Penerapan Fasilitas Belajar Terhadap Pembelajaran Daring Kelas V Sd Muhammadiyah 31 Kecamatan Medan Helvetia

Aisyah Nur Sakinah

Abstract


Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Pembelajaran Online Kelas V SD Muhammadiyah 31 Kecamatan Medan Helvetia Medan. Rumusan masalah didalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Fasilitas Belajar di SD Muhammadiyah 31 kecamatan Medan Helvetia Medan. Bagaimana pembelajaran online Kelas V SD Muhammadiyah 31 Kecamatan Medan Helvetia Medan. Bagaimana pengaruh fasilitas belajar terhadap pembelajaran online kelas V SD Muhammadiyah 31 Kecamatan Medan Helvetia Medan. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Pembelajaran Online Kelas V SD Muhammadiyah 31 Kecamatan Medan Helvetia Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Muhammadiyah 31 kelas V sebanyak 22 orang yang berperan sebagai responden. Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner yang diproses dan dianalisis dengan menggunakan pogram aplikasi SPSS V16. Lalu melakukan uji kualitas data dengan menggunakan uji Validitas dengan menggunakan Corrected Item. dan uji Reliabilitas dengan menggunakan Cronbach Alpha. Untuk Uji Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Fasilitas Belajar menunjukkan, hasil hitung 3,562 > ttabel 2.086 (sig 0.002 < 0.05) sehingga menunjukkan Fasilitas Belajar (X) berpengaruh signifikan terhadap Pembelajaran Online kelas V SD Muhammadiyah 31 Kecamatan Medan Helvetia.

Kata Kunci: Fasilitas Belajar dan Pembelajaran Online


Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. 2020. The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of Merdeka Belajar . Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 3849.

Ammy, P. M. (2013). Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dengan pembelajaran langsung (Doctoral dissertation, UNIMED).

Ammy, P. M. (2013). Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dengan pembelajaran langsung (Doctoral dissertation, UNIMED).

Ammy, P. M. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(1), 27-35.

Ammy, P. M. (2021). Approach in Improving Student's Mathematical Understanding Abilities. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 5(2), 463-469.

Ammy, P. M. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Information Search terhadap Kemampuan Pemahaman Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3242-3249.

Ammy, P. M. (2021, June). Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio13 Dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 644-651).

Ammy, P. M., & Batubara, I. H. (2018). PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 175-184.

Anugrahana, Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10 No. 3, September 2020: 282-289

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi.

Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran (Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada)

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53.

Desi Lisnawati, Natalia. 2018. Hubungan Atara Minat Belajar, Fasilitas Belajar Di Rumah, Keikutsertaan Bimbingan Belajar Di Luar Sekolah, Kebiasaan Bersosial Media Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Sleman

Fadhli, T., & Siregar, I. K. (2020). Solution Focused Brief Counseling Teknik Thought Stoping Untuk Mengatasi Kecamasan Diri Terhadap Isu Virus Corona-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 1-9.

Ferismayanti. 2020. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19

Goldschmidt, K., & Msn, P. D. 2020. The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 35. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013

Goretty Sarahutu, Maria. 2020. Pembelajaran Online, Minat Belajar, Dan Kehidupan Sehari-Hari Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma Di Tengah Covid-19.

Hanum, N.S. 2013. Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, vol.3, no.1 (2013)

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.

Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Kusuma, J. W., & Hamidah. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 5(1).

Lee, A. 2020. Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health. January, 1921.

Lubis, H. Z., & Jamila, J. (2018). INOVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL ADDIE PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Mona, N. 2020. Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, 2(2).

Ndirangu, M., & Udoto, M. D. 2011. Quality Of Learning Facilities And Learning Environment: Challenges For Teaching And Learning In Kenyas Public Universities. Quality Assurances In Education, 19(3), 208-223

Prasetyo, Teguh, Dkk. 2020. Penyediaan Fasilitas Belajar Masyarakat Di Era 4.0. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol 1, No 1 (2020).

Putri, Kiki. 2019. Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sd Negeri 18 Seluma.

Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.

Rasyid Lubis, Muhammad. 2019. Pengaruh Kecerdasan Intelektual (Iq) Siswa Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Panca Budi 2 Medan Tp. 2019/2020

Setijoprojo, Adji., Dkk. 2015. Anatomi Manajemen Pendidikan, (Bogor: PT Penerbit IPB Press, 2015)

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini, 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor. Ghalia Indonesia

Siregar, I. K. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 97-104.

Siregar, I. K. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Siswa. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia

Sudarwan Danim. 2010. Media Komuniksi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sudirman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono,2018. Metode Peneletian Pendidikan : Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sunadi, Lukman. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Ips Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), Vol 1 No 3 (2013)

Syahputra, Eko Febri. Damilia Eva. 2020. Pembelajaran Online Sebagai Bentuk Penguatan Pendidikan Selama Pandemi Covid-19 Di Sd Muhammadiyah 03 Kota Medan. Jurnal Ilmiah Aquinas. Volume: III No. 2 Juli 2020. P-ISSN:2615-7683.

Toni Wijaya, Anom. 2016. Hubungan Antara Fasilitas Belajar Di Rumah Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Tkr Smk Muhammadiyah Bambanglipuro.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82-92

Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Wulandari, M.S. & Rahayu, N. 2010. Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : PrenadaMedia Group.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats