Pengembangan2LKPD Berbasis Gambar Arsitektur Rumah Adat Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar

Imam Rifai Nasution

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Arsitektur Rumah Adat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dari pengembangan desain pembelajaran dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini meliputi dari langkah-langkah Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan) mulai pada hasil Pengembangan LKPD, RPP, Materi Bangun Datar. Penelitian ini berupaya mewujudkan motivasi belajar peserta didik dengan pengembangan LKPD berbasis arsitektur rumah adat dalam pemahaman konsep materi bangun datar. Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui hasil validasi ahli serta respon guru yang diambil dengan metode uji kualitatif, kuantitatif dan terknik analisis kevalidan. Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik mendapatkan hasil nilai dari ahli media, ahli RPP, ahli materi dengan nilai keseluruhan sebesar 3,47 dengan kateria sangat valid dan sangat layak. Hasil penelitian dari kevalidan dan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Arsitektur Rumah adat memberikan respon positif sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, Rumah Adat, Materi Bangun Datar.


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2014. Penilaian Autentik Proses Hasil Belajar. Bandung: Rosdakarya.

Aryani, F. & Hiltrimantin, C. 2014. Penegmbangan LKS Untuk Metode Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Deliati, Lesmana Gusman, dkk. 2017. Bimbingan dan Konseling. Permasalahan peserta didik di lingkungan. Medan.

Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Febriana, L.C. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Materi Tekanan Mencakup Rana Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Sesuai Kurikulum 2013 Untuk Siswa SMP/MTs. Malang.

Hamzah, Muhlisrarini. 2019. Rencana dan Startegi Pembelajaran matematika. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo.

Harydi, Agus, and Hainur Rasyid Achmadi, Pengembangan Materi Ajar Berbasis Scaffolding Pada Pokok Bahasan Analisis Vektor Di SMAN 1 Waru Pamekasan,Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2 (2013).

Herlina. 2006. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Lingkungan Kelas VII SMP (Skripsi). Unnes: Semarang.

Holik, M dan Sugiono.2007. Seribu Pena Matematika Jilid 1 Untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga

Kelembagaan.risetdikti.go.id-UUNo. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013. Diakses dari http://www.slideshare.net/MAzhend/kompetensiintidankompetensidasarsd rev9feb13. Desember 2017.

Khasan, Dafik, and Hobri, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Whole Brain Teaching Dengan Pendekatan Quantum Learning Pada Sub Pokok Bahasan Segitiga Untuk SMP Kelas VII, 4 (2015). http://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/download/1558/1274

Kistiono, and Andi Suhandi,Penyusunan Dan Analisis Tes Pemhaman (Understanding) Konsep Fisika Dasar Mahasiswa Calon Guru, in Seminar Nasional MIPA UNY (Yogyakarta, 2012). https://docs.google.com/document/d/17rts_ VO GGhP5za_4byhFp WKn7SEuK BztIjwB2l81fHs/edit

Muhibbinsyah. 2017. Psikologi Pendidikan. Evaluasi Pretasi Belajar. Bandung: Rosadkarya.

Rahmatiah, Rindu, Supriyono Koes H, and Sentot Kusairi, Pengaruh Scaffolding Konseptual Dalam Pembelajaran Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA Dengan Pengetahuan Awal Berbeda, Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II (2016). http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/288

Rosida, Vivi, dkk. 2018. Efektivitas Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 2: 97-107

Selvianisresa, D., & Prabawanto, S. 2017. Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. IOP Conf. Series: Journal of Physics. Series 895

Setiana, Dafid S., & Ayuningtyas, Annis Deshinta. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Jurnal Science Tech. Vol. 4, No. 2: 67-74

Sholihah, Dyahsih Alin & Mahmudi, Ali. 2015. Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 2, Nomor 2: 175-185

Suwito, A., & Trapsilasiwi, D. 2016. Pengembangan model pembelajaran matematika SMP kelas VII berbasis kehidupan masyarakat JAWARA (Jawa dan Madura) di Kabupaten Jember. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). Volume 4, Nomor 2: 7984

Syaspasbandah, E. J, dkk. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Concept Attainment Model (CAM) untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jorunal of Medives. Volume 2, No. 1: 87-98

Ubayanti, Chandra Sri, dkk. 2016. Eksplorasi Etnomatematika pada SERO (Set Net): Budaya Masyarakat Kokas FakFak Papua Barat. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya. Volume 2, Nomor 1

Ulum, Bakhrul, dkk. 2017. Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri untuk Sekolah Dasar pada Motif Batik Pasedahan Seropati. Prosiding SI MaNIs. Vol. 1, No.1: 70-78

Zulfa. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Matematika. Online http:// sertifikasigurujalurpendidikan.blogspot.com/2009/01/pengembanganpembelajaran- matematika.html (accessed 29/9/2011), Zulfa.

Emelia, T. W. (2001). Makna Antarpersona dalam Iklan Lisan dan Tulisan.

Emelia, T. W. (2017). Tradisi Lisan Cenggok-Cenggok pada Upacara Adat Perkawinan Melayu Panai Labuhanbatu-Sumatera Utara.

Emelia, T. W. (2018). Model Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Tradisi Lisan Berpantun Masyarakat Melayu Labuhan Batu Sumatera Utara. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Emelia, T. W. (2018). Pengrajin Tikar Pandan di Desa Alue O Idi Rayeuk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 551-555.

Emelia, T. W. (2018). Semiotic Analysis of Gesture in Marlina the Murderer in Four Acts Film.

Emelia, T. W. IBM PENGRAJIAN TIKAR PANDAN DI DESA ALUE O IDI RAYEUK.

Emelia, T. W., & Diah, H. T. (2018). KEARIFAN LOKAL DALAM SYAIR BORDAH MASYARAKAT MELAYU PANAI LABUHAN BATU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Emelia, T. W., & Diah, H. T. (2019). ANALISA KESALAHAN ARTICLE DFINI DAN INDFINI DALAM BAHASA PERANCIS. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Emelia, T. W., & Ramadhani, S. (2021). KEKAYAYAN REMPAH DALAM TRADISI BUBUR PEDAS MELAYU TAMIANG: KAJIAN TRADISI LISAN. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 22-29.

Emelia, T. W., Sari, A. W., & Izar, S. L. (2021). PKM Pendampingan Mendesain Proposal Kegiatan dalam Bahasa Indonesia Kepada Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat Kota Medan. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(3), 63-69.

Nasution, D. K. (2017). Increasing The Students Reading Short Story Ability Through Brainstorm Sheet Technique.

Nasution, D. K. (2018). Corpus Based-Approach in Enhancing Students Academic Writing Skill: Its Efficacy and Students Perspectives. International Journal, 6(2), 210-217.

Nasution, D. K. (2018). PENERAPAN TEKNIK MOLINA & ALBIR DALAM PENERJEMAHAN TEKS MANTERA JAMUAN LAUT DARI BAHASA MELAYU KE DALAM BAHASA INGGRIS. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Nasution, D. K. (2020). Improving The Students Achievementr In Listening By Applying Debate Plus Method. Indonesian Journal of Education and Mathematical Science (IJEMS). UMSU.

Nasution, D. K., & Siregar, F. S. (2021). Investigating the Impact of Code-Switching on English Foreign Language Students Speaking Confidence. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2), 194-199.

Nasution, D. K., & Syahputra, R. (2020, October). The Impact of the Translation Techniques and Ideologies on the Quality of the Translated Text of Mantra Jamuan Laut from Malay Language into English. In Proceeding International Conference on Language and Literature (IC2LC) (pp. 165-171).

Nasution, D. K., Sinar, T. S., & Lubis, S. (2017). Translating Malay Incantation Texts of Sea Offerings into English: An Analysis of Translation Techniques and Translation Accuracy. International Journal of English Language & Translation Studies, 5, 2308-5460.

Ramadhani, S., & Emelia, T. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Perintah Dalam Teks Eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1).

Sinar, T. S., Sibarani, R. S., & Takari, M. T. (2017). The Perfomance, Text, and Context Cenggok-Cenggok Malay Panai Labuhanbatu-Sumatera Utara, Indonesia. Journal of Arts and Humanities, 6(7), 55-61.

Syamsuyurnita, S., & Nasution, D. K. (2017). Development of Indonesian language book using Glasser model. Journal of Applied Studies in Language, 1(1), 15-22.

Nasution, M. D., Mawengkang, H., Kamil, A. A., Efendi, S., & Sutarman. (2020). Sample median approximation on stochastic data envelopment analysis. International Journal of Agile Systems and Management, 13(3), 279-295.

Nasution, M. D., & Prastika, C. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make-A Match (Mam) Pada Materi Limit Fungsi Di Kelas XI MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 8-15.

Nasution, M. D., Ahmad, A., & Mohamed, Z. (2021). PRE SERVICE TEACHERSPERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING IN MATHEMATIC CLASS. Infinity Journal, 10(1), 109-120.

Novriani, M. R., Nasution, M. D., & Surya, E. (2017). Implementation Strategy Instant Assessment To Increase Activity and Result of Learning Mathematics of Al Maksum Junior High School Student. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 53-60.

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI STRATEGI BELAJAR SMALL GROUP WORK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Numeracy, 8(2), 83-89.

Trapesium dengan Pendekatan Luas Persegi Panjang Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berkonteks Rumah Adat Kudus, Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

TUSSADIAH, H. A. L. I. M. A. H., & Emelia, T. W. (2018). ANALISA KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MORFEM PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UMSU. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats