Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Terhadap Memerankan Drama Siswa Kelas XI Sma Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Irma Andayani, Drs. Tepu Sitepu, M.Si

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap memerankan drama siswa Kelas Xl SMA Taman siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Tamansiswa Medan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah sebanyak 20 siswa dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian only control design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan media ini adalah tes dialog. Setelah data analisis diketahui kemampuan siswa dalam memerankan drama dengan menggunakan dialog yang ada pada tes termasuk katagori baik dengan nilai rata-rata 66,67 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan model Rotating Trio Exchange memiliki rata-rata 48,95 termasuk kategori kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (1,762 > 1,69) dengan ini penelitian yang dilakukan diterima dan berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap Memerankan Drama Siswa Kelas Xl SMA Taman siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Kata kunci: Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange, Drama


Full Text:

PDF

References


Amalia, N., & Hasibuan, S. H. (2018, November). The Effect of Observing Imitation of Modification (ATM) Strategy Learning By Using Video Media On The Students Ability To Read Poetry By Class Vii Junior High School At MTs. Aisyiyah North Sumatera. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 199-210).

Asma, F. Media Audiovisual dalam Menulis Kembali Teks Cerita Fabel oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta Bandung. Asas: Jurnal Sastra, 9(1).

Febriyana, M., & Winarti, W. (2018, November). The Influence of the Power of Two Learning Strategy On the Writing Pantun Ability of Students of Indonesian Language and Literature Education Program FKIP UMSU. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 195-198).

Imam. 2016. Peningkatan keterampilan bermain drama dengan metode role playing pada kelompok teater denes SMP 4 yogyakarta. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Volume 12. Universitas Tidar: Basastra.

Isman, M., & Agussani, A. (2020). [HAKI] Tradisi Lisan Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Pererta Didik Pada Era Digital. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Izar, S. L. (2018, November). The Effect of Modeling the Way Learning Model On Teaching System According to The Religion Value. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 261-266).

Waluyo, Herman J. 2003. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Oktavia Lestari, P. (2017). THE INFLUENCE OF MODELLING THE WAY TOWARD THE STUDENTSWRITING ABILITY AT FABLE STORY TEXT IN SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN. Jurnal Didascein Bahasa, 3(1).

Sugiyono. 2018. Metodeologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Silberman. 2013. 103 way to Make Training Active. USA: Preiffer.

Pratiwi, Yuni & Frida Siswiyanti. 2014. Teori Drama dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak

Zaitunil. 2013. Strategi pembelajaran Aktif Tife Rotating Trio Excchange pada pembelajaran Matematika siswa kelas XI IPS MAN Kota Baru Padcang Pajang. Solok: Skripsi Unand


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats