Dampak Penghasilan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Belanja Modal Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah

Ririn Yuni Ariska

Abstract


Kinerja keuangan pemerintah adalah tingkat pencapaian dari suatu hasil kerja di bidang keuangan daerah yang meliputi penerimaan dan belanja daerah dengan menggunakan sistem keuangan yang ditetapkan melalui suatu kebijakan atau ketentuan perundang-undangan selama satu periode anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Belanja Modal Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan teknik dokumentasi. Sampel penelitian ini berjumlah 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil ini menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan Berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah, sedangkan Belanja Modal tidak Berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah, namun secara simultan Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Belanja Modal Berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah.


Keywords


Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Belanja Modal dan Kinerja Keuangan Pemerintah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I., & Nainggolan, E. P. (2019). Kualitas Laporan Keuangan Daerah Ditinjau Dari Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dan Tata Kelola Aset Daerah (Study Pada Kantor Badan Tata kelola Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(1), 118-126.

AISYAH, S. ANALISIS YURIDIS TERHADAP STATUS TENAGA KERJA BERDASARKAN PERJANJIAN WAKTU TERTENTU.

Ammy, B., & Ramadhan, P. R. (2021). Determinan Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 103-110.

Ardila, I. A. (2015). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Pendekatan Value For Money Pada Pengadilan Negeri Tebing Tinggi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1), 19.

Fahmi, M., & Syahputra, M. R. (2019). Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan (Fraud). LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 24-36.

Hani, S. (2021). [TURNITIN] GOOD CORPORATE GOVERNANCE MECHANISMS IN MEASURING QUALITY OF FINANCIAL STATEMENTS AND TRANSFER INVESTOR LEVELS. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Irsan, M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan Daging Sapi (Studi Kasus: Pusat Pasar Kota Medan) (Doctoral dissertation).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanum, Z. (2009). Pengaruh Return On Asset (Roe), Return On Equity (Roe), Dan Earning Per Share (Eps) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011. Jurnal Manajemen & Bisnis, 3(2), 1220.

Harahap, S. H., & ALPI, M. F. (2018). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIDALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Kalsum, U. (2021). Factors Affecting the Disclosure of Corporate Social Responsibility. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(2), 113-120.

Pulungan, F. (2018). Pengaruh Good Gorporate Governance terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri Tbk, Kantor Cabang Stabat (Doctoral dissertation).

Rambe, S., & Lubis, H. Z. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 65-76.

Ritonga, P., & Hafsah, H. (2018). PENGEMBANGAN DAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAHPENGANTAR AKUNTANSI BERBASIS KKNI DAN PEMANFAATAN KONTEN DOKUMEN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Santoso, I., & Suparta, I. W. (2015). Flypaper Effect Pada Pengelolaan Keuangan Daerah di Provinsi Lampung. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(2), 135165.

Saragih. (2013). Desentralisasi Fiskal dan Keuangan Daerah Dalam Otonomi. Cetakan Pertama. Ghalia Indonesia.

Saragih, F. (2020). Analisis Rasio Keuangan Dalam Menilai Kinerja Keuangan Daerah Pemerintah Kota Tebing. Seminar Of Social Sciences Engineering & Humaniora E-ISSN 2775-4049 SCENARIO 2020.

Sari, R. W. (2021). Analisis Kinerja Keuangan Pada PT. Kimia Farma Tbk (Doctoral dissertation, UMSU).

Sibuea, B. (2020). Bukti Kehadiran Seminar Internasional di UISU Medan September 2018. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

SIREGAR, S. A., & LUFRIANSYAH, L. (2018). ANALISIS DETERMINAN PROFITABILITAS DI BURSA EFEK INDONESIA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Zurriah, R. (2021). Pengaruh Free Cash Flow Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 21(1), 101-106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ririn Yuni Ariska

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats