Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Co-Op Co-Op Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Konsep Matematika Smp Muhammadiyah 06 Medan T.P 2020/2021

Agustina A

Abstract


Tujuan Peneliti ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Co-op Co-op efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 180 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 30 siswa, pada sesi pertama 15 orang dari no absen 1 sampai no absen 15 sebagai kelas kontrol dan pada sesi kedua 15 siswa dari no absen 16 sampai no absen 30 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op.Instrumen yang digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VIII-2 pada sesi pertama yang berjumlah 15 orang sebagai uji instrument. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan model pembelajaranCo-op Co-op dilihat berdasarkan uji N-Gainternormalisasi pada kelas kontrol sebesar 0,2 tergolong rendah dan kelas eksperimen sebesar 0,6 yang tergolong sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Co-op Co-op efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Co-op Co-op, Pemahaman Konsep Matematika.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Agustina, A., & Harahap, T. H. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2), 66-71.

Agustina, A., & Harahap, T. H. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2), 66-71.

Amri, Sofan. 2016. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Pretasi Pusaka.

Amri, Z., & Harahap, T. H. (2018). PELABELAN GRACEFUL, SKOLEM GRACEFUL DAN PELABELAN RHO TOPI PADA GRAF 8 BINTANG. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amri, Z., & Harahap, T. H. (2018). PELABELAN GRACEFUL, SKOLEM GRACEFUL DAN PELABELAN RHO TOPI PADA GRAF 8 BINTANG. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Anggriani, T. U., & Effendi, S. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KOMISI (KOTAK MISTERI AKUNTANSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 53-67.

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Axters, R., & Effendi, S. (1991). Standardization and Quality Control Development of Food and Agricultural Products (Coffee and Cocoa), Indonesia. Report, 25 March to 24 May 1991.

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13-17.

Batubara, I. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Geogebra. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53.

Bela, Annisa, 2018. Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Possing dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA SWASTA Persiapan Stabat T.P 2017/2018. Skripsi, Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Cahyo, Abdi Dwi Bayu, 2018. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Generatif dalam Meningkatkan Kemampuan Nalar Siswa MTS ALMushlihin BinjaiT.P 2017/2018. Skripsi, Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Darma, M. B., Effendi, S., & Juari, A. A. T. (2018). Pengaruh citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan kosmetik. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(1), 1-8.

Effendi, S. (1982). [The influence of processing conditions on the quality of cocoa bean (Theobroma cacao L.) at Bunisari Estate (in Indonesia)].[Indonesian].

Effendi, S. (1983). The effect of the processing conditions on the quality of cocoa beans. Menara Perkebunan (Indonesia).

Effendi, S. (1988). [Determination of optimal fermentation time of cacao beans base on fermentation index].[Indonesian]. In Seminar Penelitian Pasca Panen Pertanian. Bogor (Indonesia). 1-2 Feb 1988..

Effendi, S. (1989). Determination of optimum duration of cacao bean fermentation based on fermentation index. Menara Perkebunan (Indonesia).

Effendi, S. (1995). Utilization of Cacao Sweatings for Nata Production Using Acetobacter Xylinum. Menara Perkebunan, 63(1), 23-26.

Effendi, S. (2012). Teknologi Pengolahan Pangan dan Pengawetan Pangan. Bandung (ID): Alfabeta.

Effendi, S. (2015). Hubungan tingkat kecerdasan emosional dan intelektual dengan keberhasilan belajar. Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 1(2).

Effendi, S., & Hardjosuwito, B. (1988). Measurements of cacao bean fermentation by fermentation index and organoleptic test. Menara Perkebunan (Indonesia) v. 56 (3) p. 76-69.

Effendi, S., & Siregar, S. A. (2018). Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 125-137.

Effendi, S., Winarno, F. G., Nur, M. A., & Hardjo, S. (1983). Pengaruh kondisi pengolahan trhadap mutu biji cokelat (Theobroma cacao L.) di Perkebunan Bunisari. Menara perkebunan.

Fathurrahman, Muhammad. 2015. Model-model pembelajaran inovatif. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Gardenia, Nia. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMK Melalui Pembelajaran Jonstrutivisme Model Needham. Universitas Indraprasta PGRI.

Hamonangan, S. D., Marbun, D. S., Siregar, S. A., & Effendi, S. (2020, September). Panel: The Problem of Pandemic Economics and the Solution of Constitutional Macroeconomics. In IF 2020.

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED METHEMATICS PROJECT (CMP). Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 8-12.

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED METHEMATICS PROJECT (CMP). Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 8-12.

Harahap, T. H., Muslihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Harahap, T. H., Muslihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SOFT SKILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Hidayatun, Septi, 2015 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Di SMP N 3 Jetis. Skripsi, Yogyakarta : Universitas PGRI Yogyakarta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Lestari, Eka Karunia, dkk. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Adimata.

Lubis, H. Z., Effendi, S., & Fatmawarni, F. (2021, November). Online Accounting Learning Problems Analysis During the Covid-19 Pandemic. In Journal of International Conference Proceedings (JICP) (Vol. 4, No. 2, pp. 447-454).

Lubis, H. Z., Effendi, S., & Fatmawarni, F. (2021, November). Online Accounting Learning Problems Analysis During the Covid-19 Pandemic. In Journal of International Conference Proceedings (JICP) (Vol. 4, No. 2, pp. 447-454).

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). PENERAPAN MODEL PACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NURUL ASANAH. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1).

Manurung, A. A., & Gulo, F. F. (2021). Application of Problem Based Learning Model on Pythagorean Theorem Material to Improve Student Learning Outcomes for Class VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(2).

Marbun, D. S., Effendi, S., Lubis, H. Z., & Pratama, I. (2020). Role of education management to expediate supply chain management: a case of Indonesian Higher Educational Institutions. Int. J Sup. Chain. Mgt Vol, 9(1), 89-96.

Marbun, D. S., Juliandi, A., & Effendi, S. (2020). The Effect of Social Media Culture and Knowledge Transfer on Performance. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Vol, 3(3), 2513-2520.

Maryanti, Sri, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Co-op Co-op dengan Pendekatan POE ( Predict-Observe-Explain ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Skripsi, Lampung : Universitas Islam Negeri Intan .

Mulato, S., Amir, E. J., Effendi, S., & Sariyanto, T. (1991). Effect of drying temperature of solar tunnel dryer on drying rate of cocoa bean. Menara Perkebunan (Indonesia).

Murizal, Angga. dkk, 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1

Mutohar, Ali, 2016 Analisis Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Prodi. Skripsi, Jawa Tengah : Universitas Muhammadiyah Puwokerto.

Nasution, I. S., Batubara, I. H., & Sriwahyuni, S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Software Geogebra Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 47-51.

Noor, Juliansyah. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta; Prenadamedia Group.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Sagala, Syaiful. 2017. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sari, I. P., Al-Khowarizmi, A. K., & Batubara, I. H. (2021). Cluster Analysis Using K-Means Algorithm and Fuzzy C-Means Clustering For Grouping Students' Abilities In Online Learning Process. Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 2(1), 139-144.

Siregar, Syofian. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Situmorang, Adi Suarman, 2016. Efektivitas Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Jurnal, Universitas HKBP Nomensen.

Tsurayya, Ismi, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP PGRI Palembang. Skripsi, Palembang : Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Tsurayya, Ismi, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP PGRI Palembang. Skripsi, Palembang : Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Tusakdiyah, Meilinda, 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan. Skripsi, Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1).

Wahyuni, S. (2021). External and Internal Conjunction in The Health News of The Jakarta Post (Doctoral dissertation, UMSU).

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 2(2).

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Nasution, M. D., Mawengkang, H., Kamil, A. A., Efendi, S., & Sutarman. (2020). Sample median approximation on stochastic data envelopment analysis. International Journal of Agile Systems and Management, 13(3), 279-295.

Nasution, M. D., & Prastika, C. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make-A Match (Mam) Pada Materi Limit Fungsi Di Kelas XI MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 8-15.

Nasution, M. D., Ahmad, A., & Mohamed, Z. (2021). PRE SERVICE TEACHERSPERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING IN MATHEMATIC CLASS. Infinity Journal, 10(1), 109-120.

Novriani, M. R., Nasution, M. D., & Surya, E. (2017). Implementation Strategy Instant Assessment To Increase Activity and Result of Learning Mathematics of Al Maksum Junior High School Student. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 53-60.

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI STRATEGI BELAJAR SMALL GROUP WORK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Numeracy, 8(2), 83-89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats