Dampak Media Sosial Dan Diskon Terhadap Impulse Buying Pada Produk Fashion Romp Di Kota Medan

Nur Annisa

Abstract


Berdasarkan riset awal yang dilakukan tentang media sosial pada aplikasi istagram ROMP ditemukannya permasalahan, antara lain: Jumlah like dan komentarnya sangat sedikit ( dari pengikutnya di istagram sekitar 7274 hal ini menunnjukkan bahwa penggunaan media sosial kurang mendapat respon dari konsumen Romp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh media sosial terhadap impulse buying, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh diskon terhadap impulse buying, dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh media sosial dan diskon terhadap impulse buying pada produk fashion ROMP di Kota Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan followers instagram ROMP dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan rumus teknik sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (versi 24.00). Secara parsial diketahui bahwa media sosial memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap impulse buying pada produk fashion ROMP. Secara parsial diketahui bahwa diskon memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada produk fashion ROMP. Secara simultan diketahui media sosial dan diskon memiliki pengaruh signifikan terhadap impulse buying pada produk fashion ROMP di Kota Medan.


Keywords


Impulse Buying, Diskon dan Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Andriany, D., & Arda, M. (2019a). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. Jurnal Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 1(5), 428432.

Andriany, D., & Arda, M. (2019b). The effect of bonus pack and price discount on buying impulse in Marketplace Consumers in Medan. Journal The 1 International Conference on Innovation of Small Medium-Sized Enterprise (ICIS), 1(1), 7582.

Andriany, D., & Arda, M. (2021). The Effect Of Discount Prices Toward Impulse Buying Halal Food On Go Food Consumers In Medan. Journal Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 2(1), 5461.

Antonia, W., Lutfie, H., Pemasaran, M., Terapan, F. I., & Telkom, U. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Electronic Word of Mouth Melalui Media Beauty Vlog Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik La Tulipe Cosmetiques Pada Tahun 2018 the Influence of Lifestyle and Electronic Word of Mouth Through Youtube Beauty Vlog Media To La T. Journal EProceeding of Applied Science, 4(2), 378387.

Atmoko, D, B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.

Ayuning, C. D. (2019). Analisis Pengaruh Iklan Di Instagram Terhadap Impulse Buying Konsumen Dengan Personality Traits Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Usia 19-34 Tahun Di Semarang) [Universitas Diponegoro Semarang]. http://eprints.undip.ac.id/72487/

Benny, A. F. (2021). Pengaruh Diskon Dan Kemudahan Transaksi Pembayaran Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Pengguna E-Wallet Generasi Milenial Di Jabodetabek [Universitas Bakrie]. http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4673

Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 4665. https://doi.org/10.1080/15456870.2015.972282

Choirul, A., & Artanti, Y. (2019). Millennials?s Impulse Buying Behaviour: Why Positive Emotion Does not Mediate? Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 22(2), 223236. https://doi.org/10.14414/jebav.v22i2.1738

DARMA, N. S. Pelaksanaan Pengawasan Badan Lingkungan Hidup Kota Medan Terhadap Izin Penyimpanan Sementara Limbah B3 Bagi Pelaku Usaha Industri.

Dharma, A. W. (2013). Store atmosphere sebagai stimuli minat beli konsumen Generasi Y. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 2(4), 16. http://jurnal.wima.ac.id/index.php/JUMMA/article/view/422

Fahmi, M. (2019). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 19(1), 26-39.

Fahmi, M., & Syahputra, M. R. (2019). Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan (Fraud). LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 24-36.

Fatimah, M. H. (2017). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Janu Putra Swalayan di Yogyakarta). Jurnal Manajemen, 1(1), 120.

Gane, N., & Beer, D. (2008). New Media: The Key Concepts. Berg Publishers.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.

Husna, N. (2018). Fenomenologi Komunikasi Generasi Z. Binus university. https://binus.ac.id/malang/2018/02/fenomenologi-komunikasi-generasi-z/

IRFAN, M. Tanggung Jawab Negara Pemilik Objek Ruang Angkasa Berupa Satelit Yang Menjadi Sampah Di Ruang Angkasa.

Irfan, M. I. (2018). Strategi Komunikasi Konsuler Pada Konsulat Jenderal Republik Indonesia Dalam Menerima Aduan Warga Negara Indonesia Di Johor Bahru (Doctoral dissertation).

Jasin, H., Mujiatun, S., Rambe, M. F., & Siregar, R. B. (2021). Apakah Kepercayaan Memediasi Pengaruh Reputasi Bank dan Religiusitas Terhadap Purchase Intention?. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 86-102.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis (1st ed.). UMSU PRESS. Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principle of Marketing (14 edition).

Jufrizen, J., & Nasution, M. F. (2017). Pengaruh Return On Assets, Total Assets Turnover, Quick Ratio, Dan Inventory Turnover Terhadap Debt To Assets Ratio Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 16(1).

Kotler, Philip, & Keller, L. kevi. (2016). Marketing Management,15th Global Ed. In General Equilibrium Theory.

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh Puguh Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura, 11(2), 219. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533

Liang, Y.-P. (2012). The Relationship between Consumer Product Involvement, Product Knowledge and Impulsive Buying Behavior. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences, 57(03), 325330. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1193

Loudon, David, & Della Bitta. (2004). European Perpectives in Marketing. Routledge.

Mariah, M., & Dara, S. R. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Social Media Marketing Dan Citra Merek Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Dan Dampaknya Terhadap Impulsive Buying Pada Sektor Umkm Kerajinan Tanah Liat Di Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 73. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.375

Masyhura, M. D., & Arianty, N. (2019, October). Pemanfaatan Pekarangan dalam Usaha Budidaya Sayuran Secara Hidroponik. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 182-186).

Masyhura, M. D., & Arianty, N. (2019, October). Pemanfaatan Pekarangan dalam Usaha Budidaya Sayuran Secara Hidroponik. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 182-186).

Mayfield, A. (2008). What is Social Media? iCrossing.

Meslat Noemie. (2018). Impact of social media on ustomers? purchase decision. International Journal of Global Business Management and Research, 5(2), 45.

Michael R. Solomon, N. J. R. (2009). Consumer Behavior in Fashion (2nd, berilus ed.). Pearson/Prentice Hall. Miranda, Y. C. (2016). Kajian Terhadap Faktor yang Mempengaruhi Impulse buying dalam Online Shoping. Journal Kompetensi, 10(1), 114. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/download/3424/2533

Mujiatun, S. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Pegawai Pada Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 15(1).

Mujiatun, S., Jufrizen, J., & Ritonga, P. (2020). [JURNAL MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN] MODEL KELELAHAN EMOSIONAL: ANTASEDEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI DOSEN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Nadira, M. (2015). Pengaruh Social Media Terhadap Impulse Buying Pada Perempuan Shopaholic Di Banda Aceh Dengan Gaya Hidup Konsumtif Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Instagram Dan Blackberry Messenger Di Universitas Syiah Kuala) [universitas syah kuala]. https://etd.unsyiah.ac.id/baca/index.php?id=17900&page=9

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sositeknologi. Simbiosa Rekatama Media. Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 17. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1477/5/052052

Nurani, A. (2018). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Lady Fame Shop (Studi pada Mahasiswi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu) Tahun 2018. Jurnal Ekonomi Manajemen, 09(02), 2434.

Philip, K., & Armstrong, G. M. (2008). Principles of Marketing (12th ed.). Pearson/Prentice Hall.

Prayogi, M. A., & Rialdy, N. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Karayawan Pada PT. Boga Indo Sejahtera Abadi (Restaurant Paraside Dynansty). Prosiding Ekonomi, Manajemen dan Akutansi, 19.

Prayogi, M. A., & Lesmana, M. T. (2021, January). The Influence of Leadership Style and Motivation on the Performance of Employees. In Conference on International Issues in Business and Economics Research (CIIBER 2019) (pp. 122-127). Atlantis Press.

Purnamasari, E., & Ismunandar, I. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Bima). Jurnal Ekonomi Balance, 16(2), 166175. https://doi.org/10.26618/jeb.v16i2.4549

Radiman, R., & Athifah, T. (2021). Pengaruh Debt To Equity Ratio dan Return On Asset Terhadap Price Book Value Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderasi. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 23-38.

Rasyidah, D. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Jenis-jenis Media Sosial Terhadap Intensitas Belajar PAI SIiswa Kelas VIII di SMPN 3 Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. institut agama islam negri sukarta.

Rizal, S. M., & Radiman, R. (2019). Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 117-128.

Rofidi, A. M. N. (2017). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan Pelayanan Terhadap Peningkatan Impulse Buying Pada Toko Bangunan Ud Aryan Kec. Plemahan Kab. Kediri. Journal Simki-Economic, 01(03), 116.

Rusdiono, R. (2019). Peran Media Sosial Sebagai Upaya Pemasaran Bisnis Online Shop Pada Online Shop Antler MakeUp - @antler.makeup. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(2), 195202. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i2.5356

Saladin, D. (2003). Manejemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, Pe;aksanaan dan Pengendalian (2nd ed.). Linda Karya.

Sari, M., Prayogi, M. A., Jufrizen, J., & Nasution, M. I. (2020). Membangun Loyalitas Pelanggan Berbasis E-Service Quality Dengan Mediasi Kepuasan Pelanggan (Studi pada Transportasi Online Grab-Car di Kota Medan). Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 14(2), 218-238.

Septila, R., & Aprila, E. D. (2017). Impulse Buying Pada Mahasiswa di Banda Aceh. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 2(2), 170183.

Shofwan, H. (2010). Pengaruh Dimensi Big Five Personality Terhadap. universitas sumatera barat.

Sholikha, E. A., & Sunarti. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Followers (Survei Pada Followers Akun Instagram @batuflowergarden.Cobanrais). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 70(1), 11 18. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/28 09

Soeseno Bong, P. (2011). Pengaruh In-Store Stimuli Terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Hypermarket Di Jakarta. Journal ULTIMA Management, 3(1), 3152. https://doi.org/10.31937/manajemen.v3i1.175

Sonata, I. (2019). Pengaruh Price Discount Dan in-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Miniso. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 4(1), 4653.

Sugiyono. (2012). Metode Penilitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penilitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. IKAPI.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. PT.Remaja Rosdakarya.

Tenia, H. (2017). Pengertian Media Sosial-Fungsi, Ciri, Jenis, Dampak Positif, dan Dampak Negatif.

Tirmizi, M. A., Kashif-Ur-Rehman, & Saif, M. I. (2009). An empirical study of consumer impulse buying behavior in local markets. European Journal of Scientific Research, 28(4), 522532.

Tjiptono, F. (2008). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. ANDI.

Utami, C. W. (2017). Manajemen ritel : strategi dan implementasi operasional bisnis ritel modern di Indonesia (3rd ed.). Salemba Empat.

Wahyuni, S. F., & Prayogi, M. A. (2019). engaruh Capital Adequacy Ratio, Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan Manajerial terhadap Pertumbuhanlaba pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. In Prosiding Seminar Bisnis Magister Manajemen (SAMBIS) (pp. 85-94).

Wibowo, G. R., & Devilia, S. (2021). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online Pada Pengguna Aplikasi Shopee. Journal Angewandte Chemie International Edition, 8(2), 12521271.

Wibowo, S., & Lebang, L. S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Pengunjung Toserba Yogya Bojongsoang Bandung. Jurnal Bisnis Dan Informatika, 13(3), 123136. https://doi.org/10.26487/jbmi.v13i3.1703

Yuniarti, Y., Tan, M. I., Siregar, A. P., & Amri, A. I. S. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Konsumen Saat Moment Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 153159. https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/12711.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Annisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats