Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kemampuan Karyawan Pada Pdam Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara

Fitriani F

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk megetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja dan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara yang berjumlah 250 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 71 orang yang didapat dari hasil penjumlahan dengan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara (interview), studi dokumen dan kuisioner (angket). Tenknik analisis data dalam penelitian menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda, Uji t dan Uji F, serta Koerfisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS (versi 16.0). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan secara parsial tidak berpangaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawa pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara. Disiplin kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara. Pelatihan dan Disiplin kerja secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara.


Full Text:

PDF

References


BUKU

Afandi, P. (2016). Concept & Indikator Human Resources Management For Management Research. : Yogyakarta:Deepublish.

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok, Jawa Barat: PT RajaGrafindo Persada.

INTERNET

Arda, M. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Putri Hijau Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 4560. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1097

Jufrizen, J. (2018). Peran Motivasi Kerja Dalam Memoderasi Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. In Prosiding: The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018, 405424.

Kartikasari, R. I., & Djastuti, I. (2017). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 6, 112. https://doi.org/ejournal-sl.undip.ac.id/index.php/dbr

JURNAL

ANGRENI, N. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN.

IRIANDA, B. Pengaruh Konflik Kerja dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Puji Cahaya Medan.

Jasin, H., Mujiatun, S., Rambe, M. F., & Siregar, R. B. (2021). Apakah Kepercayaan Memediasi Pengaruh Reputasi Bank dan Religiusitas Terhadap Purchase Intention?. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 86-102.

JULIANA, S. N. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis [JIMEIS]




Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats