Penerapan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar Pada Siswa Kelas VIII Smp Generasi Bangsa T.A 2020/2021

Melia Rosa Putri

Abstract


Permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia merupakan satu hal yang sangat penting untuk dibicarakan dalam pembangunan nasional, sebab permasalahan pendidikan menyangkut masa depan penerus bangsa dan Negara. Rasa percaya diri adalah pusat terpenting bagi individu agar bisa menjadi manusia yang lebih positif dan dan mampu merespon dengan baik tantangan yang datang dengan lebih realistis. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pada siswa kelas VIII-B SMP Generasi Bangsa melalui pemberian layanan informasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Generasi Bangsa Jl. Rawe 4, Tangkahan, Kec. Medan Labuhan Sumatera Utara. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yaitu penelitian yang dilakukan melalui dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan pengisian google form sebagai pendukung dalam memperkuat data. Subyek dalam penelitian ini merupakan peneliti itu sendiri yang dibantu dengan Wali Kelas. Sedangkan obyeknya adalah siswa kelas VIII-B SMP Generasi Bangsa tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri 25 siswa dan 11 siswa memiliki rasa percaya diri yang rendah. Setelah pemeberian layanan dilakukan rasa percaya diri pada siswa semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dari observasi pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pemberian layanan informasi dapat digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pada siswa kelas VIII-B SMP Generasi Bangsa T.A 2020/2021.

Kata Kunci: Rasa Percaya Diri, Layanan Informasi

Full Text:

PDF

References


Amini. 2011. Penelitian Pendidikan. Medan : Perdana Publishing

Amti, E & Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta

Dewirsyah, A. R., & Hariani, P. P. (2018). PENGARUH METODE PENYELESAIAN MASALAH (Problem Solving) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Emelia, T. W. (2001). Makna Antarpersona dalam Iklan Lisan dan Tulisan.

Emelia, T. W. (2017). Tradisi Lisan Cenggok-Cenggok pada Upacara Adat Perkawinan Melayu Panai Labuhanbatu-Sumatera Utara.

Emelia, T. W. (2018). Model Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Tradisi Lisan Berpantun Masyarakat Melayu Labuhan Batu Sumatera Utara. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Emelia, T. W. (2018). Pengrajin Tikar Pandan di Desa Alue O Idi Rayeuk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 551-555.

Emelia, T. W. (2018). Semiotic Analysis of Gesture in Marlina the Murderer in Four Acts Film.

Emelia, T. W. IBM PENGRAJIAN TIKAR PANDAN DI DESA ALUE O IDI RAYEUK.

Emelia, T. W., & Diah, H. T. (2018). KEARIFAN LOKAL DALAM SYAIR BORDAH MASYARAKAT MELAYU PANAI LABUHAN BATU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Emelia, T. W., & Diah, H. T. (2019). ANALISA KESALAHAN ARTICLE DFINI DAN INDFINI DALAM BAHASA PERANCIS. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Emelia, T. W., & Ramadhani, S. (2021). KEKAYAYAN REMPAH DALAM TRADISI BUBUR PEDAS MELAYU TAMIANG: KAJIAN TRADISI LISAN. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 22-29.

Emelia, T. W., Sari, A. W., & Izar, S. L. (2021). PKM Pendampingan Mendesain Proposal Kegiatan dalam Bahasa Indonesia Kepada Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat Kota Medan. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(3), 63-69.

Emria Fitri, Dkk. 2016. Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling

Hariani, P. P. (2018). PENGARUH CASH HOLDING DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2013-2016. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, (3).

Hariani, P. P. (2019). Kreativitas Den Takur. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 91-99.

Hariani, P. P. (2019, November). Difference of Accounting Learning Results Using Model Creative Problem Solving Learning and Modelling The Way At Students Faculty of Teacher Training and Education. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 2, pp. 89-91).

Hariani, P. P. (2019, November). Difference of Accounting Learning Results Using Model Creative Problem Solving Learning and Modelling The Way At Students Faculty of Teacher Training and Education. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 2, pp. 89-91).

Hariani, P. P., Rahmayati, R., & Mujiatun, S. Model Bisnis Islamic Financial Technology Produk Bank Syariah di Kota Medan. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 4(2), 69-81.

Hariani, P. P., Sari, I. P., & Batubara, I. H. (2021). Implementasi e-Financial Report BUMDes. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 169-177.

Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 38-49.

Indah Lestari. 2015. Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajar Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG

Lina & Klara Sr. 2010.3 Panduan Menjadi Remaja Percaya Diri. Jakarta : Percetakan Perca

M. Nur Ghufron, Rini Risnawita S. 2016. Teori-Teori Psikologi.Jogjakarta : Ar-

Masnur Muslich. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah.Jakarta : Bumi Aksara

Prayitno.2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Ramadhani, S., & Emelia, T. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Perintah Dalam Teks Eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1).

Rina Aristiani. 2016. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantu Audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG

Ruzz Media

Sinar, T. S., Sibarani, R. S., & Takari, M. T. (2017). The Perfomance, Text, and Context Cenggok-Cenggok Malay Panai Labuhanbatu-Sumatera Utara, Indonesia. Journal of Arts and Humanities, 6(7), 55-61.

Sukardi. 2013. Metode penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi Dan Pengembangannya. Jakarta : Bumi Aksara

Susilo Raharjo & Gudnanto.2013. Pemahaman Individu Teknik Nontes. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

Tohirin. 2013. Bimbingan Konseling Di Sekolah dan Di Madrasah ( Berbasis Integrasi ). Jakarta : Raja Prasindo Persada

TUSSADIAH, H. A. L. I. M. A. H., & Emelia, T. W. (2018). ANALISA KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MORFEM PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UMSU. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Wijaya Kesuma & Dedi dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat : Indeks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats