada penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan teknik analisis konten (content analysis) karena data yang akan diteliti memerlukan penjelasan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang ada pada Desa Perkebunan Tanjung Kasau, Kecamatan Laut Tador, mulai dari tahun 2018 sudah menggunakan sebuah Aplikasi dalam membuat laporan keuangan yakni dengan menggunakan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), penerapan Siskeudes pada Desa Perkebunan Tanjung Kasau belum begitu optimal, terbukti dengan masih adanya beberapa kendala dalam penerapan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).Dalam hal penjabaran laporan keuangan desa, Desa Perkebunan Tanjung Kasau juga memberikan informasi terkait laporan Realisasi Anggaran dan Laporan APBDes sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat Desa Perkebunan Tanjung Kasaudalam hal pengelolaan keuangan desa.Pemerintah telah meluncurkan aplikasi siskeudes versi 2.0. Aplikasi ini sudah disesuaikan dengan pengelolaan keuangan desa yang terbaru yaitu permendagri 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa


Keywords


Sistem Keuangan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I., & Nainggolan, E. P. (2019). Kualitas Laporan Keuangan Daerah Ditinjau Dari Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dan Tata Kelola Aset Daerah (Study Pada Kantor Badan Tata kelola Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(1), 118-126.

Ammy, B., & Ramadhan, P. R. (2021). Determinan Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 103-110.

Hani, S. (2021). [TURNITIN] A CONCEPTUAL FRAMEWORK FOR THE PREPARATION OF SHARIA FINANCIAL STATEMENTS FOR MICRO SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Harahap, S. H., & Nurjannah, N. (2020). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Plastik Dan Kemasan Yang Terdaftardi Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(2), 234-246.

Lubis, H. Z., & Pulungan, P. R. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell Dengan Bantuan Media Video Dalam Pembelajaran Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 156-167.

LUFRIANSYAH, L., &SIREGAR, S. A. (2018). DUE PROFESSIONAL CARE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, DAN MOTIVASI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Lusiono, E. F., & Suharman. (2017). Analisis Penerimaan Aplikasi Siskeudes di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(2), 163172.

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 21(1), 1-19.

Nainggolan, E. P., & Abdullah, I. (2019). Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Bank Milik Pemerintah tahun 20152018. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 151-158.

Putri, L. P., Astuti, R., Pulungan, D. R., & Ardila, I. (2019, October). Pelatihan Total Quality Management Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 399-402).

Ritonga, P., & Hafsah, H. (2018). PENGEMBANGAN DAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAHPENGANTAR AKUNTANSI BERBASIS KKNI DAN PEMANFAATAN KONTEN DOKUMEN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sanjaya, S., & WAHYUDI, H. (2018). Peran Moderasi Kepemilikan Institusional Terhadap Determinan Return on Equity Di Bursa Efek Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).Siregar, M., & Azmi, A. (2020). Analisis Penerapan PSAK NO. 46 Atas Pajak Penghasilan Badan Pada Laporan Keuangan PT. Perkebunan Nusantara IV Medan (Doctoral dissertation, UMSU).

Sucipto, T. N., & Hasibuan, R. (2020). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Pajak Penghasilan Badan Terutang Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(2), 207-212.

Sulina, I. G. A. T., Wahyuni, M. A., & Kurniawan, P. S. (2017). Peranan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Terhadap Kinerja Pemerintah DESA (Studi Kasus di Desa Kaba-kaba, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan). eJournal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 112.

Sulistyowati, Citra, N., & Fitriyah, E. (2019). Implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Studi Kasus pada Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 299305.

Syahputra, M. I. (2019). Analisis Pengembangan Agribisnis Kopi (Coffea sp.) Di Coffee Shop Seladang Cafe (Doctoral dissertation).

Wahyudi, H., & SANJAYA, S. S. S. (2018). Efek Mediasi Kepatuhan Wajib Pajak Pada Pengaruh Pemahaman Dan Kesadaran WAjib Pajak Terhadap Keberhasilan Penerimaan Pajak Penghasilan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Wardati, S. (2020). Analisis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Di Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation, UMSU).

Yuandika, N., Supheni, I., Budiono, & Suwandi. (2020). Penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKUEDES) Dalam Meningkatkan Penatausahaan Desa Sukoharjo Kecataman Wilangan Kabupaten Nganjuk. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(1), 2332.

Zurriah, R. (2021). Pengaruh Free Cash Flow Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 21(1), 101-106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tias Autdry Permehi Shiella

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats