Analisis Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono dengan Pendekatan Ekspresif

Maysarah Silitonga

Abstract


Penelitian ini mengkaji masalah ekspresi dalam cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran ekspresi pada Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono. Metode deskriptif kualitatif. Sumber penelitian ini adalah data sekunder dari kumpulan cerita pendek yang berjudul Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono. Teknik analisis data dikumpulkan data dari isi Cerpen Sepasang Sepatu Tua dan mendeskripsikan data menggunakan teori-teori yang didapatkan dari buku-buku serta karya ilmiah lainnya. Instrumen penelitian ini adalah studi dokumentasi dilakukan sebagai studi pembuktiaan pendekatan ekspresif pengarang terhadap cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya gambaran ekspresi pengarang yaitu ekspresi kecewa, bahagia, sedih dan ragu/bimbang yang terdapat dalam Cerpen Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono. Dengan menggunakan empat macam ekspresi ini dapat disimpulkan bahwa adanya gambaran eskpresi pengarang.

Kata kunci: Pendekatan Ekspresif, Cerpen Sepasang Sepatu Tua


Full Text:

PDF

References


Abdul Hamid, K., & Yusri, M. P. (2007). Implementasi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) untuk peningkatan kemampuan menulis mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU (Master's thesis, UNIMED Digital Repository).

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Butar-butar, C., Syamsuyurnita, S., & Isman, M. (2018). REKONSTRUKSI DAN REVITALISASI CERITA RAKYAT SEBAGAI PEWARIS BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DENGAN PENDEKATAN SITUS MITOS PADA MASYARAKAT BATAK TOBA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Damono, Sapardi. 2019. Sepilihan Cerpen Sepasang Sepatu Tua. PT Gramedia.

Dzikri. 1990. Pengaruh Kehidupan Pengarang Pada Novel Chidori Karya Suzuki Mieichi (PendekatanEkspresif). Sumedang: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra. Volume 5 No.2.

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018, December). The Management of School Libraries Muhammadiyah. In International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2018). Atlantis Press.

Isman, M., & Agussani, A. (2020). [HAKI] Tradisi Lisan Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Pererta Didik Pada Era Digital. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Izar, S. L. (2019). PENGARUH MODEL SUGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS LAPORAN OLEH MAHASISWA SEMESTER VII PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 204-207.

Oktavia Lestari, P. (2018). Language Variations between Women and Men at SMP Muhammadiyah 3 Medan Academic Years 2017/2018.

Rahayu, E., Hafiz, M. S., & Winarti, W. (2020). PELATIHAN MEMBUAT KERAJINAN PERNIKAHAN BAGI IBU-IBU AISYIYAH DI PIMPINAN CABANG AISYIYAH KAMPUNG DADAP DAN PIMPINAN CABANG AISYIYAH DURIAN KOTA MEDAN. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(1), 13-20.

Siswantoro. 2018. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumardjo, Jakob. 1982. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia.

Semi, Atar. 1984. Kritik Sastra.Bandung:Angkasa.

Wellek, Rene Dkk. 1990. Teori Kesusatraan. Jakarta:PT Gramedia.

Winarti, M., & Febriyana, M. (2019). EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATERI MENULIS DONGENG DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UMSU. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 225-231.

Yudiono. 2016. Pengkajian Kritik Sastra Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Yuhdi,Achmad dkk. 2018. Kajian Prosa Fiksi Indonesia. Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats