Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Siswa Smp

Nurfajriah Hutagalung

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Guided Inquiry yang dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang valid. Penelitianini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi maka penelitian ini hanya sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahapan define maerupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan developdilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli media, ahli materi dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Guided Inquiry Untuk Memfasilitasi Kemampuan komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP yang valid. Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik didapat nilai dari ahli media sebesar 4,0 dengan kriteria valid, ahli materi sebesar 3,58 dengan kriteria valid dan guru sebesar 3,62 dengan kriteria valid, dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran didapat nilai dari validtor 1 sebesar 4,0 dengan kriteria valid, validtor 2 sebesar 3,83 dengan kriteria valid dan validtor 3 sebesar 3,83 dengan kriteria valid. Dan juga Hasil analisis data uji efektifitas LKPD yang diperoleh dari tes hasil belajar uji coba 1 dan uji coba 2 pada siswa dan analisis data respon peserta didik berkategori efektif. Berdasarkan hasil dari angket responpeserta didik sebesar 3,23 dengan kategori efektif dan hasil dari uji coba 1 dan uji coba 2 memiliki kenaikan sebesar 7,44 dapat dibuktikan bahwa Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Guided Inquirybekategori efektif

Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Guided Inquiry, Sistem persamaan Linear Dua Variabel


Full Text:

PDF

References


Amini, A., Syamsuyurnita, S., & Hasnidar, H. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Ansari, B, I, 2012. Komunikasi matmatika dan politik. Banda aceh: yayasan pena

Arikunto.Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:Rineka Cipta

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depatermen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta :Balai Pustaka.

Dhian Endahwuri. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Guided Inquiry Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa. Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang.

Harahap, L. S., & Prasetia, I. (2021). Pengaruh Pemberdayaan, Kualitas Kehidupan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK di Padang Lawas. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 2(3).

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SOFT SKILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Hudoyo.1988.Pengembangan Kurikulum Matematika Dan Pelaksanaannya Didepan Kelas.Surabaya:Usaha Nasional.

Irawan, E., & Prasetia, I. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Lestari. 2009. Inkuiri Terbimbing.http://trilestarisman1kbm.blogspot.com

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). PENERAPAN MODEL PACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NURUL ASANAH. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1).

Manurung, A. A., & Gulo, F. F. (2021). Application of Problem Based Learning Model on Pythagorean Theorem Material to Improve Student Learning Outcomes for Class VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(2).

Nasution, I. S., Batubara, I. H., & Sriwahyuni, S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Software Geogebra Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 47-51.

Natalia Rosalina Rawa, Irama Niftalia, dan I Gede Widiastika. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Model Inquiry Learning Berbantuan Perangkat Phet Simulation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Vii Smp. STKIP Citra Bakti Ngada. Vol.5, no 2.

Ngalimun, (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Kalimantan Tengah: Aswaja Pressindo.

Novrian Erintias H, Rini Asnawati, Arnelis Djalil. Penerapan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Unila.

Prastowo.2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: DIVA Pers.

Puspaningtyas, nicky D. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi, Bandar lampung : UNILA

Rachman, Novie D. 2012. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Approach) pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 3 Rogojampi Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 1, No.3: 300-308

Roestya.2008.Strategi Belajar Mengajar.jakarta:Rineka Cipta

Sanjaya.Wina.2012.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta:Kencana Sanjaya.

Satriawati, Gusti. 2006. Pembelajaran dengan Open Ended Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunkasi Matematik Siswa SMP dalam Jurnal Algoritma. Jakarta : CeMED Jurusan Pend Matematika

Sudijono.2010.Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta:Rajawali Press

Syaban, Mumun. Menumbuhkan Daya Matematis Siswa [online], http://educare.efkipunila.net, tgl 10 April 2014

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasi pada KTSP. Jakarta: Kencana

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1).

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 2(2).

Wahyuni, S. (2021). External and Internal Conjunction in The Health News of The Jakarta Post (Doctoral dissertation, UMSU).

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Widoyoko.2012.Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats