Pengaruh Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Di Kelas XI Mas Pab 4 Klumpang T.A 2020/2021

Hafijah Armayani

Abstract


Layanan Konseling individual merupakan layanan konseling yang di selenggarakan oleh seorang konselor terhadap seseorang klien dalam rangka mengentaskan masalah pribadi klien. Dalam suasana tatap muka dilaksanakan interaksi langsung antara klien dan konselor, membahas berbagai hal tentang masalah yang dihadapin klien. Tujuan dari penelitian ini ialah penerapan layanan konseling individual untuk menangai siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar di kelas XI MAS PAB 4 Klumpang Tahun Ajaran 2020-2021. Metode yang digunakan ialah penelitian kuliatatif untuk melihat perubahan siswa selama pemberian layanan dengan subjek yaitu peneliti dan guru bk adapun objek penelitian ini berjumlah 2 orang berdasarkan hasil proses penelitian yang dilakukanpenerapan layanan konseling individual untuk menangai siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar di kelas XI dengan menggunakan obeservasi dan wawancara yaitu berjalan dengan lancar.

Kata Kunci: Layanan Konseling Individual, Kesulitan Dalam Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharmisi. 2007. Prosedur Penlitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta

Ariunto Suharsimi, dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bakar, Abu Iskandar. 2011. Psikologi Konseling. Jakarta: Transindo Gastama Media.

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.

Deliati. 2018. Bidang Praktek Bimbingan Belajar. Semarang :RaSAIL MEDIA GROUP

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018). The Management of School Libraries Muhammadiyah.

Haryati, F. (2015). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Soft Skill. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 9-18.

Haryati, F. (2019, April). PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS SOFT SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PROGRAM STUDY PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau 2018 (pp. 144-156).

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Hasibuan, M. F. (2019). Pemanfaatan ICT sebagai media atau teknologi terhadap pelaku industri rumahan untuk memajukan usahanya melalui layanan bimbingan dan konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(2), 72-77.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar. Bogor: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan

Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Jamilah, J., Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). The Development of Mental Health Learning Materials Using The Metacognitive Approach in Counseling Guidance Study Programme in FKIP UMSU. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 62-67.

JuntikaNurihsan, Ahmad. 2007. Strategi Layanan Bimbingan & Konseling. Bandung: PT. Revika Aditama

Lubis, H. Z., & Jamila, J. (2018). INOVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL ADDIE PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Mardiana, E., Haryati, F., & Wahyuni, S. (2021). Praktek Asessmen dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 5(6), 5859-5876.

Minarni, S., & Nur, Z. (2018). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Klepto. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 17-21.

Nasution, M. D., Nasution, E., & Haryati, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 69-80.

Prayitno, 2017 .Konseling Profesional Yang Berhasil.Cetakkan Pertama, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Prayitno. 2012. Wawasan Profesional Konseling. Padang : Universitas Negeri Padang.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2013. Konseling Individual Teori dan Praktik Bandung : Alfabeta.

Sari, A. W., Deliati, D., & Tussadiah, H. (2020). Vocab Bagi Ibu Warga Pkk Di Kecamatan Binjai Utara. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59-65.

Sofyan, W.S. 2007 , konseling individual teori da npraktek, Bandung :Alfabeta

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2012.Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Tohirim. 2013. Bimbingan dan Konseling diSekolahd an Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Tohirin, 2007 .BimbingandanKonseling di sekolah Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Willis. 2010. Konseling Individual TeoridanPraktek. Bandung :Alfabeta.

Yusnandar, W., Deliati, D., & Jufrizen, J. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats