Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Di Kelas Xi Sma Harapan Mekar Tahun Pelajaran 2020/2021

Surita Dewi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengentahui keefektifitas layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku sopan santun siswa di kelas XI SMA Harapan Mekar tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan (action research), yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap tindakan yang telah dilaksanakan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Harapan Mekar yang berjumlah 9 orang siswa. Sumber data di dapat dari hasil wawancara dengan guru bimbingan konseling dan siswa, observasi, angket, dan dokumentasi. Penerapan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku sopan santun siswa memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan perilaku sopan santun siswa kelas XI SMA Harapan Mekar. Dalam pelaksanaan prasiklus jumlah persentase 22,2% dan di siklus I dengan jumlah persentase 66,7% serta pada siklus II pelaksanaan layanan yang diberikan oleh peneliti dengan teknik berhasil mencapai persentase 88,9%. Jika dibandingkan dengan hasil persentase sikus I, teknik sosiodrama dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa setelah melaksanakan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan yang artinya perilaku sopan santun siswa meningkat. Oleh karena itu, perilaku sopan santun siswa yang rendah dapat diatasi dengan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama kelas XI SMA Harapan Mekar.

Kata Kunci: Layanan bimbingan Kelompok, teknik sosiodrama, dan perilaku sopan santun

Full Text:

PDF

References


Andriati N, Atika A, & Yudito Rico P. 2019. Jurnal Pendidikan. Meningkatkan Sikap Empati Siswa Smp Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama. Vol.17. (1). 75

Artha, D. J., Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Usaha Quilling Paper Bagi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Daya Manusia Unggul Dan Kreatif. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15-20.

Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B. S., & Siregar, E. F. S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 854-859.

Fatmawarni, F., & Haryani, P. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Analisa Ratio Keuangan Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(1), 24-47.

Hariani, P. P. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(2), 117-140.

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Hariani, P. P., & Siregar, A. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran PBL Untuk Mengembangkan Karakter Belajar Melalui Jurnal Ilmiah. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 14-25.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hartono. 2007. Sopan Santun Dalam Pergaulan. Bandung: Armico.

Heris Hendriana & M. Afrilianto. 2017. Langkah praktis penelitian tindakan kelas bagi guru. Bandung: Refika Aditama.

Istarani & Intan P. 2017. Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Iscom Medan.

Istarani. 2014. Kumpulan 40 metode pembelajaran. Medan: Media Persada.

Maliki. 2016. Bimbingan konseling di sekolah dasar. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Mansur Muslich. 2009. Melaksanakan PTK itu mudah. Jakarta: Bumi aksara.

Mariati, M., & Saehu, U. A. (2021). Character-Oriented Development of Accounting Teaching Materials and Higher Order Thinking Skills (HOTS). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 391-403.

Mariati, M., Saehu, U. A., & Hani, S. (2021). Content Analysis of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in the E-Module of Lecturers at Muhammadiyah University of North Sumatra. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 12090-12102.

Muzaki Akhmad & Casmini. 2019. Jurnal Bimbingan Konseing Dan Dakwah Islam. Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Man 3 Bantul. Vol.16. (2). 129

Notoatmodjo & Soekidjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2009. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok Dasar Dan Profil. Jakarta: Ghalia Indonesia

Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil Layanan Dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ratna Lilis. 2013. Teknik Teknik Konseling. Yogyakarta: Budi Utama.

Rina Febriana. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Roshita Ita. 2015. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Upaya Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama.Vol.1. (1). 69

Saehu, U. A., Lubis, H. Z., & Hariani, P. P. (2021, October). Pelatihan Keuangan Berbasis Aplikasi Si APIK Bagi Pelaku Usaha Loundry di Desa Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Delli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Sihotang, I. M. (2016). Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini yang Menyenangkan.

Sihotang, I. M. (2020). MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Sihotang, I. M. in Preparing Financial Statements.

Sihotang, I. M., & Ashadi, S. A. (2019, March). IMPLEMENTATION OF GUIDED TEACHING LEARNING STRATEGIES TO IMPROVE RESULT OF ACCOUNTING LEARNING IN PETTY CASH SUBJECT. In Multi-Disciplinary International Conference University of Asahan (No. 1).

Sihotang, I. M., & Azizah, N. (2018, November). Applying PAIKEM Learning Model to Improve Activities and Results of Accounting Learning. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 171-176).

Sihotang, I. M., & Hariani, P. P. (2021). Implementation of Lesson Study Based Accounting Learning with Student Facilitator and Explaining Learning Model. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Vol, 4(1), 153-159.

Sihotang, I. M., & Sari, D. M. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Akuntansi Piutang. Seminar Nasional Pendidikan 2018.

Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Accurate Untuk Guru-Guru SMK Di Kota Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(1), 7-12.

Situmorang, H. F. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 10(2), 151-163.

Situmorang, H. F. (2019). PERAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DI PERKULIAHAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(2), 146-161.

Situmorang, H. F. (2020). The Basic and Middle Education Concept as A Step of Students in Planting Value Establishment since Early. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(2), 705-712.

Suharti. 2004. Pendidikan Sopan Santun Dan Kaitannya Dengan Perilaku Berbahsa Jawa Mahasiswa. :DIKSI Vol.11 (1). 59

Sukmawati Ema.2016. Jurnal Konseling GUSJIGANG. Meningkatkan Nilai Kesopanan Oleh Guru Pembimbing Melalui Bimbigan Kelompok Pada Siswa SMA Pontianak. Vol. 2. (2). 123

Suryani Lilliek. 2016. Jurnal Mitra Pendidikan. Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok.. Vol. 1. (1). 112-114

Zuriah. 2008. Pendidikan moral dan budi pekerti dalam perspektif perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats