Revitalisasi Perilaku Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Dikalangan Pelajar Melalui Mata Pelajaran Pkn Di Sma Negeri 1 Kota Pinang

Gestina Selviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Merevitalisasi nilai-nilai Civic Disposition untuk meningkatkann kesadaran hukum berlalu lintas dikalangan pelajar. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah apakah dengan merevitalisasi nilai-nilai Civic Disposition dapat menumbuhkan kesadaran hukum berlalu lintas dikalangan pelajar dan karakter privat manakah yang terbangun melalui Revitalisasi Civic Disposition. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu analisis data dalam bentuk kata-kata, kalimat atau paragraf yang dinyatakan dalam bentuk deskriptif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan sehingga dapat memberikan gambaran masalah yang sedang diteliti di SMA Negeri 1 Kota Pinang. Sumber datanya yaitu Guru PKn SMA Negeri 1 Kota Pinang, serta teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Revitalisasi Civic Disposition dapat meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas dikalangan pelajar sehingga nilai-nilai dalam Civic Disposition dapat tertanam dalam diri pelajar dan dalam berlalu lintas pelajar mampu memahami akan aturan yang telah ditetapkan sehingga pelajar menjadi paham akan Hak dan Kewajiban sebagai warganegara.

Kata Kunci: Civic Disposition, Kesadaran Hukum Berlalu Lintas, Mata Pelajaran PKn


Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Wahab dan Sapriya. (2011) Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta

Amrizal, D., & Yusriati, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Produktivitas Tanaman Ubi Kayu Melalui Teknik Budidaya Dan Penerapan Model Penyuluhan Kelompok Tani Terbatas Di Desa Baru Titi Besi. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-5.

Amrizal, D., & Yusriati, Y. (2021, February). THE EFFECTIVENESS OF ONLINE LEARNING FOR ISLAMIC-BASED HIGHER EDUCATION TOWARDS A NEW NORMAL ERA IN KOTA MEDAN. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 876-881).

Arikunto, Siharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Siharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Budimasyah, Dasim. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press

Dalam, C. D. (2020). Memperkuat persatuan di era revolusi industri. 253260.

Dalimunthe, A. H., Chanra, A., & Yusriati, Y. (2018). MODEL PENANGGULANGAN GOLONGAN PUTIH (GOLPUT) BERDASARKAN PERUBAHAN PRILAKU PEMILIH PADA PILKADA SERENTAK. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Dantes, K. F., & Hadi, I. (2020). Peningkatan Kesadaran Hukum Tata Dan Tertib Berlalu Lintas Perspektif Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu . Proceeding SenadimasUndiksha,10221028. https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2020/assets/ProsidingSenadimas2020/file/134.pdf

Fathurrohman & Wuri Wuryandari. (2011). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Yoyakarta: Nuha Litera.

Fusnika. (2014). Pembinaan Civic Disposition Berbasis Nilai-Nilai Kemanusiaan Pada Pembelajaran Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 5057.

Fusnika. (2014). Pembinaan Civic Disposition Berbasis Nilai-Nilai Kemanusiaan Pada Pembelajaran Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 5057.

Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 38-49.

Info, A. (2017). Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. 5(1).

Kariadi, D. (2016). Revitalisasi Nilai-Nilai Edukatif Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Masyarakat Berwawasan Global Berjiwa Nasionalis. 1.

Kharil, K., & Yusriati, Y. (2018). PENGEMBANGAN MODEL ANALISIS LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GRAMATIKA SISWA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Mariati, M., & Saehu, U. A. (2021). Character-Oriented Development of Accounting Teaching Materials and Higher Order Thinking Skills (HOTS). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 391-403.

Mariati, M., Saehu, U. A., & Hani, S. (2021). Content Analysis of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in the E-Module of Lecturers at Muhammadiyah University of North Sumatra. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 12090-12102.

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. 14, 218225.

Nurhyadi, Tolib.. 2017. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Pembukuan Balitbang Kemedikbut.

Nuryadi,Tolib. 2017. Pendidiakn Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Pembukuan Balitbang Kemendikbut

Pangalila, T. (2017). PENINGKATAN CIVIC DISPOSITION SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKn ). 7, 91103.

Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., & Pengantar, K. (2014). Rencana strategis.

Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., & Pengantar, K. (2014). Rencana strategis.

Raharja, R. M., Legiani, W. H., Fitrayadi, D. S., & Lestari, R. Y. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Kompetensi Warga Negara Mahasiswa Fkip Untirta. Untirta Civic Education Journal, 2(2), 199213. https://doi.org/10.30870/ucej.v2i2.2812

Sihotang, I. M. (2016). Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini yang Menyenangkan.

Sihotang, I. M. (2019). Learning Lesson Study in Improving Accounting Learning Results. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 529-537.

Sihotang, I. M. (2019, November). Accounting Learning With Lesson Study Activities In FKIP UMSU. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 2, pp. 24-28).

Sihotang, I. M. (2020). MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Sihotang, I. M., & Ashadi, S. A. (2019, March). IMPLEMENTATION OF GUIDED TEACHING LEARNING STRATEGIES TO IMPROVE RESULT OF ACCOUNTING LEARNING IN PETTY CASH SUBJECT. In Multi-Disciplinary International Conference University of Asahan (No. 1).

Sihotang, I. M., & Azizah, N. (2018, November). Applying PAIKEM Learning Model to Improve Activities and Results of Accounting Learning. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 171-176).

Sihotang, I. M., & Hasibuan, L. A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Quipper School Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Yang Dimoderasi Oleh Kemandirian Belajar Siswa. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(2), 177-188.

Sihotang, I. M., & Sari, D. M. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Akuntansi Piutang. Seminar Nasional Pendidikan 2018.

Situmorang, H. F. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 10(2), 151-163.

Situmorang, H. F. (2019). PERAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DI PERKULIAHAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(2), 146-161.

Situmorang, H. F. (2020). The Basic and Middle Education Concept as A Step of Students in Planting Value Establishment since Early. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(2), 705-712.

Sugiyono. 2011. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats