Dampak Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Ketentuan Pembelian Di Mediasi Perceived Value Pada Konsumen Coffee Shop Di Medan

Rizka Ananda Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui perceived value sebagai variabel intervening studi pada konsumen Coffee Shop di Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah konsumen Coffee Shop di Medan dengan jumlah populasi yang tidak diketahui, dan dalam penelitian ini sampel didapatkan berjumlah 135 responden konsumen Coffee Shop di Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand identity berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand personality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, brand association berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, brand attitude berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perceived value, brand identity berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived value, brand personality berpengaruhpositif dan tidak signifikan terhadap perceived value, brand association berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived value, brand attitude berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perceived value, perceived value berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui perceived value, brand identity berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui perceived value, brand personality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui perceived value, brand association berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui perceived value, brand attitude berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui perceived value.


Keywords


Kulitas Produk, Brand Image, Brand Identity, Brand Personality, Brand Association, Brand Attitude, Keputusan Pembelian, Perceived Value.

Full Text:

PDF

References


Adiputra, Y. R., & Khasanah, I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Asuransi Jiwa (Studi Pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Cibinong). Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 5(2), 110.

Arif, M., & Sari, S. M. (2020). Pengaruh Countrt Of Origin, Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Pada Aplikasi Grab Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora, 1928.

Astuti, R., & Abdullah, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Astuti, R., & Hakim, M. A. (2021). Pengaruh Label Halal dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 1-10.

Chi, H. K., Yeh, H. R., & Yang, Y. T. (2009). The Impact of Brand Awareness on Consumer Purchase Intention: The Mediating Effect of Perceived Quality and Brand Loyalty. The Journal of International Management Studies, 4(1), 135144.

Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama, N. I. (2020). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 5368. https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1722

Gunawan, A. (2019). Pengaruh Perceived Quality , Perceived Value Dan Brand Personality Terhadap Brand Loyalty Dari Produk Fashion Cotton- on Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 110. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenpemasaran/article/view/8552/7726

Indrata, S. L., Susanti, C. E., & Kristanti, M. M. (2017). Pengaruh Perceived Value dan EService Quality Terhadap Customer Behavioral Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Pengguna Gojek di Surabaya. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen (KAMMA), 6(2), 131147. http://journal.wima.ac.id/index.php/KAMMA/

Istiqamah, M., Tirtayasa, S., & Pasaribu, H. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Journal of Business Strategy and Execution, 2(1), 6878.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran (edisi ke 1). Erlangga.

Kurnia, E., Daulay, R., & Nugraha, F. (2019, October). Dampak Faktor Motivasi dan Fasilitas Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Badan Usaha Milik Negara di Kota Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 365-372).

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019, October). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 165-173).

Perwira, B. T., Yulianto, E., & Kumadji, S. (2016). Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya yang Melakukan Transaksi Pembelian Online dengan Mobile Application Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(2), 4654.

Pramezwary, A., Juliana, Eagan, B., Putri, F. J., & Setiadi, S. (2021). Pengaruh Identitas Brand Dan Strategi Penjualan Burger King Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 21(1), 1018.

Prasetyo, S. H., & Suseno, Y. D. (2015). Pengaruh Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Dengan Word of Mouth Positif Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 15, 159166. http://www.ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/download/1026/878

Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019, October). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 296-301).

Saragih, D. V. C., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh Perceived Value , Celebrity Endorser Dan Advertising Terhadap Brand Attitude (Survei Pada Mahasiswi Universitas Brawijaya Pengguna Kosmetik Wardah). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 64(1), 19.

Siswadi, Y. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Padapt. Jasa Marga Cabang (Belmera) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 17(1).

Siswadi, Y., Radiman, R., Tupti, Z., & Jufrizen, J. (2021). Faktor Determinan Stress Kerja dan Kinerja Perawat. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 17-34.

Stevina, E., & Brahmana, R. K. M. R. (2015). Pengaruh Brand Identity Terhadap Purchase Intention Melalui Trust Di UD. Makin Hasil Jember. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 3(1), 18.

Subagiyo, R., & Adlan, M. A. (2018). Analisis Dampak Brand Loyalty, Brand Awareness, Perceived Quality Dan Brand Association Terhadap Customer Value Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Tulungagung. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 191215. https://doi.org/10.21274/an.2018.4.2.191-214

Supriyadi, Wiyani, W., & K.N, G. I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1), 7485. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian : Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 5(1), 6786. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm

Tirtayasa, S., Nevianda, M., & Syahrial, H. (2020). The Effect of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle And Fashion Involvement With Impulse Buying. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(1), 1828. https://doi.org/10.30596/ijbe.v2i1.5715

Yustriawan, D., & Taufik, M. L. (2020). Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Tani Padi (Oryza Sativa). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(2), 213-221.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizka Ananda Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats