Analisis Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Priya Dasini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII Smp Negeri 43 Medan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistic yang diinovasikan dengan etnomatematika. Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif dan Populasinya adalah seluruh kelas VII, dimana untuk kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan untuk kelas VII-2 sebagai kelas control yang masing- masing sampel terdiri dari 25 orang. Dari hasil analisis data pre test kelas eksperimen masih tergolong rendah dengan memiliki nilai rata-rata sebesar 52, 8 dan untuk kelas control memiliki nilai rata-rata sebesar 34,4. Hasil analisis data post test untuk kelas eksperimen memiliki peningkatan yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,6 dan untuk kelas post test memperoleh nilai rata-rata sebesar 53,2. Serta memperoleh nilai = 3,864 dan = 5,991. Maka, dapat dikatakan bahwa semua kelompok sampel berasal dari populasi yang homogen. Dari hasil penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistic bernuansa etnomatematika.

Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Full Text:

PDF

References


Abi, Alfonsa M. (2016). Integrasi Etnomatematika dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1 (1):1-6.

Amrizal, D., & Yusriati, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Produktivitas Tanaman Ubi Kayu Melalui Teknik Budidaya Dan Penerapan Model Penyuluhan Kelompok Tani Terbatas Di Desa Baru Titi Besi. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-5.

Amrizal, D., & Yusriati, Y. (2021, February). THE EFFECTIVENESS OF ONLINE LEARNING FOR ISLAMIC-BASED HIGHER EDUCATION TOWARDS A NEW NORMAL ERA IN KOTA MEDAN. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 876-881).

Ansari, 2016. Komunikasi Matematika, Strategi Berpikir Dan Manajemen Belajar. Banda Aceh : Pena

Asikin, M., & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research. 2(1), 203-213.

DAmbrosio,U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History And Pedagogy of Mathematics. For the learning of Mathemaatics, 5(1): 44-48.

Dahnial, I. (2021). The Effect of Online Learning Based On Socio Scientific Issues (SSi) On Improving Learning Independence and Critical Thinking Students Faculty of Education and Education Science Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara in The Pandemic Covid-19. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(1), 145-152.

Dalimunthe, A. H., Chanra, A., & Yusriati, Y. (2018). MODEL PENANGGULANGAN GOLONGAN PUTIH (GOLPUT) BERDASARKAN PERUBAHAN PRILAKU PEMILIH PADA PILKADA SERENTAK. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Darma, M. B., Effendi, S., & Juari, A. A. T. (2018). Pengaruh citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan kosmetik. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(1), 1-8.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Pusat Data dan Informasi Pendidikan. Balitbang- Depdiknas.

Effendi, S. (1995). Utilization of Cacao Sweatings for Nata Production Using Acetobacter Xylinum. Menara Perkebunan, 63(1), 23-26.

Effendi, S. (2012). Teknologi Pengolahan Pangan dan Pengawetan Pangan. Bandung (ID): Alfabeta.

Effendi, S. (2015). Hubungan tingkat kecerdasan emosional dan intelektual dengan keberhasilan belajar. Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 1(2).

Effendi, S., & Siregar, S. A. (2018). Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 125-137.

Effendi, S., Winarno, F. G., Nur, M. A., & Hardjo, S. (1983). Pengaruh kondisi pengolahan trhadap mutu biji cokelat (Theobroma cacao L.) di Perkebunan Bunisari. Menara perkebunan.

Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional, Vol 1. No. 1 Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.

Fadhli, T., & Siregar, I. K. (2020). Solution Focused Brief Counseling Teknik Thought Stoping Untuk Mengatasi Kecamasan Diri Terhadap Isu Virus Corona-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 1-9.

Febriyanti, Chatarina & Irawan., (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Vol.6(1), Jakarta.

Hartono, Yusuf. (2017). Pendekatan Matematika Realistik, Universitas Sriwijaya, Palembang.

Hodiyanto, (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Admathedu. Pontianak. Vol. 7 (10).

Kharil, K., & Yusriati, Y. (2018). PENGEMBANGAN MODEL ANALISIS LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GRAMATIKA SISWA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Lestari, Kurnia Eka dan M. Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi,Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT Refika Aditama.

Lutfianannisak dan Sholihah, U. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Tadris Matematika 1 (1):1-8.

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Marbun, D. S., Effendi, S., Lubis, H. Z., & Pratama, I. (2020). Role of education management to expediate supply chain management: a case of Indonesian Higher Educational Institutions. Int. J Sup. Chain. Mgt Vol, 9(1), 89-96.

Marbun, D. S., Juliandi, A., & Effendi, S. (2020). The Effect of Social Media Culture and Knowledge Transfer on Performance. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Vol, 3(3), 2513-2520.

Mulato, S., Amir, E. J., Effendi, S., & Sariyanto, T. (1991). Effect of drying temperature of solar tunnel dryer on drying rate of cocoa bean. Menara Perkebunan (Indonesia).

NCTM (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Key Curriculum Press. USA

Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.

Sari, R. P., & Dahnial, I. (2021). Competence Analysis of Students on The Soul of Nationalism in the Era Of the Industrial Revolution 4.0 in Harapan Mulia Private Elementary School. Indonesian Journal of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 2(2), 31-44.

Sariningsih & Purwasih. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self

Siregar, I. K. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 97-104.

Siregar, I. K. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Siswa. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Soekidjo Notoatmodjo. (2003). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supandi, Dani Nur Rosvitasari, Dan Widya Kusumaningsih. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Tertulis Matematis Melalui Strategi Think-Talk-Write. Jurnal Kependidikan. Volume 1, Nomor 2

Supinah, Agus D.W (2008), Konsepsi dan Langkah langkah Pendekatan Matematika Realistik (http://p4tkmatematika.org/../matematika-sd) (diakses tanggal 13 Maret 2016)

Tinungki, G.,M., (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students Mathematics Communication Abbility in the Subject of Probability Theory. Journal of Education and Practice. Vol. 6, No. 32, ISSN : 2222-173527-31

Trianto, (2014). Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. Jakarta

Ulya, Himmatul dan Rahayu, Ratri. (2017). Efektivitas Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (4),315-323.

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistic Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats