Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa T.P 2020/2021

Desi Gustini

Abstract


Dampak pandemik Covid-19 mempengaruhi kondisi psikologis dan perubahan perilaku manusia yang sifatnya lebih luas dalam jangka waktu yang lebih panjang. Hal ini juga berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia. Pengajar dan peserta didik akan terbiasa melakukan interaksi pembelajaran jarak jauh. SMA Negeri 1 Labuhan Deli menerapkan kebijakan WFH (Work From Home) untuk guru dan siswa guna untuk belajar dari rumah untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktifitas pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Labuhan Deli kelas XA. Penelitian ini menggunakan model Discovery Learning. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Labuhan Deli menggunakan model daring dengan aplikasi berupa : Media google classroom. Pelaksanaan pembelajaran daring berjalan dengan lancar, walaupun dirasakan kurang ideal. Hasil belajar siswa bervariasi, mulai dari kurang memuaskan, cukup hingga baik. Kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam pembelajaran daring antara lain : ketersediaan kuota internet, jaringan yang tidak stabil, dan alat penunjang seperti handphone dan laptop. Pembelajaran daring dinilai efektif jika diterapkan pada masa pandemi covid-19 namun diperlukan model yang lebih variatif agar tetap menarik jika digunakan dalam jangka Panjang.

Kata Kunci: WFH, Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Abdullah , Ridwan Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. (Jakarta : PT. Bumi Aksara).

Arikunto,Suharsimin.2013. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta (dalam https://jurnalcore.ac.uk/download/pdf118-141-1-SM.pdf)

Artha, D. J., Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Usaha Quilling Paper Bagi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Daya Manusia Unggul Dan Kreatif. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15-20.

Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Saragih, M., Novita, A., Lubis, B. S., & Siregar, E. F. S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 854-859.

Dewi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Pasca Sarjana Unimed

Dewirsyah, A. R., & Hariani, P. P. (2018). PENGARUH METODE PENYELESAIAN MASALAH (Problem Solving) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Ely Satiyasih Rosali. Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Fatmawarni, F., & Haryani, P. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Analisa Ratio Keuangan Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(1), 24-47.

Fazar Nuriansyah. Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Pendidikan Ekonomi FPEBUniversitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, Vol. 1 No. 2, Mei 2020 hal.61-65.

Geography Science Education Journal (GEOSEE) Volume 1 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2020. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Hariani, P. P. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(2), 117-140.

Hariani, P. P. (2018). PENGARUH CASH HOLDING DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2013-2016. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, (3).

Hariani, P. P. (2019). Kreativitas Den Takur. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 91-99.

Hariani, P. P. (2019, November). Difference of Accounting Learning Results Using Model Creative Problem Solving Learning and Modelling The Way At Students Faculty of Teacher Training and Education. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 2, pp. 89-91).

Hariani, P. P. (2019, November). Difference of Accounting Learning Results Using Model Creative Problem Solving Learning and Modelling The Way At Students Faculty of Teacher Training and Education. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 2, pp. 89-91).

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Hariani, P. P., & Siregar, A. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran PBL Untuk Mengembangkan Karakter Belajar Melalui Jurnal Ilmiah. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 14-25.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hariani, P. P., Rahmayati, R., & Mujiatun, S. Model Bisnis Islamic Financial Technology Produk Bank Syariah di Kota Medan. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 4(2), 69-81.

Hariani, P. P., Sari, I. P., & Batubara, I. H. (2021). Implementasi e-Financial Report BUMDes. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 169-177.

Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 38-49.

Hosnan (2014, hlm 287-288). Kelebihan model discovery learning. Palembang

Isran Rasyid Karo-Karo S& Rohani Str. 2018. Manfaat Media dalam Pembelajaran.

Istirani & Intan Pulungan. 2018. Ensiklopendi Pendidikan. Medan :Media Persada. Iswati, A, D., dan Dwikoranto., (2015), Penerapan Model Pembelajaran Discovery

Kurniasih, Imas. 2014. Teknik Dan Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Untuk Mengembangkan Profesi Guru. Jakarta: Kata Pena

Lamongan. Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2

Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di SMA N 1 Mojosari, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (Jipf) UNS, Vol. 4 No.3 : 83 - 87.

Mariati, M., & Saehu, U. A. (2021). Character-Oriented Development of Accounting Teaching Materials and Higher Order Thinking Skills (HOTS). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 391-403.

Mariati, M., Saehu, U. A., & Hani, S. (2021). Content Analysis of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in the E-Module of Lecturers at Muhammadiyah University of North Sumatra. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 12090-12102.

Medan. Axiom

Nirfayanti, Nurbaeti. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Dosen FKIP Universitas Muslim Maros, Mahasiswa Pendidikan Matematika. Proximal

Nova Irawati Simatupang, Sri Rejeki Ignasia Sitohang, dkk. Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol.13, No.2, Juli 2020. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp

Pusvyta Sari. 2015. Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning.

Rizka Hartami Putri, Albertus Djoko Lesmono, dkk. 2017. 173 Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso.Jember. Email: rizkahartami@gmail.com

Rohim, Fathur, dkk. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal. Tersedia pada http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej, (diakses tangal 7 Maret 2013).

Saehu, U. A., Lubis, H. Z., & Hariani, P. P. (2021, October). Pelatihan Keuangan Berbasis Aplikasi Si APIK Bagi Pelaku Usaha Loundry di Desa Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Delli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Sihotang, I. M., & Hariani, P. P. (2021). Implementation of Lesson Study Based Accounting Learning with Student Facilitator and Explaining Learning Model. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Vol, 4(1), 153-159.

Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Accurate Untuk Guru-Guru SMK Di Kota Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(1), 7-12.

Situmorang, H. F. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 10(2), 151-163.

Soni, Afdhil Hafid, dkk. 2018. Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 .Bangkinang: Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI

Susan Sri Astuti , 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya. Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu

Wiwin Hartanto. Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats