Analisis Nilai-nilai Edukatif dan Peran Perempuan dalam Novel Islammu Adalah Maharku Karya Ario Muhammad, Ph.D.

Meri Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai edukatif dan peran perempuan novel Islammu adalah Maharku karya Ario Muhammad. Sumber data penelitian adalah novel Islammu adalah Maharku karya Ario Muhammad yang berjumlah 344 halaman yang diterbitkan oleh penerbit NEA Publishing, cetakan kedua Desember 2018. Data penelitian ini adalah nilai edukatif yang meliputi nilai keimanan dan ketakwaan serta kejujuran dan peran perempuan yang meliputi peran sebagai anak. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian dilakukan dengan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membaca berulang-ulang novel, menghayati, memahami, mengumpulkan data, menggarisbawahi, mendeskripsikan dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini adalah terdapatnya nilai-nilai edukatif yang meliputi nilai keimanan dan ketakwaan serta kejujuran dan peran perempuan yang meliputi peran sebagai anak dalam novel Islammu adalah Maharku karya Ario Muhammad.

Kata kunci: Novel Islammu adalah Maharku, Nilai Edukatif, Peran Perempuan


Full Text:

PDF

References


Amalia, N., & Yuhdi, A. (2019). APLIKASI SENYUM SAPA DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN SEKOLAH. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penlitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Butar-Butar, C., Sibarani, R., Setia, E., & Widayawati, D. Preservation of Lake Toba Ecosystem through Batak Toba Folklore: Ecolinguistic Study.

Delvia, Fita Saragih. 2015. Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Sokola Rimba Karya Butet Manurung.Pena. 5 (2): 145-162.

Emi. 2017. Nilai Moral dan Nilai Budaya Dalam Novel Kelopak Cinta Kelabu Karya Suhairi Rachmad dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMP. Pembahsi. 7 (1): 69-84.

Fatikah, Noor. 2019. Nilai-nilai Edukatif dalam Buku Surga yang Tak Dirindukan dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmuna. 1 (1): 97-112.

Fatria, fita. 2016. Nilai-nilai Edukatif dalam Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. 1 (1): 1-10.

Febriyana, M., & Sitompul, D. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Pembelajaran Edukatif untuk Peningkatan Profesionalisme Guru Tk Aisyiyah di Kota Medan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(2), 61-68.

Irma, Cintya Nurika. 2018. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setiawan. Jurnal Retorika. 11 (1): 14-22.

Isman, M., Sibarani, R., Nasution, I., & Zein, T. T. (2017). Local Wisdoms of Batagak Pangulu Tradition in Minangkabau. Journal of Researchin Humanities and Social Science, 5(1).

Izar, S. L., & Pasaribu, O. L. PENGARUH TEKNIK PENGELOMPOKAN (CLUSTERING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Basastra, 7(4).

Mubarok, Achmat. 2019. Analisis Nilai-nilai Edukatif dalam Novel Love In Pesantren Sebagai Reformulasi Pola Interaksi Guru dan Murid di Pesantren. Al Murabbi. 4 (2): 217-237.

Nurzannah. 2015, Studi Islam-1 Akidah dan Akhlak. Medan:UMSU

Pardede, F. P. (2013). Pelaksanaan pendidikan agama islam difakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN-SU).

Rahayu, E., & Rahayu, E. Analisis Bahasa dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP. Asas: Jurnal Sastra, 10(1).

Rahima, Wa. 2019. Citra Perempuan dalam Novel Perempuan Batih karya A.R. Rizal. Bastra. 4 (3): 475-491.

Salam, H Burhanuddin. 2002. Pengantar Paedagogik (Dasar-dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: PT Rineka Cipta

Sari, Netty Nova. 2019. Analisi Pendidikan Nilai Karakter dalam Novel Bidadari-bidadari Surga Karya Tere liye. Genre. 1 (1):18-26.

Silviyani, Dwi. 2015. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ranah Tiga Warna Karya A. Fuadi. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. 2 (1):1- 15.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahfitri, Meilisa. 2013. Tokoh Wanita Profeminis dan Kontrafeminis dalam Novel Firdaus yang Hilang Karya Mira W. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1 (2): 347-354.

Wardani, Yoan Fucshy. 2018. Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rindu Karangan Tere Liye: Tinjauan Psikologi Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2 (2): 246-274.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 2016. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Widiastuti, Rini. 2009. Nilai Edukatif dalam Novel Anak Jejak Putih di Tanah BasahKarya Tria Ayu Kusumawardhani. Sawerigading. 15 (3): 438-446.

Winarti, W., & Izar, S. L. (2020). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA KULIAH MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS PUISI DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-6.

Yuhdi, Achmad dan Khairul Anam. 2018. Kajian Prosa Fiksi Indonesia. http://amrhy.blogspot.com/2011/10/makalah-keimanan-dan-ketakwaan.html?m=1

http://www.studinews.co.id/pengertian-kejujuran-karakteristik-macam-macam- sifat-jujur/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats