Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Terhadap Hasil Belajar Murid Pada Materi Pokok Konsep Persamaan Dasar Akuntansi Kelas Xii Ips Sma Negeri 16 Medan T.P 2019/2020

Rohima Wildani

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok konsep persamaan dasar akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 16 Medan T.P 2019/2020. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok konsep persamaan dasar akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 16 Medan T.P 2019/2020. Populasi dan sample dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII-IPS SMA Negeri 16 Medan tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 32 orang siswa. Dari hasil penelitian di peroleh nilai ratarata pre test pada kelas XII IPS sebelum menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 72,22 dengan standar deviasi 10, dan diperoleh nilai rata-rata post test pada kelas XII IPS setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 87,03 dengan standar deviasi 4,59. Dari hasil penelitian dan diperoleh nilai tertinggi sebesar 90 dan nilai terendah 50. Dan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 16 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebesar 16 orang. diperoleh nilai tertinggi sebesar 95 dan nilai terendah 80. Dan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 32 orang siswa. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh 12,88 dan bila di konsultasikan dengan nilai 0,05 dan df = N-1 = 32-1 = 31, maka pada taraf signifikan Dengan membandingkan antara dengan kriteria > 12,88 > 1,695) sehingga ditolak dan diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) hasil belajar siswa materi pokok persamaan dasar akuntansi kelas XII IPS SMA Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Anggriani, T. U., & Effendi, S. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KOMISI (KOTAK MISTERI AKUNTANSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 53-67.

Artha, D. J., Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Usaha Quilling Paper Bagi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Daya Manusia Unggul Dan Kreatif. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15-20.

Bejo Siswanto. 2013. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta, Bumi Aksara.

Dewirsyah, A. R., & Hariani, P. P. (2018). PENGARUH METODE PENYELESAIAN MASALAH (Problem Solving) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Effendi, S., & Siregar, S. A. (2018). Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 125-137.

Gibson, James, L. 2000. Organization, Behavior, Structure, Process, edition 10. Boston. USA

Handoko, T. Hani, 2008. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia, EdisiKedua,Yogyakarta, Penerbit : BPFE

Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

HANI, S., MARIATI, M., & HARAHAP, R. U. (2018). MODEL LAPORAN KEUANGAN SYARIAH BAGI UKM. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 38-49.

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. (2016). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios. Presented at the 49th Hawaiian International Conference on Systems Science.

Irianto, D. (2017). Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow. Disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu-Malang.

Kohler, D, & Weisz, J.D. (2016). Industry 4.0: the challenges of the transforming manufacturing. Germany: BPIFrance.

Lee, J., Lapira, E., Bagheri, B., Kao, H., (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment. Manuf. Lett. 1 (1), 3841.

Liffler, M., & Tschiesner, A. (2013). TheInternet of Things and the Future of Manufacturing. McKinsey & Company.

Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat

Mariati, M. (2021). Penerapan Alat Evaluasi Pembelajaran Bertingkat Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Mahasiswa Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Akuntansi FKIP UMSU. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Musfiqon.2012.Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar.Jakarta:Prestasi Pustakakarya Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Saehu, U. A., & Rohani, S. (2021). Penerapan Model Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 50-64.

Sari, S. P. (2020). PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 26-33.

Sihotang, I. M., & Fatmawarni, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Program Macro Media Flash Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Pada Siswa Smk Bm Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sihotang, I. M., & Lestari, L. (2018). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada PTPN III Kebun Sei Silau Kabupaten Asahan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(1), 57-64.

Situmorang, H. F. (2019). PERAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DI PERKULIAHAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(2), 146-161.

Sung, T.K. (2017). Industri 4.0: a Korea perspective. Technological Forecasting and Social Change Journal, 1-6.

Tambunan,Tulus.2001.PerekonomianIndonesia:TeoridanTemuanEmpiris.Jakarta.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahidmurni. 2010. Pembelajran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Pada Satuan Pendidikan Mi/S Dan Mts/Smp. Http://Tarbiyah.Uin-Malang.ac.id. Diakses Senin, 12 Nopember 2012 Jam 08.52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats