Pengembangan Media Pembelajaran Siswa Berbasis Komik Menggunakan Model Pembelajaran Induktif Pada Materi Aljabar

Reka Restika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik menggunakan metode Edutainment yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp (Plomp, 1997) yang terdiri dari 5 fase pengembangan, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase design, (3) fase realisasi,(4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar validasi media komik, lembar respon siswa terhadap media komik, dan lembar wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dengan siswa kelas VII yang berjumlah 8 orang pada materi aljabar. Berdasarkan hasil validasi media komik didapat bahwa media komik dinyatakan valid dengan skor rata-rata oleh ahli materi 3,6651 dan ahli media 3,85. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap media komik didapat bahwa media komik dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,38. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa didapat bahwa media komik dinyatakan efektif karena dapat memotivasi minat belajarnya lebih giat lagi.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Komik, Model Pembelajaran Induktif, Model Plomp, Materi Aljabar.

Full Text:

PDF

References


Damayanti, Febri Dina. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Bingo+ Menggunakan Metode Edutainment Pada Materi Bilangan T.P 2019/2020 [Skripsi]. Medan: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Fikriani, Tiara, dkk. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Kelas VII SM. Vol 3. No. 3.

Harini, Esti, Dkk. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Induktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VII Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Vol 5. No. 2.

Irawan, E., & Prasetia, I. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Irawan, E., & Prasetia, I. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Jailani, Indaryati. 2015. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas . Vol 3 no. 1.

Maharani, Anggita. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasi Bilangan Real SMK Teknologi & Rekayasa. Vol 2 no. 1.

Prasetia, I. (2016). Analysisi of The Effectiveness of Schools (A Study At State Junior High Schools In Medan, Indonesia). Journal of Humanities and Social Science, 21, 49-56.

Prasetia, I. (2016). Desain dan Perencanaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar.

Prasetia, I. (2021). [PEERREVIEW JURNAL] _Lecturer Competency Development Model in Designing a Line Learning Resources in University of Muhammadiyah Sumut. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [PEERREVIEW JURNAL] _The Child-Friendly School Program for Developing a Character School in The Primary Schools of Binjai City, Indonesia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [PEERREVIEW JURNAL] _The Design of Management System Through Using Total Quality Education Service at Some Schools in Medan. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [PEERREVIEW JURNAL] _The Design of Management System Through Using Total Quality Education Service at Some Schools in Medan. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [PEERREVIEW JURNAL] _The Influence Accounting Information System and Energy Consumption on Carbon Emission in the Textile Industry of Indonesia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [PEERREVIEW JURNAL] _The Influence of Lesson Study Strategy on Teachers's Pedagogical Quality in All State Madrasah Aliyah of Medan. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [TURNITIN JURNAL] _Effective Competency Based School Model. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [TURNITIN JURNAL] 20% _Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi di SMA Negeri 2 P. Siantar). KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [TURNITIN JURNAL] Analysis of The Effectiveness of Schools (a Study At State Junior High Schools In Medan, Indonesia). KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [TURNITIN JURNAL] Model Berbasis Sistem Kecerdasan Buatan yang Efektif_Analisis Kebijakan bagi Siswa Mengulang. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [TURNITIN JURNAL] Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [TURNITIN JURNAL] Model Sekolah Efektif Berbasis Kompetensi. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [TURNITIN JURNAL] Pengaruh Pemberdayaan, Kualitas Kehidupan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK di Padang Lawas. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I. (2021). [TURNITIN JURNAL] The Effect Of Transformational Leadership And Academic Optimism Culture On Teacher Empowerment And Motivation Along Its Impact On The Effectiveness Of Medan State junior High School. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Effective Competency Based School Model. Jurnal Tarbiyah, 27(1).

Prasetia, I., Akrim, S. N. P., & Pratiwi, S. N. (2020). Lecturer Competency Development Model in Designing a Line Learning Resources in University of Muhammadiyah Sumatera Utara. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4).

Prasetia, I., Melfayetty, S., & Dewi, R. (2020). The Effect of Transformational Leadership and Academic Optimism Culture on Teacher Empowerment and Motivation Along Its Impact on The Effectiveness of Medan State Junior High School. INTERNATIONAL JOURNAL ON LANGUAGE, RESEARCH AND EDUCATION STUDIES, 4(2), 276-290.

Prihanto, Agoes Dhita, dkk. 2018. Pengembangan Media Komik Matematika pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Vol 5. No.1.

Rohati, Winarni, Dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning Dengan Manga Studio V05 Dan Geogebra. Vol 8. No.2.

Wijaya, Ariyadi. 2018. Aljabar: Tantangan Beserta Pembelajarannya. Vol 1. No 1.

Yuyun, Sari. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Induktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 1 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Pelajaran 2012/2013. Vol 5. No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats