Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Assertive Training untuk Peningkatan Sikap Kooperatif Siswa Kelas VIII SMP Dharmapancasila Medan Tahun Ajaran 2020/2021

Mhd Hudzaifah Ibnu

Abstract


Bimbingan Kelompok adalah proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok (dinamika kelompok yang memungkinkan setiap anggota untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap kooperatif siswa kelas VIII SMP Dharmapancasila Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa kelas VIII. Hasil yang di dapat berdasarkan pelaksanaan layanan dan hasil pengolahan angket menjelaskan bahwa sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok siswa di kelas VIII masih memiliki sifat individualisme didalam dirinya. Kemudian hasil lain menjelaskan pada indikator kedua yaitu orientasi individu, siswa yang awalnya tidak mengerti apa bakat dan minat yang ada dalam dirinya. Lalu siswa tidak mau berkomunikasi satu sama lain sebelum diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok.Setelah dilakukan kegiatan layanan bimbingan kelompok ini, siswa menjadi peduli kepada temantemannya dan saling memberikan motivasi yang membangun. Kemudian siswa yang awalnya tidak mengerti apa bakat dan minat yang ada dalam dirinya menjadi paham dan yakin bahwa setiap individu memikili bakat dan minatnya masingmasing. Lalu pada indikator komunikasi, awalnya siswa tidak mau berkomunikasi satu sama lain, setelah mendapat pelayanan menjadi akrab satu sama lain. Berdasarkan hasil output dapat dinyatakan bahwa nilai T hitung (1,903) > Ttabel (1.812), sehingga dapat katakan bahwa hipotesis yang sebelumnya telah dibuat dapat diterima atau Ho diterima dan H1 ditolak. Bahwa layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan sikap kooperatif siswa kelas VIII SMP Dharmapancasila Medan Tahun Ajaran 2020/2021.

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Assertive Training, Sikap Kooperatif


Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. 2010. Manajemen Penelitian. Yokyakarta: Rineka Cipta.

Defriyanto, Siti Maisaroh.2016. Pengaruh Assertiveness Training Terhadap Konsep Diri Pada Peserta Didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3 No 1

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.

Dimyanti & Modjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fadhli, T., & Siregar, I. K. (2020). Solution Focused Brief Counseling Teknik Thought Stoping Untuk Mengatasi Kecamasan Diri Terhadap Isu Virus Corona-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 1-9.

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018). The Management of School Libraries Muhammadiyah.

Gerungan. 2000. Psikologi Sosial. Bandung:Refika Aditama.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F. (2019). Pemanfaatan ICT sebagai media atau teknologi terhadap pelaku industri rumahan untuk memajukan usahanya melalui layanan bimbingan dan konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(2), 72-77.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Husaini Usman, Purnomo Setiady. 2011. Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.

Inge. 2007. Perkembangan Kepribadian. Jakarta:Indeks

Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Lubis, H. Z., & Jamila, J. (2018). INOVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL ADDIE PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Minarni, S., & Nur, Z. (2018). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Klepto. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 17-21.

Mutiah Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Prayitno & Amti Emran. 2013. Dasar dasar Bimbingan dan Konseling Cetekan-3 Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.

Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111.

Robert A Baron. 2015. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga

Rumenggan Jemmy. 2013. Metodelogi Penelitian. Bandung: Cipta Pustaka

Sari, A. W., Deliati, D., & Tussadiah, H. (2020). Vocab Bagi Ibu Warga Pkk Di Kecamatan Binjai Utara. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59-65.

Singgih D Gunarsa. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Jakarta: Gunung Mulia

Siregar, I. K. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 97-104.

Sukmadinata & Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tohirin. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi).Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Yusnandar, W., Deliati, D., & Jufrizen, J. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats