Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Secara Online Dimasa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Batahan


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi dimasa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Batahan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif Deskriptif. Adapun populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batahan sebanyak 30 Siswa. Metode pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Uji Normalitas. Berdasarkan hasil penelitian maka yang menjadi kesimpulan adalah bahwasanya kemandirian siswa dalam pembelajaran akuntansi berkategori tinggi hal tersebut dapat dilihat dari hasil jawaban responden 31,34% menjawab sangat setuju, 47,77% menjawab setuju dan berkategori sedang sebanyak 17,55% berkategori rendah sebanyak 2,44% dan berkategori sangat rendah sebanyak 0,44%, dari data diatas dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi berkategori tinggi sebanyak 47,77%.

Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Mata Pelajaran Akuntansi.


Full Text:

PDF

References


Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. X(1), 4865.

Apriyono Ari, T. A. (2013). Analisis Overreaction Pada Saham Perusahaan M anufaktur Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2005-2009. Jurnal Nomina, II(II), 7696.

Ambawang, D. I. S. (n.d.). Belajar Materi Persamaan Akuntansi. 112.

Amirullah, SE., M. . (2015). Populasi dan Sampel. In Metode Penelitian (pp. 67 80). Bayumedia Publishing Malang. https://doi.org/10.1007/BF00353157

Arifin, M. (2020). (HAKI) HKI Manajemen Pendidikan Masa Kini. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Arifin, M. (2020). (buku) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh untuk Millenial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Arifin, M. (2018). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Arifin, M. (2020). (BUKU) Buku Nilaiku Tergantung Jaringan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Budur, A. T. dan A. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. 120.

Ekayati, R. (2018). Implementasi metode blended learning berbasis aplikasi edmodo. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(2).

Ekayati, R. (2020). Shadowing Technique on Students Listening Word Recognition. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 31-42.

Ekayati, R., & Arifin, M. A. (2020). Gerakan Literasi Kampung Sadar Sastra (Gelikam Rasa) Di Desa Manunggal. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 6-10.

Ekayati, R., & Arifin, M. A. (2020). Gerakan Literasi Kampung Sadar Sastra (Gelikam Rasa) Di Desa Manunggal. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 6-10.

Emelia, T. W. (2018). Pengrajin Tikar Pandan di Desa Alue O Idi Rayeuk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 551-555.

Era, D. I., Industri, R., Kasus, S., & Arina, S. (2019). Optimalisasi Penggunaan Google Class Room Dalam Jurnal Teknik , Kesehatan dan Ilmu Sosial. 1(1).

Fadilah Nasution, H. (2015). Instrumen Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif Oleh. hal 64.

Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S. H. (2021). Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning (Scl) Bagi Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58-72.

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif : Wawancara Terhadap Elit Review of Qualitative Method : Interview of the Elite. 165172.

Hasnah, Y. (2017). TEACHERS AS ROLE MODELS IN NURTURING STUDENTSCHARACTER. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, (3).

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H., Rawamangun, J., Raya, M., Rw, R. T., Gadung, K. P., & Timur, K. J. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Program Studi Bimbingan dan Konseling , Universitas Negeri Jakarta SelfRegulated Learning Of Students Studying Online. 34(2), 147154.

Joesyiana, K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 6 No 2 Tahun 2018 P- ISSN: 2337-652x | E-ISSN: 2598-3253, 6(2), 90103.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Lubis, B. N. A., & Sagala, R. W. (2020). The Comparative of Indonesian and Western Culture in Live Action: A Study of Cross-Culture. English Teaching and Linguistics Journal, 1(2), 56-59.

Manurung, I. D., & Tussadiah, H. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA REMAJA USIA PRODUKTIF DI KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Merdekawati, A., & Fatmawati, F. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Pemahaman Akuntansi Siswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 95. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1862

Pebrianti, Y. (2016). Kajian Penyusunan Dokumen Sistem Guna Mendukung Manajemen Mutu Perpustakaan Study Preparation Of System Document ( Guidance ,Procedurs , And Form ) To Support Library Quality Management. 2(1), 7891.

Perdana, P. R., Batumbara, I. H., & Sagala, R. W. (2021). Pembuatan Aplikasi Berbasis Online Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan Pada Masa Pandemic Covid 19. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 26-30.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94101.

Pujihastuti, I. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. 2(1), 4356.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sahade. (2020). Kemandirian dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Program Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri 1 Sidenreng Rappang. 3, 2128. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14320

Sagala, R. W. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling.

Saragih, D. K. (n.d.). Pengaruh Kemandirian, Gaya Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Smk Pgri 3 Sidoarjo. 2(1), 2941.

Sarwono Jonathan. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif (2nd ed.). Hak cipta.

Siregar, E. Y., & Manurung, I. D. (2020). The Effect Of Using Authentic Material As Media On The Students Achievement In Listening. English Teaching and Linguistics Journal, 1(1), 5-15.

Siregar, A., & Manurung, I. D. (2021). Aplikasi M-Learning Pada Dongle Melalui Nilai-Nilai Islam. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 40-53.

Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA Melati Perbauangan. At-Tawassuth, 2(2), 368388. https://www.cambridge.org/core/product/identifier/CBO9781107415324A009/type/book_part

Syahputri, D. (2020). The Ellipsis on the Main Character's Utterances in the Trolls Movie. English Teaching and Linguistics Journal, 1(2), 60-67.

Taufik, R. (2020). Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. 2507(February), 19.

Wahyuni, R., & Hasnah, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Writing terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa pada Mata Kuliah Creative Writing. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 8(10).

Widi, R. (2011). Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Stomatognatic, 8(1), 2734.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats