Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Garis Singgung Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Eko Syahputra

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada peningkatan keefektifan pembelajaran pada materi Garis Singgung Lingkaran dengan mengunakan media pembelajaran berbasis ICT pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Medan TP. 2015/2018 (2) Bagaimana keefektifan pembelajaran matematika pada materi Garis Singgung Lingkaran menggunakan media pembelajaran berbasis ICT pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 15 Medan TP. 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui apakah ada peningkatan keefektifan pembelajaran matematika siswa pada materi Garis Singgung Lingkaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Medan TP. 2017/2018 (2) untuk mengetahuibagaimana keefektifan pembelajaran matematika siswa pada materi Garis Singgung Lingkaran menggunakan media pembelajaran berbasis ICT pa da siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Medan TP. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis ICT untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 medan TP. 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran siswa. Saran yang dapat diajukan adalah penggunaan ICT dapat dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, ICT, Hasil Ujian Nasional, TIK


Full Text:

PDF

References


Asyomo, Matematika Kelas VIII SMP / MTs. Jakarta. Bumi Aksara

Daryanto, 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Dimayati, Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, PT. RINEKA PUTRI

Dwijo dan Mujiyem, 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Penentuan Penyelesaian Sistem Persamaan Lingkaran, Yogyakara (diakses pada tanggal 6 April 2014)

Ginting, Eka Dismia (2013), Perbedaan Kreativitas Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran ICT dan Model Pembelajaran PBL pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Medan TA. 2019 / 2020.

Hamza, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 38-49.

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Yons Computer Center

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.

Remaja Rosdakarya.

Rosalin, Elin. 2008. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Karsa Mandiri Persada.

Rusman.2012. Model Model Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada Sukardi, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi

Sihotang, I. M. (2015). Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan.

Sihotang, I. M. (2016). Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini yang Menyenangkan.

Sihotang, I. M. (2019). Learning Lesson Study in Improving Accounting Learning Results. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 529-537.

Sihotang, I. M. (2019, November). Accounting Learning With Lesson Study Activities In FKIP UMSU. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 2, pp. 24-28).

Sihotang, I. M. (2020). MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Sihotang, I. M. in Preparing Financial Statements.

Sihotang, I. M., & Ashadi, S. A. (2019, March). IMPLEMENTATION OF GUIDED TEACHING LEARNING STRATEGIES TO IMPROVE RESULT OF ACCOUNTING LEARNING IN PETTY CASH SUBJECT. In Multi-Disciplinary International Conference University of Asahan (No. 1).

Sihotang, I. M., & Azizah, N. (2018, November). Applying PAIKEM Learning Model to Improve Activities and Results of Accounting Learning. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 171-176).

Sihotang, I. M., & Fatmawarni, F. (2021). The Development of Assessment Instruments in Improving Analysis Thinking Ability. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4).

Sihotang, I. M., & Harahap, M. (2021, October). Analisis Pengakuan Dan Pengungkapan Pendapatan Menurut Psak No. 28 Pada Pt Asuransi Ramayana Tbk, Cabang Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Sihotang, I. M., & Hariani, P. P. (2021). Implementation of Lesson Study Based Accounting Learning with Student Facilitator and Explaining Learning Model. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Vol, 4(1), 153-159.

Sihotang, I. M., & Hasibuan, L. A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Quipper School Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Yang Dimoderasi Oleh Kemandirian Belajar Siswa. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(2), 177-188.

Sihotang, I. M., & Husna, F. (2020, October). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADAMASA COVID-19. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Sihotang, I. M., & Husna, F. (2020, October). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADAMASA COVID-19. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Sihotang, I. M., & Lestari, L. (2018). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada PTPN III Kebun Sei Silau Kabupaten Asahan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(1), 57-64.

Sihotang, I. M., & Munthe, D. S. (2017). Pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Akuntansi Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan ISSN: 2503 (Vol. 4855, pp. 56-66).

Sihotang, I. M., & Sari, D. M. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Akuntansi Piutang. Seminar Nasional Pendidikan 2018.

Siregar, Riani Asma Nur (2011), Penerapan Pendekatan Berbasis ICT Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasa Himpunan di Sekolah SMP Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2019 / 2020.

Nasution, M. D., Mawengkang, H., Kamil, A. A., Efendi, S., & Sutarman. (2020). Sample median approximation on stochastic data envelopment analysis. International Journal of Agile Systems and Management, 13(3), 279-295.

Nasution, M. D., & Prastika, C. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make-A Match (Mam) Pada Materi Limit Fungsi Di Kelas XI MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 8-15.

Nasution, M. D., Ahmad, A., & Mohamed, Z. (2021). PRE SERVICE TEACHERSPERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING IN MATHEMATIC CLASS. Infinity Journal, 10(1), 109-120.

Novriani, M. R., Nasution, M. D., & Surya, E. (2017). Implementation Strategy Instant Assessment To Increase Activity and Result of Learning Mathematics of Al Maksum Junior High School Student. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 53-60.

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI STRATEGI BELAJAR SMALL GROUP WORK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Numeracy, 8(2), 83-89.

Situmorang, H. F. (2019). PERAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DI PERKULIAHAN. LIABILITIES

Situmorang, H. F. (2020). The Basic and Middle Education Concept as A Step of Students in Planting Value Establishment since Early. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(2), 705-712.

Sudjiono, Anas, (2009), Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers Sudjana, Nana (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, PT.

Tampomas. 2005. Matematika Untuk Kelas VIII. Jakarta, Yudistira

Wiriatmaadja, Rochiati (2008), Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. PT. Remaja Roadakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats