Pengaruh Konflik Terhadap Kemampuan Karyawan Melalui Motivasi Kerja Pada Pt. Perkebunan Nusantara Iii (Persero) Medan

Fadly Darmawan Harahap

Abstract


Sumber daya manusia yang berkualitas akan turut memajukan perusahaan sebagai suatu wadah untuk meningkatkan kinerja yang baik. Oleh karena itu, sebuah perusahaan hendaklah memberikan arahan yang positif kepada sumber daya manusia yang dimiliki demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja antara lain konflik dan semangat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis beberapa hal yaitu: untuk mengetahui ada pengaruh konflik terhadap kinerja karyawan, mengetahui ada pengaruh konflik terhadap semangat kerja, untuk mengetahui ada pengaruh semangat kerja terhadap kinerja karyawan dan mengetahui konflik berpengaruh terhadap kinerja yang di mediasi oleh semangat kerja di PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 87 responden yang merupakan karyawan PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. Teknik Pengumpulan data menggunakan daftar pernyataan seperti kuesioner dan teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (SmartPls) untuk menguji empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengaruh konflik terhadap kinerja karyawan positif dan signifikan; (2) pengaruh konflik terhadap semangat kerja karyawan positif dan signifikan;(3) pengaruh semangat kerja terhadap kinerja karyawan positif dan signifikan; (4) semangat kerja sebagai variabel mediator berperan sebagai mediasi pada pengaruh konflik terhadap kinerja karyawan.


Full Text:

PDF

References


BUKU

Mangkunegara, A. P. (2013). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

INTERNET

Arianty, N. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(2), 144150. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jimb.v14i2.189

Chendikia, D. B., Utami, h, N., & Prasetya, A. (2016). Pengaruh konflik kerja dan stres kerja terhadap motivasi kerja karyawan dan kinerja karyawan (Studi pada Karyawan PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Jatim Selatan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 35(2), 143145.

JURNAL

Aisyah, S., Astuty, W., & Hafsah, H. (2019). PENGARUH KOMITE AUDIT DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PT. INALUM. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK), 2(1), 81-98.

Hafsah, H., & Ramadhani, F. (2021). Analisis Penerapan Perencanaan Pajak Atas Biaya Kesejahteraan Karyawan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(3), 146-157.

Ritonga, P., & Hafsah, H. (2018). PENGEMBANGAN DAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAHPENGANTAR AKUNTANSI BERBASIS KKNI DAN PEMANFAATAN KONTEN DOKUMEN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis [JIMEIS]




Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats