Pengaruh Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen di Kelas XI SMA Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Elvira Dewita, Drs. Tepu Sitepu, M.Si

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) setelah digunakan dalam menentukan Kemampuan Menentukan unsur Intrinsik cerpen oleh Siswa Kelas XI SMA Taman Siswa Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Kelompok eksperimen menerapkan Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Sampel penelitian ini dibedakan menjadi dua kelompok yaitu yaitu sebanyak 20 siswa (XI IPA 1) dimasukan ke kelas eksperimen menggunakan Metode Directed Reading Thingking activity dan 20 siswa (XI IPA 2) dimasukan ke kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen. Berdasarkan uji t dengan membandingkan harga thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 4,983 > 1,69, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) lebih baik digunakan dalam meningkatkan kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen pada siswa Kelas XI SMA Taman Siswa tahun pembelajaran 2019/2020 dibandingkan dengan tanpa menggunakan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA).

Kata kunci: Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Unsur Intrinsik Cerpen


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2016. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Amalia, N. (2018). MELEJITKAN DAYA LITERASI MELALUI PEMBELAJARAN PANTUN. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik`. Jakarta: Rineka Cipta.

Farida, Rahim. 2018. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta Bumi Aksara. Kemdikbud. 2017. Bahasa Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Febriyana, M. (2017). Perbandingan Quantum Writing dan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2016/2017. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 8(10).

K. Putri Anggreni. 2013. Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Sikap Sosial Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Dharma Wiweka Denpasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Lestari, Ninik. 2017. Penggunaan Strategi Directed-Reading-Thinking Activity (DRTA) dengan Media Gambar dalam Peningkatan Ketrampilan Membaca Pemahaman di Kelas V SDN Kebumen. Jurnak FKIP PGSD Univeristas Sebelas Maret,

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Poerwadarminta, W.J.S. 2011. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Oktavia Lestari, P. Pengaruh Modelling the Way Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa SMP.

Pasaribu, O. L. (2013). PENGARUH TEKNIK MEMBACA FORMULA 5S TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riski Puspita Sari (2015: 3) yang berjudul Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Instrinsik Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semparuk

Sudjana. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Sudjinam, Panuti. 1987. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winarti, W., & Izar, S. L. (2018, November). Identify Types of Poetry by Semester Iii Students Study Program of Indonesian Language and Literature FKIP UMSU Academic Year 2017-2018. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 323-332).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats