Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Kahoot Untuk Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Sma Free Methodist 1 Medan T.A 2020/2021

Siti Humairah Daniel

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran online berbasis aplikasi yang dipakai dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (daring), mengetahui kelayakan media, dan mengetahui peningkatan minat belajar setelah menggunakan media pembelajaran online berbasis aplikas Kahoot pada materi Fungsi dan Fungsi Grafik, Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers, dan Trigonometri mata pelajaran Matematika di kelas X IPA-1 SMA Free Methodist 1 Medan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R and D) dengan metode pengembangan menggunakan model Waterfall, yang meliputi tahap (1) Analisis kebutuhan. (2) Desain. (3) Implementasi. (4) Pengujian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon penilaian siswa dan analisis butir soal. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase akhir sebesar 82% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan pesentase akhir sebesar 83% dengan kategori layak untuk digunakan. Validitas dari hasil uji coba diperolah uji kelompok kecil 6 soal yang tidak valid dan pada penerapan kelas eksperimen 2 soal yang tidak valid, reliabilitas yang diperoleh pada tahap pertama sebesar dan pada tahap kedua sebesar . Pada penilaian siswa memperoleh persentase akhir sebesar 81% dengan kriteria sangat menarik. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbentuk test online yang dikembangkan sangat layak sebagai media pembelajaran online yang baik digunakan dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Kahoot, Pengembangan, Minat Belajar


Full Text:

PDF

References


Afrizal, A. S. (2015, Agustus). APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR KELAS I (SATU). Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu, III, 10-21.

Ali, M. (2009, Maret). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetif. Jurnal Edukasi Elektro, 5, 11-18.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016, April). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BULETIN DALAM BENTUK BUKU SAKU UNTUK PEMBELAJARAN IPA TERPADU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 05, 1-13.

Aziz, Z., & Prasetia, I. (2021). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal EduTech Vol, 7(1).

Boyinbode, O., Ngambi, D., & Bagula, A. (2013, June). An Interactive Mobile Lecturing Model: Enhancing Student Engagement with Face-To-Face Sessions. International Journal of Mobile and Blended Learning, 1-3.

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Hanafy, M. S. (2014, Juni). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17, 66-79.

Hanum, & Sulistyo, N. (2013). Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3.

Haryati, F. (2015). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Soft Skill. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 9-18.

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Haryati, F. (2019, April). PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS SOFT SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PROGRAM STUDY PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau 2018 (pp. 144-156).

Hasrul. (2011, Oktober). DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ADOBE FLASH CS3 PADA MATA KULIAH INSTALASI LISTRIK 2. Jurnal MEDTEK.

Indonesia, R. (t.thn.). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ismail, M. A.-A., & Mohammad, J. A.-M. (2017). Kahoot: A Promising Tool for Formative Assessment in Medical Education. Education in Medicine Journal, 9, 19-26.

IWAMOTO, D. D., HARGIS, D. J., TAITANO, E. J., & VUONG, K. (2017, April). ANALYZING THE EFFICACY OF THE TESTING EFFECT USING KAHOOTTM ON STUDENT PERFORMANCE. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJD, 80, 80-93.

Jamilah, J., Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). The Development of Mental Health Learning Materials Using The Metacognitive Approach in Counseling Guidance Study Programme in FKIP UMSU. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 62-67.

Kearney, M., Schuck, S., Burden, K., & Aubusson, P. (2012). Viewing mobile learning from a pedagogical perspective. Research in Learning Technology, 20, 1-17.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Mardiana, E., Haryati, F., & Wahyuni, S. (2021). Praktek Asessmen dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 5(6), 5859-5876.

Marlina, E., & Fatmasari. (2016, Februari). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, 19-24.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. ( 2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 177 - 186.

Muhlisrarini, & Hamzah, A. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8.

Muis, A. A. (2013, September). PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan, 1, 29-38.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mustika, Z. (2015, Juli). URGENITAS MEDIA DALAM MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmiah CIRCUIT, 1, 60-73.

Nasution, D. K. (2018). PENERAPAN TEKNIK MOLINA & ALBIR DALAM PENERJEMAHAN TEKS MANTERA JAMUAN LAUT DARI BAHASA MELAYU KE DALAM BAHASA INGGRIS. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Nasution, D. K. (2021). Investigating the Impact of Code-Switching on English Foreign Language Students Speaking Confidence. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Nasution, M. D., Nasution, E., & Haryati, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 69-80.

Novalia, & Syazali, M. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Lampung: Aura.

Nurhayati. (2013, Maret). PEMBERDAYAAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Saintech, 05, 50-57.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017, Desember). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03, 333-352.

Prasetia, I. (2021). [TURNITIN JURNAL] Decentralization, Centralization And Quality of Organizational Performance of Human Resources. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

PRASETIA, I. PUTRI IMANDA, 1302030273. Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Think Talk Write Pada Siswa SMP Terbuka Negeri 5 Medan TP 2016/2017. Skripsi, Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dosen Pembimbing.

Prasetia, I., Akrim, A., Sulhati, S., & Burhanuddin, B. (2021). The Influence of Lesson Study Strategy on Teacherss Pedagogical Quality in All State Madrasah Aliyah of Medan. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 762-772.

Prasetia, I., Siregar, M. N. H., & Saragih, R. Model berbasis Sistem Kecerdasan Buatan yang Efektif: Analisis Kebijakan bagi Siswa Mengulang. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), 7(2), 293-299.

Prasetia, I., Sulasmi, E., & Susana, S. (2021). The Child-Friendly School Program for Developing a Character School in the Primary Schools of Binjai City, Indonesia. Randwick International of Social Science Journal, 2(4), 575-582.

Purnamasari, A. (2015). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR MATERI SISTEM PENILAIAN PERSEDIAAN. Jurnal Pendidikan, 3, 1-9.

Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Indasari, I. P. (2016, Januari). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 4, 44-49.

Rofiyarti, F., & Sari, A. Y. (2017, Desember). TIK UNTUK AUD: PENGGUNAAN PLATFORM KAHOOT! DALAM MENUMBUHKAN JIWA KOMPETITIF DAN KOLABORATIF ANAK. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 164-172.

Rufii. (2015). Developing Module on Constructivist Learning Strategies to Promote Students Independence and Performance. International Journal of Education, 7, 18-28.

Sari, F. K., Farida, & M. Syazali. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 135-152.

Siskawati, M., Pargito, & Pujiati. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI UNTUK. Jurnal Studi Sosial, 4, 72-80.

Suherman. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 81-90.

Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Maple II Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 91-98.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats