Pengaruh Model Cooperative Learning Technique Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Pab 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2016/2017

Rika Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Technique Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi pada kompetensi pengertian, fungsi dan jenis uang siswa kelas XI Ak SMK PAB 2 Helvetia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar akuntansi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Cooperative Learning Technique Jigsaw juga apakah ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Technique Jigsaw terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 1 PAB 2 Helvetia. Populasi penelitian ini adalah kelas XI AK 1 yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes bentuk subjetif berbentuk uraian yang berjumlah 10 soal yang terlebih dahulu sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data pre tes diperoleh mean 69,47 dan standart deviasi 10,05. Sedangkan untuk data pos tes diperoleh mean 84,34 dan standart deviasi 8,60. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors untuk mengetahui uji normalitas data hasil belajar. Uji homogenitas menggunakan uji 2 pihak dengan signifikan ?=0,05. Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunaka uji t 2 pihak dengan dk=N-1 pada ?=0,05 dari data hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 9,89>1,687 maka Ho ditolak dan Haditerima. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Students Centered Learning (SCL) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Kata Kunci : Students Centered Learning (SCL), Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Abdul. Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Amelia, C., & Pratiwi, I. (2020). PKM Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di UPT Sekolah Dasar. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 146-151.

Anggriani, T. U., & Effendi, S. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KOMISI (KOTAK MISTERI AKUNTANSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 53-67.

Artha, D. J., Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Usaha Quilling Paper Bagi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Daya Manusia Unggul Dan Kreatif. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15-20.

Artha, D. J., Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Usaha Quilling Paper Bagi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Daya Manusia Unggul Dan Kreatif. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15-20.

Carlo. Poll. 1989. Pengantar Ilmu Ekonomi I. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Dewirsyah, A. R., & Hariani, P. P. (2018). PENGARUH METODE PENYELESAIAN MASALAH (Problem Solving) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Effendi, S., & Siregar, S. A. (2018). Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 125-137.

HANI, S., MARIATI, M., & HARAHAP, R. U. (2018). MODEL LAPORAN KEUANGAN SYARIAH BAGI UKM. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 38-49.

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komuniasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mariati, M. (2021). Penerapan Alat Evaluasi Pembelajaran Bertingkat Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Mahasiswa Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Akuntansi FKIP UMSU. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Miftahul. Huda. 2012. CooperativeLearning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Saehu, U. A., & Rohani, S. (2021). Penerapan Model Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 50-64.

Sari, S. P. (2020). PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 26-33.

Sihotang, I. M., & Lestari, L. (2018). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada PTPN III Kebun Sei Silau Kabupaten Asahan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(1), 57-64.

Sihotang, I. M., & Fatmawarni, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Program Macro Media Flash Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Pada Siswa Smk Bm Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Situmorang, H. F. (2019). PERAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DI PERKULIAHAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(2), 146-161.

Sudijono. Anas. 2011. Pengantar StatistikPendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Sudjana. Nana. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana. Nana. 2005. Metode Statistik, Bandung: Tarsito.

Pratiwi, I., Amelia, C., & Pasaribu, O. L. (2020). PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 170-178.

Pratiwi, I., Amelia, C., & Pasaribu, O. L. (2020). PKPM Wisata Baca Pada TK Aisyiah Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 170-178.

Pratiwi, I. (2019). The Effect Of Applying Collaborative Strategy Reading (Csr) To The Students Reading Comprehension Assisted By Pop Up Book Story (Doctoral dissertation).

PRATIWI, I. (2018). Process and Circumstances in The Katy Perrys Songs Lyrics.

PRATIWI, I. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK WILAYAH SUMATERA UTARA.

PRATIWI, R. STUDENTSERROR IN PRONOUNCING THE WORDS CONTAINING SILENT LETTERS.

Wina. Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Wina. samjaya. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenamedis Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats