Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa Smp Swasta Pelita Medan T.P 2017/2018

Yolanda Riskiah Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar Matematika materi lingkaran melalui strategi Everyone Is A Teacher Here pada siswa kelas VIII SMP Swasta Pelita Medan T.P 2017/2018. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah Siswa kelas VIII SMP Swasta Pelita Medan T.P 2017/2018. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan dokumentasi. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian ini menunjukkan keaktifan belajar siswa pada pra siklus hanya 18,1% dan meningkat pada siklus I menjadi 46,0% selanjutnya meningkat ke siklus II dengan persentase 73,3%. Dari Pra siklus sampai siklus II terjadi peningkatan keaktifan siswa yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian terbukti, yaitu Strategi Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan keaktifan belajar Matematika materi Lingkaran pada siswa SMP Swasta Pelita Medan T.P 2017/2018.

Kata kunci: keaktifan, Everyone is a teacher here.

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Afifah, N., Harahap, E. M., & Nasution, D. Y. (2021). ANALISIS MAKNA SEMANTIK BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA DI DESA HAPESONG BARU. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 66-77.

Amri, Z., & Hadi, R. (2020). Pembentukan Graf Berdasarkan Benda Langit (Bintang) dengan Selisih Nilai MagnitudeTertentu di OIF UMSU. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 24-33.

Amri, Z., Aulia, A., Syella, A., Pratamal, H., & Ramadhani, S. (2018). PELABELAN HARMONIS GANJIL PADA GRAF 2S_n [(C] _4, n). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(1).

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. Dkk, Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Azis, Z., Panggabean, S., & Sumardi, H. (2021). EFEKTIVITAS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 PAHAE JAE. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 19-24.

B. Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Barwood, Tom. (2011). Strategi Belajar. Jakarta: Erlangga.

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13-17.

Batubara, I. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Geogebra. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Johar, R., Cut, N., dan Latifah, H. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh.

Harahap, L. S., & Prasetia, I. (2021). Pengaruh Pemberdayaan, Kualitas Kehidupan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK di Padang Lawas. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 2(3).

Harahap, T. H., Muslihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SOFT SKILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Irawan, E., & Prasetia, I. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). PENERAPAN MODEL PACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NURUL ASANAH. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1).

Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Manurung, A. A., & Gulo, F. F. (2021). Application of Problem Based Learning Model on Pythagorean Theorem Material to Improve Student Learning Outcomes for Class VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(2).

Marno. 2010. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Penerbit Ar-ruzz Media.

Mekar, W.O.S., Paputungan, M., Ischak, N. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IA2 dengan Menggunakan Strategi Everyone Is A Teacher Here (ETH) Pada Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Entropi. Vol 5 (1).

Moh. Uzer Usman. (2011). Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nana, S. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Nasution, I. S., & NurAfifah, N. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Cabri 3D. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1-6.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Putri, L. A., & Panggabean, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Treffinger Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Said, M.A., Nirmayati. Dan Nurlina. 2015. Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Al Bayan Makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). VoI IV: 43-46.

Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, I. P., Al-Khowarizmi, A. K., & Batubara, I. H. (2021). Cluster Analysis Using K-Means Algorithm and Fuzzy C-Means Clustering For Grouping Students' Abilities In Online Learning Process. Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 2(1), 139-144.

Silberman, M.L. 2010. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Ulfa, M., & Panggabean, S. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CRH (COURSE REVIEW HORAY) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2), 78-83.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats