Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kemampuan Pemahaman Matematis Dengan Pendekatan Worked Example

Rahma Aulia Lubis

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasikan produk, mengetahuivaliditas, dan respon siswa terhadap bahan ajar lembar kerja peserta didik yangtelah dihasilkan.Penelitian ini mengembangkan sebuah LembarKerja PesertaDidikmatematikaberbasiskemampuanpemahamanmatematisdenganpendekatan worked example pada materi sistem persamaan linear dua variabelyangdapatmenjadialternatifmeminimalkanmuatankognisisiswadanmemberikan pemahaman kepada siswa.Subjekdari penelitian ini dalah siswakelas VIII-2SMPSwasta PAB 3Saentisyangterdiri dari 10siswa,dimanapeneliti memilih reponden berdasarkan skala kecil. Metodologi yang digunakanadalah penelitian dan pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakanmodelpengembanganADDIEterdiriataslimalangkah,yaitu:(1)analisis(analysis),(2)perancangan(design),(3)pengembangan(development),(4)implementasi(implementation),dan(5)evaluasi(evaluation).Namunpadapenelitian ini dilakukan sampai tahap pengembangan (development). Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik matematika berbasis kemampuanpemahaman matematis dengan pendekatan worked example pada materi sistempersamaan linear dua variabel menurut validasi ahli media berada pada persentase80 % dengan kategori validasi baik, atau layak digunakan tanpa revisi dan validasiahli materi berada pada persentase 87 % dengan kategori validasi baik, atau layakdigunakan tanpa revisi. Sedangkan untuk RPPmenurut validasi ahli media danahli materi berada pada persentase 82,22% dengan kategori baik,atau layakdigunakan tanpa revisi. Serta menurut respon siswa berada pada persentase 86 %dengankriteriasangatbaik,dapatdigunakandalamprosespembelajaran.Sehingga dengan adanyadata tersebut, penelitianini dapatmemenuhi asumsibahwa lembar kerja peserta didik matematika berbasis kemampuan pemahamanmatematisdengan pendekatanworkedexamplepadamateri sistem persamaanlinear dua variabel layak digunakan dan efektif ditinjau dari muatan kognisi danpemahamansiswadalamproses pembelajaran.

KataKunci:LembarKerjaPesertaDidik,PerangkatPembelajaran,KemampuanPemahamanMatematis,PendekatanWorkedExample,SistemPersamaanLinearDuaVariabel

Full Text:

PDF

References


Azizah, N., & Retnowati, E. (2017). Desain Worked Example untuk Mengajarkan Matematika pada Siswa Disabilitas Netra. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 517524.

Handayani, F. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Bernuansa Islami Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Siswa Kelas Viii Semester Ganjil.

Handayani, H. E. P., & Nuraeni, Z. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kemampuan Pemahaman Matematis Dengan Pendekatan Worked Example. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 1321.

Hesser, Tiffany L., dan Jess L. Gregory. Exploring the Use of Faded Worked Examples as a Problem Solving Approach for Underprepared Students. Higher Education Studies, 2015: 37.

Intan, I. N., & Rosyid, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Worked Example. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 2636.

Irvan, I., & Muslihuddin, R. (2020). The Development Of Teaching Materials With Problem Based Learning On The Mathematical Statistics Subject To Improve Students Critical Thinking Ability. IJEMS:Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(1), 1.

Irwansyah, M. F., & Retnowati, E. (2019). Efektivitas worked example dengan strategi pengelompokan siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 6274.

Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Pmipa, J., & Matematika, P. P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Aljabar Dengan Menggunakan Worked Example. November.

Manurung, Y. H., Nasution, D. K., & Arda, M. (2021, October). Peningkatan Ketrampilan Guru Dalam Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Metode Pembelajaran Berbasis Online Di Smp Muhammadiyah 61 Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Nasution, D. K. (2018). Corpus Based-Approach in Enhancing Students Academic Writing Skill: Its Efficacy and Students Perspectives. International Journal, 6(2), 210-217.

Nasution, D. K. (2018). PENERAPAN TEKNIK MOLINA & ALBIR DALAM PENERJEMAHAN TEKS MANTERA JAMUAN LAUT DARI BAHASA MELAYU KE DALAM BAHASA INGGRIS. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Nasution, D. K. (2020). Improving The Students Achievementr In Listening By Applying Debate Plus Method. Indonesian Journal of Education and Mathematical Science (IJEMS). UMSU.

Nasution, D. K., & Siregar, F. S. (2021). Investigating the Impact of Code-Switching on English Foreign Language Students Speaking Confidence. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2), 194-199.

Nasution, D. K., & Syahputra, R. (2020, October). The Impact of the Translation Techniques and Ideologies on the Quality of the Translated Text of Mantra Jamuan Laut from Malay Language into English. In Proceeding International Conference on Language and Literature (IC2LC) (pp. 165-171).

Nasution, D. K., Panah, E., & Atmojo, W. T. Tertiary Students Preference of Online Educational Games in the Language Learning Course. TESOL INTERNATIONAL JOURNAL, 109.

Nasution, D. K., Sinar, T. S., & Lubis, S. (2017). Translating Malay Incantation Texts of Sea Offerings into English: An Analysis of Translation Techniques and Translation Accuracy. International Journal of English Language & Translation Studies, 5, 2308-5460.

Nuraini, Novia. Skripsi: Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP Kelas VIII dengan Menggunakan Pendekatan Worked Example, Berorientasi Pada Kemampuan Penyelesaian Masalah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

Retnowati, Endah, Paul Ayres, dan John Sweller. Can Collaborative Learning Improve the Effectiveness of Worked Examples in Learning Mathematics? Journal of Educational Psychology,2016: 1.

Retnowati, Endah, Paul Ayres, dan John Sweller. Worked Example Effects In Individual And Group Work Settings. EducationalPsychology, 2010: 49.

Wahyuni, dkk. (2020). The Development Teaching Materials Subject Class Calculus of Many Variable Based on Discovery Learning Model at Education Faculty University of Muhammadiyah Sumatera Utara. International Journal for Educational and Vocational Studies. Vol.2,No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats