Analisis Perbandingan Penggunaan Media Google Meeet Dan Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Daring
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Library Research dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat komparasi media Google Meet dan Zoom Meeting dalam pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan hasil penelitian dengan merujuk pada jurnal dan artikel yang relavan, mengatakan bahwa media Google Meet dan Zoom Meeting memiliki perbedaan dari masing-masing aspek dilihat dari aspek fitur, tampilan aplikasi, waktu, tampilan video, keamanan dan biaya. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aplikasi Google Meet lebih unggul dan sering digunakan peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh dibandingkan dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Dalam konteks ini pembelajaran menggunakan aplikasi Google Meet dan Zoom Meeting dapat membantu peserta didik untuk mempermudah pemahaman materi yang akan disampaikan, sehingga proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien.
Kata Kunci: Google Meet, Zoom Meeting, Pembelajaran jarak jauh
Full Text:
PDFReferences
Amelia, C., & Pratiwi, I. (2020). PKM Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di UPT Sekolah Dasar. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 146-151.
Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.
Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 38-49.
Nasution, I. S., & NurAfifah, N. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Cabri 3D. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1-6.
Nasution, I. S., & Siregar, E. F. S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Aplikasi Ujian Dalam Jaringan Berbasis Web bagi Guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 87-94.
Nasution, I. S., Batubara, I. H., & Sriwahyuni, S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Software Geogebra Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 47-51.
PRATIWI, I. (2018). Process and Circumstances in The Katy Perrys Songs Lyrics.
Pratiwi, I. (2019). The Effect Of Applying Collaborative Strategy Reading (Csr) To The Students Reading Comprehension Assisted By Pop Up Book Story (Doctoral dissertation).
PRATIWI, I. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK WILAYAH SUMATERA UTARA.
Pratiwi, I., Amelia, C., & Pasaribu, O. L. (2020). PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 170-178.
Pratiwi, I., Amelia, C., & Pasaribu, O. L. (2020). PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 170-178.
PRATIWI, R. STUDENTSERROR IN PRONOUNCING THE WORDS CONTAINING SILENT LETTERS.
Sari, S. P. (2020). PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 26-33.
Sihotang, I. M. (2015). Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan.
Sihotang, I. M. (2016). Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini yang Menyenangkan.
Sihotang, I. M. (2019). Learning Lesson Study in Improving Accounting Learning Results. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 529-537.
Sihotang, I. M. (2019, November). Accounting Learning With Lesson Study Activities In FKIP UMSU. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 2, pp. 24-28).
Sihotang, I. M. (2020). MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.
Sihotang, I. M., & Ashadi, S. A. (2019, March). IMPLEMENTATION OF GUIDED TEACHING LEARNING STRATEGIES TO IMPROVE RESULT OF ACCOUNTING LEARNING IN PETTY CASH SUBJECT. In Multi-Disciplinary International Conference University of Asahan (No. 1).
Sihotang, I. M., & Azizah, N. (2018, November). Applying PAIKEM Learning Model to Improve Activities and Results of Accounting Learning. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 171-176).
Sihotang, I. M., & Fatmawarni, F. (2021). The Development of Assessment Instruments in Improving Analysis Thinking Ability. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4).
Sihotang, I. M., & Harahap, M. (2021, October). Analisis Pengakuan Dan Pengungkapan Pendapatan Menurut Psak No. 28 Pada Pt Asuransi Ramayana Tbk, Cabang Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).
Sihotang, I. M., & Hariani, P. P. (2021). Implementation of Lesson Study Based Accounting Learning with Student Facilitator and Explaining Learning Model. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Vol, 4(1), 153-159.
Sihotang, I. M., & Hasibuan, L. A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Quipper School Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Yang Dimoderasi Oleh Kemandirian Belajar Siswa. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(2), 177-188.
Sihotang, I. M., & Husna, F. (2020, October). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADAMASA COVID-19. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Sihotang, I. M., & Husna, F. (2020, October). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADAMASA COVID-19. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Sihotang, I. M., & Lestari, L. (2018). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada PTPN III Kebun Sei Silau Kabupaten Asahan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(1), 57-64.
Sihotang, I. M., & Munthe, D. S. (2017). Pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Akuntansi Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan ISSN: 2503 (Vol. 4855, pp. 56-66).
Sihotang, I. M., & Sari, D. M. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Akuntansi Piutang. Seminar Nasional Pendidikan 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats