Analisis Aspek Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan Lembaga Penyiaran Publik Tvri Sumatera Utara Medan

Indah Nuraini

Abstract


Fenomena yang terjadi mengenai kompetensi yaitu terdapat karyawan yang kurang teliti dalam mengerjakan tugasnya dan kurang memahami teknologi informasi seperti penggunaan laptop sehingga waktu penyelesaian pekerjaan tidak sesuai target, stres kerja yang dirasakan karyawan yaitu karyawan bekerja melampaui batas kemampuan serta beban kerja yang teralu banyak, gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pemimpin diperusahaan tersebut kurang memberikan kepuasan kepada karyawan, yaitu pemimpin cenderung kurang memberikan perhatian kepada karyawan terhadap hasil kerja dan dudaya organisasi kurang efektif, misalnya kurangnya kerjasama antara anggota organisasi yang menyebabkan kepuasan kerja karyawan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi, stres kerja, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan Lembaga Penyiaran Publik TVRI Sumatera Utara Medan. Dengan sampel sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara studi dokumentasi dan penyebaran kuesioner atau angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 16.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi, stres kerja, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan Lembaga Penyiaran Publik TVRI Sumatera Utara Medan. Secara simultan menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi, stres kerja, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan Lembaga Penyiaran Publik TVRI Sumatera Utara Medan.


Full Text:

PDF

References


BUKU

Juliandi, A., Irfan, M., & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep & Aplikasi.Medan: Umsu Press.

Sedarmayanti, S. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produtivitas Kerja. Bandung: Refika Aditama.

Siagian, S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

INTERNET

Adhan, M., Jufrizen, J., Prayogi, M. A., & Siswadi, Y. (2020). Peran Mediasi Komitmen Organisasi pada Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Dosen Tetap Universitas Swasta di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 115.

Tujungsari, P. (2011). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Universitas Komputer Indonesia, 1(1), 114.

Utami, S. W., & Herwindo, H. (2013). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai di Kantor Cabang PT. Pegadaian (Persero). Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 2(1), 7277.

JURNAL

ADELIA, N. D. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PT. Telkom Akses Medan.

FITRIAWATI, L. Analisis Pengaruh Komunikasi, Kepribadian dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Lembaga Penyiaran Publik TVRI Sumut Medan.

MAGHFIRAH, I. PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK TVRI SUMATERA UTARA MEDAN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis [JIMEIS]




Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats