Pengaruh Model Pembelajaran Learning Starts With a Question Terhadap Kemampuan Memahami Isi Cerita Rakyat Kelas X SMA Dharmawangsa Tahun Pembelajaran 2019/2020

Juraini -, Mutia Febriyana, S.Pd., M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami isi cerita rakyat menggunakan Model Pembelajaran Learning Starts With A Question. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharmawangsa yang berjumlah 324 orang yang tersebar dalam 10 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan disain penelitian True Experimental design tipe Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata siswa kelas X MIPA 2 (kelas eksperimen) yang menggunakan Model Pembelajaran Learning Starts With A Question berjumlah 32 siswa adalah 79,29 menunjukan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 13 siswa (40%) sangat baik, 9 siswa (28%) baik, 5 siswa (16%) cukup, 5 siswa (16%) kurang dan 0 siswa ( 0%) sangat kurang. Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh pada kelas kontrol dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional berjumlah 32 orang adalah 63,65 menunjukan kemampuan kurang. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 12 siswa (38%) sangat baik, 3 siswa (9%) baik, 1 siswa (3%) cukup, 9 siswa (28%) kurang, 7 siswa (22%) sangat kurang. Berdasarkan penjelasan di atas hasil hipotesis membuktikan nilai rata-rata hasil kerja siswa yang menngunakan Model Pembelajaran Learning Starts With A Question sebesar 79,29 lebih tinggi dari pada hasil rata-rata siswa menggunakan Model Pembelajaran Konvensional sebesar 63,65. Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap kemampuan memahami isi cerita rakyat kelas X SMA Dharmawangsa Tahun Pembelajaran 2019-2020.

Kata kunci: Learning Starts With A Question, Memahami Isi Cerita Rakyat


Full Text:

PDF

References


Amalia, N., & Hasibuan, S. H. (2018, November). The Effect of Observing Imitation of Modification (ATM) Strategy Learning By Using Video Media On The Students Ability To Read Poetry By Class Vii Junior High School At MTs. Aisyiyah North Sumatera. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 199-210).

Anjarsari, dkk. 2016. Pembelajaran Cerita Rakyat Dengan Media Film Animasi Melalui Pendekatan Terpadupada SD Negeri Maos Kidul 03 Kabupaten Cilacap. Jurnal Lingua Vol. XXI No.2 Juli. Halaman 152-159.

Butar-butar, C., Syamsuyurnita, S., & Isman, M. (2018). REKONSTRUKSI DAN REVITALISASI CERITA RAKYAT SEBAGAI PEWARIS BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DENGAN PENDEKATAN SITUS MITOS PADA MASYARAKAT BATAK TOBA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Cunandar. 2019.Pengaruh Penerapan Model Moody terhadap Kemampuan Siswa Kelas IV SD dalam Memahami Isi Cerita. Jurnal Lensa Pendas, Vol 4 No 1, febuari, Halaman 28-35.

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018, December). The Management of School Libraries Muhammadiyah. In International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2018). Atlantis Press.

Gusnetti, dkk. 2015. Struktur dan Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provimsi Sumatera Utara. Jurnal Gramatika. Vl.i2. Halaman 183-192.

Haryadi, Dheni Nur dan Nurhayati. 2015. Penerapan Model learning Start With A Question Berpendekatan Icare Pada Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 9, No. 2. Halaman 25-26.

Isman, M., & Nasution, D. K. (2018, November). Re-Exploring Local Wisdom in The Folktale" Asal Usul Masyarakat Batu Bara" to Build Students' Local Culturebased Character. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 31-38).

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif . Medan: Cv.Iscom

Pasaribu, O. L. (2013). PENGARUH TEKNIK MEMBACA FORMULA 5S TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Riynaldiy, A., Aldea, R., Fazhari, S., Fernanda, M., & Izar, S. L. (2019). Pembelajaran bahasa Indonesia aktif berbasis aplikasi Sarpu (smart crossword puzzle). Jurnal Sains Penelitian & Pengabdian, 2(2), 42-47.

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatn Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakaya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sujai, 2008. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab: Strategi dan Metode Penyumbangan Kompetensi. Semarang: Walingoso Pers.

Taniredja, Tukiran, dkk. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: IKAPI.

Wahyuddin, Wisrawaty. 2016. Kemampuan Menentukan Isi Cerita Rakyat Siswa kelas X SMA Negeri 1 Raha. Jurnal Bastra Vol. 1, No. 1. Halaman 1-21.

Wahidin, Unang. 2007. Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Vol. IV No. 3 Halaman 259.

Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN NONAUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DONGENG. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats