Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mid (Meaningful Interactional Design) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Al-Hikmah T.P 2020/2021

Nur Silvia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah model Meaningful Interactional Design efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas X-MIPA SMAS Al-Hikmah Medan T.P 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Al-Hikmah Medan yang berjumlah 150 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-MIPA 2 SMAS Al-Hikmah Medan berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X-MIPA 1 SMAS Al-Hikmah Medan berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan kelas eksperimen menggunakan model Meaningful Interactional Design. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Berdasarkan analisis data diperoleh data pre-test kelas kontrol diperoleh Lo (0,155) < Ltabel (0,161) dan kelas ekperimen diperoleh Lo (0,152) < Ltabel (0,161). Data post test kelas kontrol diperoleh Lo (0,089) < Ltabel (0,161) dan data post-test kelas ekperimen diperoleh Lo (0,129) < Ltabel (0,161). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test pada kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan n = 30 pada taraf signifikasi


Full Text:

PDF

References


Amelia, C., & Pratiwi, I. (2020). PKM Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di UPT Sekolah Dasar. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 146-151.

Amini, A., SYAMSUYURNITA, S., & HASNIDAR, H. (2018). MODEL MANAJEMEN PEMBERDAYAAN TABUNGAN SISWA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amini, A., Syamsuyurnita, S., & Hasnidar, H. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Anggraini, Dini. 2017. Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam TP. 2016/2017. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Ati Suryati, Rianti Cahyani. 2018. Model Pembelajaran Cooperative Tipe Meaningful Instructional Design (Mid) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Peserta Didik Sma

Aztry, A. (2020). Model Student Facilitator and Explaining dalam Kemampuan Menulis Argumentatif. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 7-14.

Aztry, A., & Winarti, W. (2018). PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Aztry, A., & Winarti, W. (2018). PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1)

Gustira,Fatmi. 2017. Efektivitas Penggunaan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP PAB 8 Sampali Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Hamzah Ali, Muhlisrarini. 2016. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Pt. Raja Grafindo Persada

Istirani, Pulungan Intan . 2018. Ensiklopedia Pendidikan Jilid 1. Medan : Media Persada

Jamaludin, Kaswari, Ky. Margiyati. 2013. Peningkatan Aktivitas Siswa Pembelajaran Matematika Dengan Penerapan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Di Kelas

Komariah, Abdul Rosyid, Zuli Nuraeni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Interactional Design (C-Mid) Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Jumlahku. Vol. 3 No. 2

Komsiyah Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: TERAS

Kyriacou Chirs. 2012. Effective Teaching Theori And Practice. Bandung:Penerbit Nusa Media

Maharani Putri Marlinda, Dkk. 2018. Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Muatan Matematika Tema 8 Subtema 1 Melalui Model Meaningful Interactional Design(Mid) Siswa Kelas 2 Sd Negeri Mangunsari 01 Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Math Didactic. Vol. 4 No.2

Nasution, I. S., & NurAfifah, N. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Cabri 3D. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1-6.

Nasution, I. S., & Siregar, E. F. S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Aplikasi Ujian Dalam Jaringan Berbasis Web bagi Guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 87-94.

Nasution, I. S., Batubara, I. H., & Sriwahyuni, S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Software Geogebra Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 47-51.

Persiapan Stabat T.P 2016/2017. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

PRATIWI, I. (2018). Process and Circumstances in The Katy Perrys Songs Lyrics.

Pratiwi, I. (2019). The Effect Of Applying Collaborative Strategy Reading (Csr) To The Students Reading Comprehension Assisted By Pop Up Book Story (Doctoral dissertation).

PRATIWI, I. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK WILAYAH SUMATERA UTARA.

Pratiwi, I., Amelia, C., & Pasaribu, O. L. (2020). PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 170-178.

Pratiwi, I., Amelia, C., & Pasaribu, O. L. (2020). PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 170-178.

PRATIWI, R. STUDENTSERROR IN PRONOUNCING THE WORDS CONTAINING SILENT LETTERS.

Purwanto . 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rusman.2011. Model-model pembelajaran. Cetakan. IV. Jakarta: PT Raja Grafindo

Sagala Syaiful. 2010. Supervisi Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Saputri, Tri. 2017. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Rahmat Islamiyah Medan T.P 2016/2017. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, F. S., & Aztry, A. (2018). STUDI KOMPARASI BAHASA MELAYU DELI DENGAN BAHASA INGGRIS PADA TINDAK TUTUR ILOKUTIF KOMUNIKASI UJARAN BERBASA-BASI. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sritresna Teni. 2015. Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-Mid).

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tusakdiyah, Meilinda. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P2016/2017. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Winarti, W., & AZTRY, A. (2018). Penanaman Konsep Ilmu Keguruan Dan Pembentukan Karakter Calon Guru Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Berbasis Rumpun Model Sosial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Winarti, W., & AZTRY, A. (2018). Penanaman Konsep Ilmu Keguruan Dan Pembentukan Karakter Calon Guru Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Berbasis Rumpun Model Sosial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Winarti, W., & Izar, S. L. (2020). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA KULIAH MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS PUISI DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-6.

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.

Yunita, Nurma. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kepala Bernomor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMA Swasta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats