Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid Di Smk Muhammadiyah 6 Medan

Lisa Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran Google Classroom untuk terhadap hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah 6 Medan. Mengembangkan media pembelajaran berbasi terknologi seperti Google Classroom memiliki tantangan tersendiri bagi guru, dalam mengelolah aplikasi, desain, dan strategi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian sampel dalam penelitian ini terdiri dari 17 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 6 Medan yang beralamat dijalan Denai Gg. Dua No.16 Medan kecamatan Medan Area. Dengan menggunakan media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar Akuntansi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 6 Medan mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai 82,27. Dalam pengujian hipotesis diperoleh thitung = 13,902 dan ttabel = 1,173, dengan demikian thitung > ttabel (13,902 > 1,173) berarti korelasi antara media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi adalah Signifikan. Maka dapat disimpulka bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 6 Medan.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Google Classroom, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Achmad Imam Agung , Tri Rijanto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 09(03), 605610.

Amirullah, SE., M. . (1982). Studies on wood gluing - XIII: Gluability and scanning electron microscopic study of wood-polypropylene bonding. In Wood Science and Technology (Vol. 16, Issue 4). https://doi.org/10.1007/BF00353157

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

DR.Wahidmurni,M.Pd, 87(1,2), 149200.

Durahman, D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Multimedia Pembelajaran Bagi Guru Madrasah Pada Diklat Di Wilayah Kerja Kemenag Kabupaten Cianjur. Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 215221. https://doi.org/10.38075/tp.v12i34.71

Firdha, R. (2017). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Perpikir Kritis Matematika pada siswa kelas vii SMP Pesantren Immim Putri Minasatene. Mosharafa, 6(1), 117128.

Harahap, T. H., & Manurung, A. A. (2019). The Influence of Three Stage Fishbowl Decision Learning Method On Mathematical Learning Ability.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hawin, M. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan Berbasis Islam Anggota Karang Taruna Dengan Kepedulian Sosial. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 7(2), 5054. https://doi.org/10.26555/almisbah.v7i2.1125

Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.

Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Komala, R. D., & Nellyaningsih. (2017). Tinjauan Implementasi Personal Selling Pada Pt. Astra Internasional Daihatsu Astra Biz Center Bandung Pada Tahun 2017. Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom, 3(2), 330337.

Kurniawan. (2017). Pemaparan Metode Penelitan Kuantitatif.

Lubis, H. Z., & Jamila, J. (2018). INOVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL ADDIE PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Magdalena, R., & Angela Krisanti, M. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 3548. https://doi.org/10.33557/jtekno.v16i1.623

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). PENERAPAN MODEL PACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NURUL ASANAH. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1).

Makmur, A., & Aspia, A. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Padangsidempuan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Manurung, A. A. (2012). Media Pembelajaran Berbasis Tergologi Informatika.

Manurung, A. A. (2020). Design and Simulation of Indonesian Language Application Exam with Mobile-based End User Development Method. Al'adzkiya International of Computer Science and Information Technology (AIoCSIT) Journal, 1(1).

Manurung, A. A., & Gulo, F. F. (2021). Application of Problem Based Learning Model on Pythagorean Theorem Material to Improve Student Learning Outcomes for Class VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(2).

Manurung, A. A., & Laoli, D. (2021). The Effect Of Problem Based Learning Model On Learning Motivation And Understanding Of Mathematical Concept Students Of SMP Negeri 2 Tuhemberua. Al'Adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(2), 170-196.

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1), 54-57.

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI STRATEGI BELAJAR SMALL GROUP WORK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Numeracy, 8(2), 83-89.

Manurung, S. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01), 42695.

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Muthi, F., Kartono, R., & Widodo, D. A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar TIK Siswa SMP N 1 Bulu Sukoharjo. 4(1), 6267.

Puryadi, Bambang Sahono, T. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar SISWA. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 132140.

Sabara, E. (2018). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja

Simamora, A., & Manurung, A. A. (2021). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Di Kelas VIII SMp Negeri 1 Galang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(2).

Sri Arum, Y. B. B. (2020). Pengaruh Aplikasi Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Sma/Smk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 16. http://jim.unindra.ac.id/index.php/schrodinger/article/view/3139/pdf

Suuga, H. S. (2020). Media E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Hisyam Surya Su uga Euis Ismayati

Tafonao Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 2(2), 103114.

Widi, R. (2011). Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Stomatognatic, 8(1), 2734.

Widyantara, V. (2020). Konsep, Penggunaan, Perbandingan, Kelebihan Dan Kekurangan Serta Implikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Vokasi Konstruksi Bangunan, May, 15. https://www.researchgate.net/publication/341232720_Konsep_Penggunaan_ Perbandingan_Kelebihan_Dan_Kekurangan_Serta_Implikasi_Google_Classr oom_Sebagai_Media_Pembelajaran_Jarak_Jauh

Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of covid 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 16-24.

Yulyani, R. D. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom , Fasilitas Pembelajaran Dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ed-Humanistics, Pengaruh Pembelajaran Google, 5(2), 703714.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 1723.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats