Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kemampuan Karyawan Dimediasi Kepuasan Kerja Pada Pt Herfinta Farm And Plantation Medan

Haira Almazidah Siregar

Abstract


Kinerja adalah hasil atau pencapaian kerja karyawan baik secara kualitas maupun kuantitas karyawan pada kurun waktu tertentu dalam melaksanakan tugas pekerjaannya sesuai tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Pada penelitian ini akan membahas tentang kinerja karyawan, motivasi kerja dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Herfinta Farm and Plantation Medan, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Herfinta Farm and Plantation Medan, (3) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Herfinta Farm and Plantation Medan, (4) pengaruh kepuasan kerja dalam memediasi hubungan motivasi kerja dengan kinerja karyawan pada PT Herfinta Farm and Plantation Medan. adapun sampel yang dilakukan menggunakan sampling jenuh. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 77 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model pengukuran (reliabilitas dan validitas) dan model struktural (r-square, f- square dan analisis jalur). Pengolahan data menggunakan program software SmartPLS 3 For Windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Herfinta Farm And Plantation Medan adalah positif dan signifikan dengan hasil yang diperoleh koefisien jalur = 0.713 dan P-Values 0.000 (<0.05). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Herfinta Farm And Plantation Medan adalah positif dan signifikan dengan hasil yang diperoleh koefisien jalur = 0.477 dan P-Values 0.000 (< 0.05). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Herfinta Farm And Plantation Medan adalah positif dan signifikan dengan hasil yang diperoleh koefisien jalur = 0.263 dan P-Values 0.034 (< 0.05). Kepuasan kerja merupakan variabel intervening atau memediasi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Herfinta Farm And Plantation Medan dengan hasil yang diperoleh adalah 0.188 dengan P-Values 0.043 < 0.05 (signifikan).

Full Text:

PDF

References


BUKU

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Arianty, N., Bahagia, R., Lubis, A. A., & Siswadi, Y. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: Perdana Publishing.

INTERNET

Astuti, R., & Lesmana, O. P. A. (2018). Pengaruh Motivasi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Perawat Pada Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan. Jurnal Ilman, 6(2), 4250.

Rizkayani, N. (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Yang Dimoderasi Kompensasi Dan Dimediasi Kepuasan Kerja. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(2), 151 164.

Rosmaini, R., & Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 115.

JURNAL

Alpi, M. F., & YUSNANDAR, W. (2018). Studi kebijakan hutang: Antaseden dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Berutu, R. A. (2019). Pengaruh Insentif Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pada PT Sumber Jadi Kencana Motor Medan (Doctoral dissertation).

Kinanti, A. P., & Willy Yusnandar, S. E. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Narasindo Mitra Prima The Influence Of Job Satisfaction And Work Motivation Of Employee Performance At PT. Narasindo Mitra Prima.

Yusnandar, W. (2019). Pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja Pegawai pt. Perkebunan nusantara iv medan (Doctoral dissertation, UMSU).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis [JIMEIS]




Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats