Dampak Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pulpen Merek Standard Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Muhammad Soegi Arryo

Abstract


Kualitas dan harga merupakan variabel dan faktor yang sangat penting dalam menentukan keputusan pembelian sebuah produk.Untuk itu dianggap mengetahui variabel apa saja yang mempengaruhi konsumen untuk menentukan keputusan pembelian. Berbagai merek ballpoint sangat banyak dijual di pasaran dengan berbagai kualitas dan harga yang berbeda. Salah satunya yaitu ballpoint merek Standard, yang selalu dipergunakan oleh mahasiswa. Adapun faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ballpoint merek Standard menurut mahasiswa yaitu karena kualitas dan harganya yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian ballpoint merek Standard pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian ballpoint merek Standard pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Adapun pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan sampel peneliti 100 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu angket dengan teknik analisis data yaitu regresi berganda.Persamaan regresi berganda yang diperoleh Y =1,958 + 0,002 X1+ 0,800 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh kualitas produkterhadap keputusan pembelian (sig. = 0.946 dan thitung = 0.068).Ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian (sig. = 0.000 dan thitung = 14.821).Secara simultan ada pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian (sig. = 0.000 dan Fhitung = 174,223). NilaiR Square yang diperoleh yakni 0.782, memperlihatkan kualitas produk dan hargamempengaruhikeputusan pembelian Ballpoint Merek Standard sebesar 78,2% dan sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada pengaruh kualitas produkterhadap keputusan pembelian Ballpoint Merek Standard pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian Ballpoint Merek Standard pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.Secara simultan kualitas produk dan hargaberpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelianBallpoint Merek Standard pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.


Keywords


Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T., & Tantri, F. (2014). Manajemen Pemasaran Perusahaan Jasa (Cetakan 1). Jakarta: Salemba Empat.

Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran (Cetakan 1). Bandung: Pustaka Setia.

Agustin, M. Y. (2016). Analisis Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Tridjaya Motor Dealer Resmi Motor Honda Cabang Girian Bitung), Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(03).

Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Perusahaan Jasa (Cetakan12). Bandung: Alfabeta.

Arianty, N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(02), 68-81.

Arianty, N. (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU, 1(1), 76-87.

Arif, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Fastfood Indonesia Store KFC Raja Medan.Jurnal Ilmiah Maksitek., 1(1), 12-19.

Assauri, S. (2014), Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penelitian Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Astini, R., & Sulistiyowati, I. (2015). Pengaruh Destination Image, Travel Motivation, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara Muslim Di Pantai Carita Pandeglang Banten), Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(3), 152-163.

Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Usaha Mikro Kecil Menengah. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1), 132-144.

Astuti, R., & Purnama, N. I. (2018). Analisis Pengaruh Iklan dan Atribut Sepeda Motor Terhadap Sikap Konsumen. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 111- 120.

Astuti, R., & Abdullah, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Astuti, R., & Hakim, M. A. (2021). Pengaruh Label Halal dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 1-10.

Bismala, L., & Tobing, R. P. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 2 (1), 73-82.

Chan, S. (2011). Manajemen Pemasaran (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Daulay, R. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Mandiri Syariah Di Kota Medan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 12(1), 112.

Daulay, R., & MUJIATUN, S. (2018). MODEL PENGEMBANGAN USAHA MIKRO UNTUK MENGHADAPI PERTUMBUHAN USAHA WARALABA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Daulay, R., Kurnia, E., & Maulana, I. (2019, October). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada perusahaan daerah di Kota Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 209-218).

Fahmi, M. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Tribun Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 65-72.

Fahmi, M., & Sholihah, I. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Calon Mahasiswa Dalam Memilih Kuliah di STKIP JurnalEducatio, 11(2), 148-159.

Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. The National Conference on Management and Business (NCMAB), 689-705.

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148-159.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (Cetakan 4). Semarang: Balai Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, D. K., (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1 (01), 81-94.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.

Gultom, D. K., & CHRISTIANA, I. (2018). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap citra destinasi dan kepuasan wisatawan serta implikasinya terhadap loyalitas wisatawan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Hanum, Z., & Hasibuan, J. S. (2018). MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERKULIAHAN AKUNTANSI PERPAJAKAN DENGAN PROGRAM KOMPUTER PAJAK. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Jasin, H., & Sriwahyuni, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Air Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Tirtanadi Cabang Tuasan Medan. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 14 (1), 57-65.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: Umsu Press.

KHAIRINA, A. (2020). PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, NET PROFIT MARGIN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Doctoral dissertation, UMSU).

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 11). Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip prinsip pemasaran (Edisi 13) (Jilid 1). Jakarta : Erlangga.

Kurnia, E., Daulay, R., & Nugraha, F. (2019, October). Dampak Faktor Motivasi dan Fasilitas Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Badan Usaha Milik Negara di Kota Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 365-372).

Lesmana, M. T., & Nasution, A. E. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(1), 2654-6493.

Lubis, A., A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 16(2),1693-7619.

MEDAN, K. D. K. PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN.

MEDAN, L. L. PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SAMUDERA.

MEDAN, P. P. N. I. PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA.

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 21(1), 1-19.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019, October). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 165-173).

Nasution, P. L. K., & Khairina (2015). Analisis Ekuitas Merek Produk Tupperware Di Kelurahan Babura Kecamatan Medan Baru. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 15(01),1693-7619.

Purnama, S. (2016). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Vario Techno pada CV. Teknik Pematangsiantar. Jurnal MAKER. 2(1), 2502-4434

Prasetya, C. H. A., Kumadji, S., &Yulianto, E. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli Sepeda Motor Honda Vario pada PT. Sumber Purnama Sakti di Kabupaten Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),15(2).

Prayogi, M. A., Koto, M., & Arif, M. (2019). Kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada pengaruh work-life balance dan stres kerja terhadap turnover intention. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 20(1), 39-51

Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019, October). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 296-301).

Putri, L. P. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Pertambangan Batubara di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2).

Putri, L. P., Astuti, R., Pulungan, D. R., & Ardila, I. (2019, October). Pelatihan Total Quality Management Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 399-402).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Render,B,. &Heizer,J.(2009).Prinsip-prinsip Manajemen Operasi(Edisi 1), Jakarta: Salemba Empat.

Sabrina, R. (2021). Pemberdayaan Petani dalam Peningkatan Kinerja Pertanian (Suatu Kajian dengan Pendekatan Teoritis). JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(2), 100-104.

Saraswati, M. L., Pradhanawati, A,. & Hidayat, H. (2018). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kampung Batik Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro.

Siregar, Q. R., & Farisi, S. (2018). Pengaruh Return On Assets Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 81-89.

Siregar, Q. R., & Harahap, D. D. (2021). Influence Current Ratio, Debt to Equity Ratio and Total Asset Turnover on Return on Equity in the Transportation Sector Industry. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(2), 99-112.

Siswadi, Y. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Padapt. Jasa Marga Cabang (Belmera) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 17(1).

Siswadi, Y., Radiman, R., Tupti, Z., & Jufrizen, J. (2021). Faktor Determinan Stress Kerja dan Kinerja Perawat. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 17-34.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D (Cetakan 12). Bandung: Alfabeta.

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management construction of inclusion education in primary school. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Susilawati, W., & Wati, G. A. (2017). Kualitas Produk Dan Citra Merek Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Di PD Lima Motor Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 16(02), 020-028.

Sutisna. (2011). Manajemen Operasi (Cetakan 1). Yogyakarta: Graha Ilmu.

SYAHPUTRA, R. PENGARUH NET WORKING CAPITAL (NWCTA), DEBT TO ASSETRASIO (DAR), GROOS PROFIT MARGIN (GPM), DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA.

Tangguh, G. G. W., Pangestuti, E., & Nuralam, I. P. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan GoRide (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2016/2017 dan 2017/2018). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(2), 118-126.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran (Edisi 2). Yogyakarta: Andi Offset.

Tampubolon, M, P. (2018). Manajemen Operasional (Operations Management) (Cetakan 1), Jakarta: Ghalia Indonesia.

Yustriawan, D., & Taufik, M. L. (2020). Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Tani Padi (Oryza Sativa). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(2), 213-221.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Soegi Arryo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats