Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio Dan Total Asset Turnover Terhadap Return On Asset Pada Perusahaan Property Real Dan Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019

Faiz Abyandra

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Current Ratio terhadap Return On Assets, untuk menganalisis dan menegetahui pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap Return On Assets, Untuk menganalisis dan menegetahui pengaruh Total Assets Turnover terhadap Return On Assets, untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Current Ratio,Debt to Equity Ratio, Total Assets Turnover. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan penelitian yang di lakukan terhadap perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) priode 2016 sampai dengan 2019, maka dapat disimpulkan ada pengaruh antara Current Ratio (CR) terhadap Return On Assets (ROA). Berdasarkan penelitian yang di lakukan terhadap perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) priode 2016 sampai dengan 2019, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Assets (ROA). Berdasarkan penelitian yang di lakukan terhadap perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) priode 2016 sampai dengan 2019, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara Total Assets Turnover (TATO) Terhadap Return On Assets (ROA). Berdasarkan penelitian yang di lakukan terhadap perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia priode 2016 sampai dengan 2019, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara simultan antara Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) dan Total Assets Turnover (TATO) Terhadap Return On Assets (ROA). Nilai R-Squares adalah sebesar 20,5 % hal ini berarti bahwa 20,5 % variasi nilai Return On Assets ditentukan oleh peran dari variasi nilai Current Ratio, Debt to Equity Ratio Total Asset Turnover. Dengan kata lain kontribusi Current Ratio, Debt to Equity Ratio Total Asset Turnover dalam mempengaruhi Return On Assets adalah sebesar 20,5% sedangkan sisanya 62,3% adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti struktur aktiva dan pertumbuhan penjualan.


Full Text:

PDF

References


BUKU

Brigham, H. (2012). Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Buku 1 (Edisi Kelima). Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, I. (2012). Manajemen Keuangan, (Cetakan Kelima). Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin, L. (2013). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

INTERNET

Jumingan. (2015). Analisis Laporan Keuangan, (Cetakan Kelima). Jakarta: Bumi Aksara. Kamal, M. B. (2016). Pengaruh Receivalbel Turn Over Dan Debt To Asset Ratio (DAR) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada Perusahaan Pertanian Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 6881.

JURNAL

Jufrizen, J., & Parlindungan, R. (2018). Model Pengembangan Etika Kerja Berbasis Islam pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Kota Medan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sanjaya, S., & Sipahutar, R. P. (2019). Pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return on Asset pada Perusahaan Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 136-150.

Sipahutar, R. P., & GULTOM, D. K. (2018). PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN LONGTERM DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETUN ON EQUITY DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI BURSA EFEK INDONESIA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sipahutar, R. P., & Sanjaya, S. (2020). Pengaruh Current Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Restoran, Hotel Dan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 200-211.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis [JIMEIS]




Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats