Pengembangan Modul Pembelajaran Matematik Dengan Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Pada Materi Segi Empat

Rizki Ananda Putri

Abstract


Pada sekolah yang diteliti belum pernah menggunakan Modul pembelajaran matematik dan pendekatan STEM sehingga dalam pembelajaran sebelumnya siswa selalu berfokus pada guru serta proses pembelajaran cenderung satu arah, lalu pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang bermakna, dan pola pembelajaran guru bersifat rutinitas pada saat mengajar matematika, guru langsung menjelaskan topik yang akan dipelajari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana kelayakan modul pembelajaran matematik dengan pendekatan STEM (2) Bagaimana respon siswa terhadap modul pembelajaran matematik dengan pendekatan STEM. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari: Modul. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs Pondok Pesantren Ell-Firdaus Cikampak 2020-2022 (dengan menggunakan kelas kecil yang yang terdiri dari 15 siswa), dengan objek dalam penelitian ini adalah modul dengan pendekatan STEM. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define. design, develop, disseminate, tetapi pada penelitian tidak sampai tahap disseminate karena keterbatasan waktu. Instrument penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan MODUL untuk mengukur kelayakan dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) kelayakan pada validator 1 sebesar 70% dengan kategori Layak, kelayakan pada validator 2 sebesar 68% dengan kategori Layak, kelayakan pada validator 3 sebesar 70% dengan kategori Layak . b) respon siswa positif dilihat dari skor rata-rata angket respon siswa, c) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba lapangan.

Kata kunci: modul, pendekatan STEM, model 4-D.


Full Text:

PDF

References


Adlim, M dkk. (2015). Pengembangan Modul Stem Terintegrasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sma Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 03, No.02, hlm 112-121.

Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Afifah, N., Harahap, E. M., & Nasution, D. Y. (2021). ANALISIS MAKNA SEMANTIK BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA DI DESA HAPESONG BARU. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 66-77.

Alfika, Ziyyan Alieffia dkk. (2019). Modul Stem Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Tema Rumah Dome. JPF. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. p-ISSN: 2337-5973 e ISSN: 2442-4838.

Almuharomah, Farida Amrul dkk. (2019). Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal Beduk untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. ISSN 2337-604X (print) ISSN : 2549-2764 (online) Vol 7 No 1

Aminingsih dan Nur Izzati. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Stem Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 2, No. 1, pp. 67-76. e-ISSN : 2684-7175 | p-ISSN 2685-9564.

Amri, Z., & Hadi, R. (2020). Pembentukan Graf Berdasarkan Benda Langit (Bintang) dengan Selisih Nilai MagnitudeTertentu di OIF UMSU. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 24-33.

Amri, Z., Aulia, A., Syella, A., Pratamal, H., & Ramadhani, S. (2018). PELABELAN HARMONIS GANJIL PADA GRAF 2S_n [(C] _4, n). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(1).

Azis, Z., Panggabean, S., & Sumardi, H. (2021). EFEKTIVITAS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 PAHAE JAE. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 19-24.

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13-17.

Batubara, I. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Geogebra. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53.

Cahyani, Annida Erin Miftakul dkk. (2020). Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. ISSN (print) : 2549-9955 Vol 4 No 1. ISSN (online): 2549-9963 hal 15-22

Daryanto. 2013. Penyusunan Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Harahap, T. H., Muslihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Harahap, L. S., & Prasetia, I. (2021). Pengaruh Pemberdayaan, Kualitas Kehidupan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK di Padang Lawas. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 2(3).

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SOFT SKILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Indraningtias, Diah Ayu dan Ariyadi Wijaya. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Beroriantasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6. No. 5.

Irawan, E., & Prasetia, I. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Irmita, Luthfia Ulva. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematic (Stem) Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimi. Volum 2, Nomor 2.

Laisnima, Lhony dan Tiurlina Siregar. (2020). Modul Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Peserta Didik Pada Materi Redoks Dan Sel Elektrolisis. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. ISSN 2338-3402 Vol 8, No 2, Halaman 84 90. EISSN 2623-226X.

Lasmiyati dan Idris Harta. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 9 Nomor 2, (161-174). ISSN: 1978-4538.

Mardhiyatirrahmah, Muchlas, & Marhayati. 2020. Dampak Positif Dan Faktor-Faktor YSang Mempengaruhi Penerapan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika.Volume 6, Nomor 2, Agustus 2020, Halaman 7888. E-ISSN: 26564564.

Nasution, I. S., & NurAfifah, N. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Cabri 3D. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1-6.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Putri, L. A., & Panggabean, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Treffinger Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif:Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.

Sari, I. P., Al-Khowarizmi, A. K., & Batubara, I. H. (2021). Cluster Analysis Using K-Means Algorithm and Fuzzy C-Means Clustering For Grouping Students' Abilities In Online Learning Process. Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 2(1), 139-144.

Siregar, Khairul Saleh dan Ladyvia Mutiara. (2019). Pengembangan Modul Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017-2018. Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2019 ISSN: 2721-3684 Volume 1, Desember, pp: 512-520.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Utami, Taza Nur dkk. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika. Print ISSN: 2613-9073. Online ISSN: 2613-9081.

Ulfa, M., & Panggabean, S. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CRH (COURSE REVIEW HORAY) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2), 78-83.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats