Pengaruh Layanan Informasi Untuk Mengembangkan Kreativitas Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 1 Medan T.A 2020/2021

Mayawi M

Abstract


Kurangnya kreativitas belajar siswa dimasa pandemi covid-19 sangat berdampak besar bagi perkembangan belajar siswa. Permasalahan yang muncul diantaranya siswa yang tidak mengerjakan tugas dari guru, siswa yang mengerjakan soal dengan asal yang membuat kualitas belajar dan hasil belajar menurun. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan adalah untuk mengetahui Penerapan Layanan Informasi Untuk Mengembangkan Kreativitas Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data ketika diberikan tugas siswa tidak mampu memecahkan masalah tersebut secara spontan harus dengan stimulus yang diberikan oleh guru. Seiring berjalannya layanan informasi siswa semakin mampu untuk menunjukkan kreativitas belajarnya saat belajar. Begitu pula pada proses layanan informasi yang kedua mereka bahkan semakin terlihat nyaman saat merasa senang, tidak malu-malu bahkan tidak menolak saat diminta berpendapat, mereka juga mulai menahan diri untuk tidak mengganggu/mengejek teman yang dipuji atas pendapat mereka yang bagus, mulai tidak menolak jika ada yang memberikan motivasi dan menikmati setiap kegiatan dan dinamika/hubungan antar anggota semakin terjalin baik sehingga saat pelaksanaan layanan kedua siswa mampu menjawab dan memberikan umpan balik kepada guru sebagai bukti bahwa kreativitas belajar mereka sudah berkembang. Siswa juga mampu berfikir spontan memberikan ide-ide atau gagasan terhadap soalan atau tugas yang diberikan guru. Siswa tidak lagi takut salah dalam menjawab pertanyaan guru. Rasa ingin tahu siswa yang besar membuat pembelajaran di kelas kembali hidup dan kreativitas belajar siswa yang di stimulus dengan media dan cara mengajar yang baik membuat siswa mampun berfikir kreatif dan inovatif baik dalam menjawab tugas, persoalan ataupun pembelajaran di kelas. Setelah dilakukan dua kali pertemuan maka peneliti menarik kesimpulan bahwa Penerapan Layanan Informasi Dapat Mengembangkan Kreativitas Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Layanan Informasi, Kreativitas Belajar, Pandemi Covid-19



Full Text:

PDF

References


Amelia, C., & Pratiwi, I. (2020). PKM Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di UPT Sekolah Dasar. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 146-151.

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.

Eli dan Rifa Hidayah.2009.Bimbingan dan Konseling Islami di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara

Fadhli, T., & Siregar, I. K. (2020). Solution Focused Brief Counseling Teknik Thought Stoping Untuk Mengatasi Kecamasan Diri Terhadap Isu Virus Corona-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 1-9.

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018). The Management of School Libraries Muhammadiyah.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hasibuan, M. F. (2019). Pemanfaatan ICT sebagai media atau teknologi terhadap pelaku industri rumahan untuk memajukan usahanya melalui layanan bimbingan dan konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(2), 72-77.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.

Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Lubis, H. Z., & Jamila, J. (2018). INOVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL ADDIE PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Martini Jamaris. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo

Minarni, S., & Nur, Z. (2018). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Klepto. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 17-21.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik.2010. Pendekatan Baru Stategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, Bandung: Sinar Baru, Algesindo.

Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005.Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Depdiknas

PRATIWI, I. (2018). Process and Circumstances in The Katy Perrys Songs Lyrics.

Pratiwi, I. (2019). The Effect Of Applying Collaborative Strategy Reading (Csr) To The Students Reading Comprehension Assisted By Pop Up Book Story (Doctoral dissertation).

PRATIWI, I. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK WILAYAH SUMATERA UTARA.

Pratiwi, I., Amelia, C., & Pasaribu, O. L. (2020). PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 170-178.

Pratiwi, I., Amelia, C., & Pasaribu, O. L. (2020). PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 170-178.

PRATIWI, R. STUDENTSERROR IN PRONOUNCING THE WORDS CONTAINING SILENT LETTERS.

Prayitno dan Erman Amti. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta. Rineka Cipta

Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. JakartaRajagrafindo Persada.

Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.

Sari, A. W., Deliati, D., & Tussadiah, H. (2020). Vocab Bagi Ibu Warga Pkk Di Kecamatan Binjai Utara. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59-65.

Sari, S. P. (2020). PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 26-33.

Siregar, I. K. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 97-104.

Siregar, I. K. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Siswa. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Winkel.2018. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan Jakarta:Gramedia

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yusnandar, W., Deliati, D., & Jufrizen, J. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats