Efektivitas Model Pembelajaran Predict - Observe Explain (Poe)Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Smp Muhammadiyah 05 Medan T.P 2020/ 2021

Fadnisa Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2020/2021. (2) Untuk mengetahui Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada kelas eksperimen 1 dan tanpa menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada kelas eksperimen 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil T.P 2020/2021 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen satu 30 siswa di kelas VII-A dan untuk kelas eksperimen dua 30 siswa di kelas VII-B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat(uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas) dan uji hipotesis. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan uji hipotesis (uji mancova) yaitu harga Fhitung = 3,551 setelah dibandingkan dengan Ftabel = 2,92, ternyata Fhitung (3,551) > Ftabel (2,92) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2020/2021.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE).


Full Text:

PDF

References


Akhdiyat, A.M, Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. JPMI- Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 1(6), November 2018, 1045-1054.

Anggriani, T. U., & Effendi, S. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KOMISI (KOTAK MISTERI AKUNTANSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 53-67.

Axters, R., & Effendi, S. (1991). Standardization and Quality Control Development of Food and Agricultural Products (Coffee and Cocoa), Indonesia. Report, 25 March to 24 May 1991.

Bahroni,L., & Agustin, U.S. (2017, November). Pengaruh Model Pembelajaran Predict- Observe- Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Kajian Pendidikan Matematika, 3(1) 99-104 http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm diakses pada tanggal 1 Maret 2020 pukul 13.15

Darma, M. B., Effendi, S., & Juari, A. A. T. (2018). Pengaruh citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan kosmetik. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(1), 1-8.

Effendi, S. (1982). [The influence of processing conditions on the quality of cocoa bean (Theobroma cacao L.) at Bunisari Estate (in Indonesia)].[Indonesian].

Effendi, S. (1983). The effect of the processing conditions on the quality of cocoa beans. Menara Perkebunan (Indonesia).

Effendi, S. (1988). [Determination of optimal fermentation time of cacao beans base on fermentation index].[Indonesian]. In Seminar Penelitian Pasca Panen Pertanian. Bogor (Indonesia). 1-2 Feb 1988..Effendi, S., & Hardjosuwito, B. (1988). Measurements of cacao bean fermentation by fermentation index and organoleptic test. Menara Perkebunan (Indonesia) v. 56 (3) p. 76-69.

Effendi, S. (1989). Determination of optimum duration of cacao bean fermentation based on fermentation index. Menara Perkebunan (Indonesia).

Effendi, S. (1995). Utilization of Cacao Sweatings for Nata Production Using Acetobacter Xylinum. Menara Perkebunan, 63(1), 23-26.

Effendi, S. (2012). Teknologi Pengolahan Pangan dan Pengawetan Pangan. Bandung (ID): Alfabeta.

Effendi, S. (2015). Hubungan tingkat kecerdasan emosional dan intelektual dengan keberhasilan belajar. Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 1(2).

Effendi, S., & Siregar, S. A. (2018). Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 125-137.

Effendi, S., Winarno, F. G., Nur, M. A., & Hardjo, S. (1983). Pengaruh kondisi pengolahan trhadap mutu biji cokelat (Theobroma cacao L.) di Perkebunan Bunisari. Menara perkebunan.

Florentina, Noviyani., Leonard. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Formatif, 7 (2) : 96-106, 2017

Hamonangan, S. D., Marbun, D. S., Siregar, S. A., & Effendi, S. (2020, September). Panel: The Problem of Pandemic Economics and the Solution of Constitutional Macroeconomics. In IF 2020.

Indriani, V., Arsyad, N., & Mulbar, U. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA-I SMAN 22 Makasar. Jurnal Daya Matematis, Vol 1, No 2, 51-62.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Lubis, H. Z., Effendi, S., & Fatmawarni, F. (2021, November). Online Accounting Learning Problems Analysis During the Covid-19 Pandemic. In Journal of International Conference Proceedings (JICP) (Vol. 4, No. 2, pp. 447-454).

M,E., Napitupulu, M., & Sakung , J. (2013). Pengaruh Model POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Kelas XI Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA NEGERI 4 Pasangkayu. J.Akademi Kim. 2(2): 62-67, May 2013.

Marbun, D. S., Juliandi, A., & Effendi, S. (2020). The Effect of Social Media Culture and Knowledge Transfer on Performance. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Vol, 3(3), 2513-2520.

Marbun, D. S., Effendi, S., Lubis, H. Z., & Pratama, I. (2020). Role of education management to expediate supply chain management: a case of Indonesian Higher Educational Institutions. Int. J Sup. Chain. Mgt Vol, 9(1), 89-96.

Mulato, S., Amir, E. J., Effendi, S., & Sariyanto, T. (1991). Effect of drying temperature of solar tunnel dryer on drying rate of cocoa bean. Menara Perkebunan (Indonesia).

Sihotang, I. M. (2015). Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan.

Wiguna,C.S., Sumaatdja, N., & Ningrum, E. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Geografi, 30 41. http://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/3306 diakses pada tanggal 2 maret 2020 pukul 13.50

Yuliasih, R., Melati, H. A., & Rasmawan, R. (2016). Pengaruh POE Pada Materi Koloid Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2326/18383 halaman 1-9. diakses pada tanggal 1 Maret 2020 pukul 13.30

Zarkasyi, W., Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats