Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Tobins Q) Dengan Kapasitas Keuangan (Roa) Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018

Ika Irwana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengaetahui pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap nilai perusahaan (Tobins Q) dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan asosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah 25 perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 7 perusaahaan dengan menggunakan purposive sampling Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik dokumentasi dari data-data yang dipublikasikan oleh perusahaan di situs resmi BEI www.idx.co.id. Serta laporan tahunan yang dimiliki oleh perusahaan. teknik analisis data dalam penelitian ini yang menggunakan regresi data panel, uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA). Independen dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA). Kepemilikan instusional berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA). Corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (Tobins Q). Independen dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (Tobins Q).


Full Text:

PDF

References


BUKU

Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Harmono. (2018). Manajemen Keuangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardiyah, M. L. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

INTERNET

Aji, S. B. (2015). Rasionalitas Investor Di Bursa Efek Indonesia Didasarkan Pada Pengaruh Pelaksanaan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Terhadap Harga Saham ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Investor Rationality in Indon. Lp3M Stiebbank, 6(20072011), 7586.

Hafiz, M. S., Radiman, R., Sari, M., & Jufrizen, J. (2019). Analisis Faktor Determinan Return on Asset pada Bank BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal

Kholis, N. K., Sumarmawati, E. D., & Mutmainah, H. M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 16(1), 1925. https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v16i1.2127

JURNAL

Hafiz, M. S., & Wahyuni, S. F. (2021). Analisis Kesiapan Penganggaran Household Atas Dampak Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 21(1), 63-78.

Wahyuni, S. F., & Arwana, I. (2020). Model Determinan Return on Asset dan Firm Value pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 195-212.

Wahyuni, S. F., & Muslih, M. (2018). PERAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DALAM MEMODERASI PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN INVENTORY TURNOVER TERHADAP RETURN ON EQUITY DI BURSA EFEK INDONESIA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis [JIMEIS]




Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats