Konflik Batin Tokoh Utama Film Moga Bunda Disayang Allah Sutradara Jose Poernomo: Analisis Psikologi Sastra

Nurul Hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran psikologis tokoh utama (Karang) film Moga Bunda Disayang AllahSutradara Jose Poernomo. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Moga Bunda Disayang AllahSutradara Jose Poernomo yang berdurasi 90 menit yang diproduksi oleh Soraya Intercine Film. Film drama Indonesia yang dirilis pada 2 Agustus 2013. Data penelitian ini berupa seluruh isi film Moga Bunda Disayang Allah Sutradara Jose Poernomo. Metode penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini dilakukan dengan prosedur observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa menonton film berulang-ulang, memahami, mengumpulkan data, menandai setiap menit, mendeskripsikan, dan menyimpulkan. Hasil dari penelitian ini adalah dapat menjawab dari pernyataan penelitian yaitu terdapat aspek konflik batin yang terdapat pada tokoh utama (Karang) yang terdiri dari (konsep rasa bersalah, rasa bersalah yang dipendam, menghukum diri sendiri, rasa malu, kesedihan, kebencian dan cinta) dalam film Moga Bunda Disayang AllahSutradara Jose Poernomo.

Kata kunci: Film Moga Bunda Disayang Allah, Psikologi Tokoh


Full Text:

PDF

References


Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Amalia, N. (2019, March). THE INCREASE OF HIGH-LEVEL IN THINKING SKILLS THROUGH YOUTH NOVEL AND INTERACTIVE OF MULTIMEDIA IN ASY-SYAFIIYAH SCHOOL AT THIRD IN JUNIOR HIGH SCHOOL. In Multi-Disciplinary International Conference University of Asahan (No. 1).

Amini, A., SYAMSUYURNITA, S., & HASNIDAR, H. (2018). MODEL MANAJEMEN PEMBERDAYAAN TABUNGAN SISWA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara Budiyanto). Jakarta: Gramedia.

Butar-butar, C., Syamsuyurnita, S., & Isman, M. (2018). REKONSTRUKSI DAN REVITALISASI CERITA RAKYAT SEBAGAI PEWARIS BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DENGAN PENDEKATAN SITUS MITOS PADA MASYARAKAT BATAK TOBA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka

Ginting, P., Hasnah, Y., & Febriyana, M. (2020). INNOVATION OF STUDENT CENTERED LEARNING MODEL BASED ON MICROBLOGGING EDMODO. JURNAL TARBIYAH, 27(1).

Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Isman, M., Sibarani, R., Nasution, I., & Zein, T. T. (2017). Local Wisdoms of Batagak Pangulu Tradition in Minangkabau. Journal of Researchin Humanities and Social Science, 5(1).

Izard, S. L. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR OLEH SISWA KELAS XI MAN I MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 12-16.

Manurung, Y. H., & Artha, D. J. (2018). PENGARUH TEKNIK SPEED READING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Minderop, Albertine. (2011). Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Pasaribu, O. L. (2019). Pemanfaatan Media Visual dalam Menulis Cerita Pendek pada Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU. Pena Literasi, 2(1), 39-46.

Pradita, Linda Eka. 2012. Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo. Universitas Sebelas Maret. Volume 1 Nomor 1. ISSN 12302-6405.

Suprayetno, E. (2017). Upaya Menumbuhkembangkan Kepribadian Anak melalui Cerita Fiksi di SD Muhammadiyah 36 Medan.

Wahyuni, Citra. 2017. Analisis Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Roman Belenggu Karya Armin Pane. Universitas Tadulako. Valume 2 Nomor 2. ISSN 2302-2043

Wellek, Rene dan Warren Austin. 1993. Teori Kesusastraan (terjemahan melalui Widyatam)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats